Cara Mengaktifkan Anti Copas Di Blog Dengan Mudah

3 min read

Cara Mengaktifkan Anti Copas Di Blog Dengan Mudah
Cara Mengaktifkan Anti Copas


Cara Mengaktifkan Anti Copas Di Blog – Halo sobat blogger dimana pun kalian berada. Tidak terasa sebentar lagi bulan puasa akan segera tiba. Dimana bulan penuh berkah dan ampunan serta rezeki yang berlimpah. Dan pada itu jugalah biasanya aktivitas di jaringan internet akan meningkat dengan pesat, tidak terkecuali aktivitas di blog atau website. Dan bagi para blogger yang bermain dengan adsense tentu tahu bahwa moment seperti ini adalah saat terbaik untuk menghadirkan konten terbaru, guna menarik visitor dan meningkatkan penghasilan.

Tapi meskipun begitu, terkadang ada sesuatu yang membuat kita jengkel dan kesal, dimana saat kita bersusah payah membuat konten, ada saja beberapa pihak yang dengan sengaja mengcopas dan mengklaim karya milik kita menjadi karya miliknya. Oleh karena itu, seperti judul yang sudah kita lihat, kita akan membahas mengenai topik cara mengaktifkan anti copas di blog dengan mudah.
Dan untuk mempersingkat waktu kita, mari langsung saja kita simak pembahasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Cara Mengaktifkan Anti Copas Di Blog Dengan Mudah

Langkah pertama yang harus kita lakukan jika ingin mengaktifkan anti copas di blog adalah dengan masuk ke dashboard blogger terlebih dahulu. Karena tanpa masuk ke dashboard blogger hal ini mustahil untuk dilakukan. Dan apabila sobat telah masuk kedalam halaman dashboard, copy beberapa script dibawah ini, sesuai kebutuhan sobat blogger.

A. Script Anti Copas Level 1

<script> var message=”Hayo…! Mau copas ya? Boleh, tapi cantumkan sumber!“;///////////////////////////////////function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function(“alert(message);return false”)</script>

Sobat bisa menggunakan script anti copas diatas dengan cara mem-Pastenya kedalam widget HTML & Javascript. Ikuti langkah dibawah ini.
  • Masuk ke dashboard blogger
  • Pilih Tata Letak
  • Pilih tambah widget/gadget
  • Pilih HTML/Javascript
  • Tempel Script anti copas di dalamnya. Lalu Save.
Catatan: Tulisan merah didalam script bisa sobat ganti sesuka hati sobat. Ohiya, metode anti copas level 1 ini masih memungkinkan visitor blog mengcopas konten kita dengan cara Select text dan CTRL+C. Namun meski begitu, kita bisa menyampaikan pesan (tulisan merah di script) agar menyertakan sumber jika hendak mengcopas dari blog kita.

B. Script Anti Copas Level 2

<script language=’JavaScript1.2′>function disableselect(e){return false}function reEnable(){return true}document.onselectstart=new Function (“return false”)if (window.sidebar){document.onmousedown=disableselectdocument.onclick=reEnable
}
}</script>

Untuk mengaktifkan anti copas yang satu ini caranya juga sama, seperti cara diatas. Masukan script kedalam widget HTML/Javascript. Lalu save. Script ini akan menonaktifkan klik kanan, select text, dan menonaktifkan Ctrl + C. Hanya saja cara ini masih bisa diatasi dengan menggunakan Ctrl + P.

C. Script Anti Copas Level 3

<style type=”text/css” media=”print”>    * { display: none; }</style>

Script simpel ini derajatnya lebih tinggi dari 2 script sebelumnya. Karena dengan mengaktifkan anti copas menggunakan script ini akan mematikan Select text, klik kanan, Ctrl + C dan Ctrl + P. Ketika visitor blog mencoba mengcopas dengan Ctrl + P, layar akan menjadi blank alias polos tanpa sesuatu. Sehingga si tukang copas tidak bisa memilih text yang akan dia copy. Cara mengaktifkannya ikuti langkah dibawah ini.
  • Masuk  dashboard blogger
  • Pilih Tema
  • Pilih Edit HTML
  • Cari kode </body> (biar cepet gunakan Ctrl + F)
  • Tempel kode diatas tepat diatas kode </body> 

Cara Mengaktifkan Anti Copas Di Blog Dengan Mudah

D. Script Anti Copas Level 4

<body oncontextmenu=’return false;’ onkeydown=’return false;’ onmousedown=’return false;’>

Mengaktifkan anti copas dengan script diatas akan akan mematikan banyak Ctrl dari keyboard visitor, mulai dari Ctrl + C, Ctrl + U, hingga Ctrl + P. Adapun cara mengaktifkan script ini bisa ikuti langkah dibawah ini. 
  • Masuk  dashboard blogger
  • Pilih Tema
  • Pilih Edit HTML
  • Cari kode <body>
  • Ganti kode <body> dengan script anti copas diatas.

E. Script Anti Copas Level 5

<body expr:class=’data:blog.pageType’ oncontextmenu=’return false;’ ondragstart=’return false’ onkeydown=’return false;’ onmousedown=’return false;’ onselectstart=’return false’ style=’-moz-user-select: none; cursor: default;’>

Kemampuan script diatas sama seperti script no4, caranya pun juga tidak jauh berbeda. Ganti script /kode dibawah ini dengan script anti copas diatas.

<body> atau <body expr:class=’data:blog.pageType’> 

F. Script Anti Copas Level 6 (Recomended)

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’><style type=’text/css’>.post-body {-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;user-select:none;padding:0 0 10px 0;margin:0 0 10px 0;line-height:21px;}.post-body img{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;user-select:none;pointer-events:none;background:#fdfdfd;height:auto;max-width:100%;border:0;margin-bottom:2.0px;box-shadow:0 0 0 1px rgba(0,0,0,0.03);opacity:1;transition:all .6s ease;}.post_body p, .post blockquote,.post pre,.post code {-webkit-touch-callout:text;-khtml-user-select:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;}</style></b:if>

Mengaktifkan anti copas dengan script ini bisa dibilang cara yang terbaik. Selain mematikan Ctrl + C,U, dan P, cara ini tidak mematikan beberapa bagian dari halaman seperti: kolom search, dan teks yang ditandai seperti Teks Quote. Jika sobat blogger ingin mengaktifkan anti copas level 6 bisa mengikuti langkah dibawah ini.
  • Masuk  dashboard blogger
  • Pilih Tema
  • Pilih Edit HTML
  • Cari kode </head>
  • Lalu tempel kode script level 6 tepat diatas kode </head>. Lalu save.
Demikianlah cara mengaktifkan anti copas di blog dengan mudah. Semoga tutorial ini bermanfaat. Jangan lupa bantu share artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat. Assalamu’alaikum.

Catatan: Cara ini hanya berlaku bagi visitor yang masih awam dengan dunia teknologi. Tidak ada jaminan konten kita selamat dari copaser yang ahli dan melek dengan teknologi, terlebih mereka yang faham bahasa pemrograman.


Judul : Cara Mengaktifkan Anti Copas Di Blog Dengan Mudah
Penulis : Admin
Tanggal : 25 Februari 2019
Hari : Senin
Di : Kota Medan

Cara Membuat Pop Up Card Unik

Cara Membuat Pop Up Card Unik Di Blog Cara Membuat Pop Up Card Unik – Halo sobat blogger balik lagi di watpedia. Seperti biasa,...
admin
2 min read

Cara Menonaktifkan Inspect Element Di Blog

Cara Menonaktifkan Inspect Elemen Di Blog Cara Menonaktifkan Inspect Elemen Di Blog Balik lagi di watpedia. Sebuah situs kecil suka suka berbagi tips /...
admin
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *