6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Bagi Pemula

2 min read

6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Bagi Pemula
Halo sobat dimana pun kalian berada semoga senantiasa diberi kesehatan dan kemudahan dalam segala aktivitas positifnya sehari – hari.
Berselancar di dunia internet, khususnya blog atau website merupakan santapan sehari – hari bagi masyarakat indonesia saat ini. Ada ratusan ribu jari yang setiap hari mengetik kata kunci di google untuk memenuhi kebutuhan para warganet, baik itu kebutuhan tutorial, tips kesehatan, gaming trick, ide bisnis, resep masakan, berita olahraga, dan masih banyak lagi. Namun yang jadi pertanyaan, apa perasaan kalian saat mengunjungi halaman website atau blog yang Lola alias loading lama?
Saya rasa tidak perlu dijawab, karena siapapun tahu kalau menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan, termasuk menunggu loading halaman website. Oleh karena itu, seperti judul yang sudah kita semua lihat. Kita akan membahas mengenai 6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website. Dengan harapan, setelah mengikuti beberapa tips dibawah ini, pengunjung di halaman blog atau website kita menjadi lebih nyaman dan betah berlama – lama di dalam blog kesayangan kita.

Tanpa banyak berbasa – basi lagi, langsung saja simak penjelasan kita dibawah ini.

6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website

1. Perhatikan Sumber Gambar Yang Kita Gunakan

6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Bagi Pemula
Jika kita ingin menggunakan gambar didalam post/halaman, sebaiknya gunakan gambar yang berasal dari server yang sama dengan server blog yang kita miliki. Misal: Budi menggunakan CMS blogger , lalu membuat sebuah post. Dalam pengambilan gambar, sebaiknya budi mengambil gambar dari penyimpanan server google seperti google plus, atau bisa menguploadnya langsung di blogger, karena gambar yang di upload ke blogger akan otomatis masuk kepenyimpanan server google.
Hal ini penting, karena saat post yang kita miliki mengambil gambar dari server yang berbeda dengan blog yang kita miliki, akan membuat jeda waktu ketika memanggil gambar dari server yang berbeda. Oke, kita lanjut cara mempercepat loading blog yang berikutnya.

2. Gunakan Ukuran Gambar Dengan Bijak

6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Bagi Pemula
Kita tidak sedang membuat blog wallpaper, maka dari itu perhatikan ukuran gambar yang kita gunakan. Ukuran gambar yang terlalu besar akan membuat blog yang kita miliki membutuhkan waktu lebih lama saat memuatnya. Dianjurkan bagi kita untuk memilih ukuran gambar yang kecil. Jika tidak memilikinya, kita bisa mengkompress-nya terlebih dahulu.

3. Gunakan Background Polos

6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Bagi Pemula
Banyak para blogger pemula yang belum faham akan hal ini. Karena ingin memberikan tampilan yang menarik (menurut dirinya) lalu ia mengabaikan kenyamanan pengunjung saat berselancar di dalam blog yang ia miliki. Seperti menggunakan wallpaper gambar sebagai background dalam blog atau websitenya. 
Perlu diketahui, jika kita menggunakan background wallpaper pada blog itu berarti kita telah menambah beban kerja pada blog yang kita kelola. Semakin besar beban atau ukuran halaman pada sebuah blog, tentunya akan menambah jeda waktu untuk memuat semua element yang ada pada halaman blog tersebut. Dan jika kita ingin memiliki blog dengan kecepatan yang fantastis, hindarilah penggunaan wallpaper background pada blog yang kita kelola.

4. Batasi Jumlah Post Pada Halaman Utama Blog

6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Bagi Pemula
Hal ini sebenarnya sangat sederhana, namun bagi para pemula banyak yang tidak menyadarinya. Semakin banyak jumlah post yang ditampilkan di Homepage akan membuat loading blog yang kita miliki menjadi lebih berat, karena hal ini sama dengan kasus menggunakan wallpaper sebagai background blog.
Dengan menampilkan jumlah post yang berlebihan sama halnya kita telah menambah ukuran halaman blog tersebut. Dan ukuran halaman blog yang semakin besar akan membuat blog tersebut lebih lama untuk dimuat secara utuh. Kurangi jumlah post yang ditampilkan di homepage guna meringankan loading halaman blog yang kita miliki. Cukup tampilkan 5-6 post didalam homepage blog yang kita kelola.

5. Gunakan Banner Iklan Secara Proporsional

6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Bagi Pemula
Ingat sekali lagi, utamakan kenyamanan pengunjung. Memasang banner iklan memang sebuah hal yang wajar untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang kita kelola. Akan tetapi, banyak blog atau website saat ini yang kurang mengindahkan kenyamanan pengunjung saat berada didalam blog yang ia kelola. Hampir setiap sudut halaman terpampang banner iklan bahkan menghalangi konten dari post tersebut. Tentu hal seperti ini merupakan tindakkan yang kurang baik, selain mengganggu kenyamanan pengunjung saat membaca artikel, pemasangan banner iklan yang berlebihan akan menyebabkan loading blog menjadi lebih berat, bahkan tidak jarang halaman blog yang berisi iklan terlalu banyak gagal untuk dimuat.

6. Perhatikan Penggunaan Widget Eksternal

6 Cara Mempercepat Loading Blog Atau Website Bagi Pemula
Keberadaan widget dalam sebuah blog merupakan instrumen penting yang akan mendukung kinerja blog menjadi lebih optimal. Akan tetapi perlu diperhatikan, ketika widget yang kita gunakan melibatkan banyak susunan javascript dari luar server blog yang kita miliki, hal ini akan membebani blog saat memuat halaman secara keseluruhan. Dan salah satu contoh widget yang kita maksudkan disini seperti widget facebook fanpage.
Itulah 6 cara mempercepat loading blog atau website bagi pemula. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Pop Up Card Unik

Cara Membuat Pop Up Card Unik Di Blog Cara Membuat Pop Up Card Unik – Halo sobat blogger balik lagi di watpedia. Seperti biasa,...
admin
2 min read

Cara Menonaktifkan Inspect Element Di Blog

Cara Menonaktifkan Inspect Elemen Di Blog Cara Menonaktifkan Inspect Elemen Di Blog Balik lagi di watpedia. Sebuah situs kecil suka suka berbagi tips /...
admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *