Akhlak Mulia Adalah Kunci Surga

Assalamu’alaikum sobat muslim semua..Semoga kita  selalu semangat dalam mencari pundi pundi amal sholih, buat tabungan kita kelak di yaumil mahsyar.

Akhlak Mulia Adalah Kunci Surga – Berbicara masalah akhlak, sudah seharusnya seorang muslim memiliki akhlak yang mulia . namun jikalau dirinya belum memiliki akhlak yang mulia tersebut, maka sudah seharusnya untuk terus bermujahadah (berjuang) agar bisa memiliki akhlak mulia tersebut. Sebab akhlak mulia adalah salah satu kunci dari pintu pintu surga , sekaligus salah satu ciri dari hamba Allah yang bertaqwa. Dimana rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tatkala ditanya oleh para sahabatnya tentang perkara yang paling banyak memasukkan manusia kedalam surga, beliau berkata :

تقوى الله و حسن الخلق

“Taqwa kepada Allah dan akhlak Mulia”

Didalam hadits lain rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang keutamaan akhlak mulia , didalam sabdanya:

ما شيء أثقل في ميزان المؤمن يوم القيامة من خلق حسن و إن الله ليبغض الفاحش البذيء

“Tidaklah suatu amalan yang paling berat dalam timbangan seorang mu’min pada hari kiamat dari pada akhlak mulia. sesungguhnya Allah membenci orang yang banyak bicara dan berkata kotor.”

Sobat muslim yang dirahmati Allah.. Begitu banyak keutamaan dari akhlak yang mulia.. Dan telah disebutkan didalam hadits diatas, dimana Allah mencintai hambaNya yang berakhlak mulia, sekaligus akhlak mulia adalah sebagai salah satu kunci seorang hamba untuk bisa masuk kedalam surgaNya Allah ‘azza wa jalla.
Wahai sobat muslim dimanapun anda berada, hadits diatas hanyalah beberapa hadits  dari banyaknya hadits hadits rasulullah yang menjelaskan tentang keutamaan dari akhlak yang mulia. Semoga yang sedikit ini dapat menjadi pelajaran bagi kita agar menjadi hamba Allah yang lebih semangat dalam memperbaiki akhlak didalam diri kita. Dan semoga kita dapat berakhlak mulia kepada Allah, rasulNya, dan makhluk makhluk Allah Shubhaanahu wa ta’aala lainnya.

Allahu a’lam bishowab

Sumber : https://akhiakhbar. wordpress.com/ 2015/03/15/ akhlak-mulia-adalah-salah-satu-sebab-seorang-muslim-masuk-kedalam-surga/

Leave a Comment