Cara Amankan Akun FB Saat Diretas dengan Mudah

Cara Amankan Akun FB Saat Diretas dengan Mudah

Cara Amankan Akun FB – Sebagai pengguna media sosial, pastikan bahwa Anda mengetahui cara amankan akun FB dari segala hack atau ancaman lainnya. Mengingat saat ini makin banyak orang tidak bertanggung jawab yang senang meretas akun FB orang lain dan digunakan untuk melakukan kejahatan.

Karena itu, kami membantu Anda memberikan info agar akun FB aman saat diretas dengan cara yang mudah, sebagai berikut.

Ciri-ciri Akun Fb yang Diretas:

  1. E-mail dan kata sandi berubah
  2. Nama, tanggal lahir, atau informasi pribadi lainnya berubah
  3. Akun Anda mengirimkan permintaan pertemanan pada orang yang tidak dikenal
  4. Mengirim pesan yang Anda rasa tidak pernah ditulis oleh Anda sendiri
  5. Adanya postingan yang Anda tidak merasa menunggahnya

Baca juga : cara mempercepat koneksi internet dan tipsnya

Cara Mengembalikan Akun FB yang Diretas

Ada beberapa cara yang bisa dicoba saat akun FB Anda diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab. Silakan coba salah satunya dan semoga berhasil mengembalikannya ke tangan Anda sebagai pemilik:

Cara 1

  1. Login Facebook melalui browser
  2. Tap pada pilihan ‘Lupa Kata Sandi’
  3. Masukan alamat e-mail atau nomor telepon yang biasanya Anda gunakan untuk login. Namun, jika Anda lupa, silakan tap pada pilihan ‘Cari Berdasarkan Nama Anda’.
  4. Nantinya, Anda akan diberikan pilihan untuk mereset kata sandi melalui e-mail atau nomor telepon. Pilih yang sekiranya mudah untuk Anda.

Cara 2

  1. Login Facebook melalui browser.
  2. Tap pada pilihan ‘Lupa Kata Sandi’
  3. Masukan alamat e-mail atau nomor telepon yang biasa digunakan untuk login.
  4. Anda bisa berikan pilihan reset kata sandi melalui e-mail atau nomor telepon. Namun, jika e-mail Anda bahkan sudah diganti oleh peretas, silakan tap pada bagian ‘Tidak Punya Akses Ke Sini Lagi?’
  5. Nantinya, Facebook akan memberikan pilihan pada Anda untuk bisa dihubungi melalui e-mail atau nomor yang baru. Setelahnya, tap bagian ‘Lanjutkan’.
  6. Minta seorang teman yang Anda percaya dan kirimkan kode pemulihan pada kontak mereka.

Cara Agar Akun Facebook Tetap Aman

Daripada Anda bingung mengembalikan akun Anda, akan lebih baik mengetahui cara amankan akun FB sehingga peretas tidak bisa melakukan apapun pada facebook Anda.

  1. Pastikan kata sandi Anda sulit ditebak. Hindari pemilihan kata sandi yang terdiri dari kode pos rumah, tanggal lahir, tanggal pernikahan dan lainnya. Hal ini bisa ditebak dengan mudah oleh peretas.

Hindari juga menggunakan huruf kecil seperi aaaaa, bbbbb, ccccc, dan lainnya. Biasanya, peretas akan melakukan kombinasi terhadap huruf-huruf seperti ini. Sebaiknya juga jangan gunakan perpaduan huruf dan angka yang mudah ditebak seperti c1nT4 4ever dan lainnya.

Gunakan kata sandi yang kuat dengan ciri:

  • Dibuat dari kombinasi dari huruf besar, huruf kecil, nomor, dan karakter
  • Memiliki panjang lebih dari 8 karakter
  • Terdiri dari beberapa bahasa
  • Jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk akun media sosial lainnya. Jika satu terbongkar, orang lain akan dengan mudah meretas akun lainnya.
  • Hindari berteman dengan orang asing. Jika ingin berteman dengan orang baru, pastikan dia memiliki mutual friend yang banyak.
  • Sering-sering mengganti kata sandi, misal seminggu minimal satu kali.
  • Jangan terlalu sering bermain game atau menyambungkan dengan aplikasi lain yang menyambungkan langsung dengan facebook.

Berikut adalah tips cara amankan akun FB dari peretas yang sebisa mungkin Anda terapkan demi keamanan Anda sendiri. Semoga membantu!

Leave a Comment