Cara Mengatasi Aplikasi Error Pada Smartphone Yang Tiba-Tiba Berhenti

Cara Mengatasi Aplikasi Error – Smartphone memang memiliki beragam fungsi yang tak terbatas. Bukan hanya untuk komunikasi, namun juga untuk hiburan dan lainya. Namun kadangkala smartphone juga bisa mengalami eror atau muncul beberapa kerusakan kecil bukan? salah satunya yaitu pada aplikasinya, katakan saja seperti kondisi aplikasi eror. Dalam hal ini Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi aplikasi eror tersebut.

cara mengatasi aplikasi eror

Pada dasarnya ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan sehingga eror pada aplikasi bisa teratasi dengan mudah. Apa saja daftar triknya? Berikut ulasannya.

Membersihkan Seluruh Memori Sampah

Cara mengatasi aplikasi error yang pertama yaitu dapat Anda lakukan dengan cara membersihkan seluruh memori sampah pada smartphone. Bagaimana caranya? Mudah saja Anda hanya perlu membuka setting lalu aplikasi.

Kemudian silahkan Anda pilih aplikasi yang ingin dibersihakan dan lakukan force stop maupun clear data. Jika Anda melakukan pembersihan memori sampah smartphone secara rutin, dijamin kerusakan pada smartphone yang dimiliki bisa terhindar.

Paksa Dan Hapus Data Aplikasi

Ketika aplikasi pada smartphone sedang rusak atau eror, Anda juga bisa mencoba untuk menghapus dan menghentikan data aplikasi. Mengatasi aplikasi eror dengan cara ini cukup ampuh lho, terutama jika muncul pesan seperti unfortunatelly force close.

Dengan cara menghapus data aplikasi tersebut maka data aplikasi yang bersifat sementara seperti basis data, file sampah atau cache, History, bookmark, data login, dan sebagainya akan hilang. Namun ingat ya, cara ini bukan menghapus aplikasinya ya tetapi mengahapus data aplikasinya saja.

Update Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi error berikutnya yang dapat Anda coba yaitu dengan meng-update aplikasi. Melalui cara ini maka bugs atau kerusakaan pada Aplikasi smartpone yang error akan hilang.

Namun perlu diingat, agar proses update aplikasi berjalan lancar, pastikan koneksi internet Anda lancar. Untuk melakukan update aplikasi tersebut Anda bisa langsung mengunjungi Google Play Store. Misalnya nih, ketika mendapatkan masalah pada aplikasi WhatsApp, maka Anda bisa masuk pada Google Play Store dan Update aplikasi WhatsApp

Install Ulang Aplikasi

Lalu bagaimana jika kerusakan pada aplikasi smartphone Anda sudah cukup serius? Nah, untuk mengatasi masalah ini maka cara terefisien yang perlu anda lakukan yaitu dengan menghapus aplikasi tersebut dan ganti dengan aplikasi yang baru ya.

Cara ini mungkin menjadi langkah yang terpaksa harus Anda lakukan. Namun tenang saja cara ini kebanyakan pasti berhasil, kemudian Anda bisa menggantinya dengan aplikasi baru. Namun setelah menghapus aplikasi jangan lupa juga untuk membersihkan file sampah dan me-restart smartphone Anda ya. untuk mengahapus data Aplikasi caranya cukup mudah lho.

Caranya yaitu buka menu Pengaturan, kemudian klik Setelan Tambahan, pilih Manajemen Aplikasi dan Cari “Nama Aplikasi”. Kemudian silahkan tap “Hapus Instalasi”.

Factory Reset Smartphone

Untuk memperbaiki aplikasi smarphone yang eror tersebut jika Anda sudah menerapkan cara-cara di atas namun belum berhasil, maka anda bisa mencoba langkah terakhir yaitu Factory Reset.

Cara ini memang bukanlah cara yang terbaik atau recommended sih karena cara ini akan membuat semua data Anda akan hilang dan Smartphone Akan Kembali Pada Posisi Awal atau pengaturan pabrik.

Jadi sebelum Anda melakukan factory reset, pasrikan dahulu telah melakukan backup pada semua data-data yang disimpan ya. Hal tersebut penting terutama pada foto, video, aplikasi, dan dokumen yanga Anda miliki .

Untuk memlakukan reset hp android caranya yaitu pertama buka menu Pengaturan, kemudian pilih setelan tambahan. Setelah itu klik buat cadangan dan reset. Kemudian silahkan anda tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

 

Leave a Comment