Cara Screenshoot layar Laptop Mudah Dengan Beberapa Pilihan
Cara Screenshoot layar Laptop Mudah Dengan Beberapa Pilihan

Cara Screenshoot layar Laptop Mudah Dengan Beberapa Pilihan

Diposting pada 7 views

Mengambil tampilan gambar pada layar ada beberapa alternatif dengan mengikuti cara screenshoot layar laptop yang akan kami ulas pada bagian dibawah ini. Berbeda dengan pengambilan tampilan pada handphone yang bisa mengscreenshoot hanya dengan 3 jari saja, sedangkan dengan laptop dapat dilakukan dengan memencet tombol khusus yang ada pada keyboard atau dengan aplikasi tertentu.

Menggunakan Tombol “Prt Scr” atau “Alt + Prt Scr”

Tekan tombol “Prt scr” pada tampilan layar yang ingin di screenshoot, kemudian di-save pada clipboard jika hasilnya belum terlihat maka perlu di-paste-kan pada editing program. Buka aplikasi paint dan klik start windows lalu All Program dan masuk ke folder Accessories lanjut pilih Paint. Berikutnya paste Ctrl + Vatau ikon paste, terakhir klik Save untuk menyimpan hasil screenshoot.

Baca juga : Daftar aplikasi perekam layar android bebas watermark

Tekan Tombol Printsrcreen (Prtsc SysRq)

Tampilkan layar yang akan discreenshoot laliu tekan tombol (PrtSc), tidak ada reaksi pada saat menekan tombol itu tapi anda telah memerintahkan sistem untuk meng-copy gambar screensoot tersebut. Jadi hanya perlu di-paste-ka saja.

Kemudian buka program pengolah gambar di laptop dengan memakai Microsoft Paint/Photoshop dan buat dokumen baru lalu tekan tombol CTRL + V (Paste). Tampilan screenshot siap disimpan.

Snipping Tool

Cara screenshoot layar laptop selanjutnya menggunakan snipping tool yaitu anda masuk pada folder Accessories lalu klik Start Windows, All Program dam masuk lagi pada folder Accessories. Kemudian jalankan Snipping tool mak kursor berubah fungsinya menjadi penyeleksi area screenshoot.

Setelah selesai uji seleksi, langkah berikutnya jendel Snipping tool tampil dengan hasil screenshoot. Untuk menyimpannya anda dapat meng-klik Save dan pilih tipe filenya antara lain: PNG, GIF dan JPEG.

Menggunakan Aplikasi LightShot

Langkahnya dengan menginstal aplikasi Lightshot dengan tanda yang ada pada icon bulu berwarna ungu pada bagian taksbar. Kemudian untuk pengambilan screenshoot posisikan tampilan laptop yang ingin diambil screeenshootnya. Dan tekan tombol PrintScreen maka layar akan berubah menjadi hitam gelap tansparan.

Anda hanya perlu menyeleksi bagian mana yang akan diambil screenshoot dan selesai tinggal simpan hasilnya dengan tekan tombol save.

Menggunakan Aplkasi Jing (Techsmith)

Anda dapat lakukan dengan mouse-over pada ikon matahari lalu pilih Capture. Capture sama seperti aplikasi lainnya bisa untuk full screen pada jendel yang aktif dan area screen yang akan diseleksi. Selain untuk aplikasi acreenshoot, Jing juga dapat meng-Cupture video pada aktifitas screen.

Baca juga : kamera mirrorless terbaik keluaran 2019

Aplkikasi Monosnap

Langkah awal dengan mengdownload aplikasi Monosnap dan klik icon maka monosnap akan muncul pada bagian kiri bawah layar anda yang berjarak sedikit diatas taksbar. Kemudian untuk pengambilan screenshoot dengan klik dan pilih Capture are (Alt+Ctrl+5) untuk sebagian layar, jika ingin FullScreen cukup klik (ALT+Ctrl+6) agar bisa menangkap seluruh tampilan pada layar.

Jika akan memilih capture area, dapat diseleksi lewat area layar yang akan di screenshoot. Anda bisa menambahkan edit misalnya lingkaran atau penah petunjuk sesuai keinginan. Terakhir di simpan pada laptop.

Itulah beberapa cara screenshoot layar laptop yang telah kami ulas lengkap, screenshoot dapat anda lakukan dengan menggunakan berbagai jenis laptop seperti Asus, HP, Acer, Lenovo, Dell, Compaq, Toshiba, dll dengan menggunakan sistem operasi Windows. 

Screenshoot pada laptop dapat Anda lakukan dengan memilih salah satu cara yang terbaik dan jika ingin menggunakan aplikasi maka dapat didownload  terlebih dahulu untuk memperlancar proses screenshoot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *