Cara Mengatasi Adjust Screen Brightness Windows 7 Tidak Ada di Komputer

Diposting pada 11 views

Adjust Screen Brightness Windows 7 Tidak Ada di Komputer – biasannya ketika anda beraktifitas di depan komputer masih saja ada yang kurang nyaman ketika dilihatnya, tentu salah satunnya adalah brightness atau biasannya disebut sebagai kecerahan. Fungsi dari pengaturan brightness di komputer agar mata ketika menghadap layar komputer tidak cepat capek atau bisa jadi mata akan menjadi memerah.

Adjust Screen Brightness Windows 7 Tidak Ada di Komputer

Brightness sendiri memang sudah tersedia di Windows dimana fitur tersebut adalah basicnya, namun tak sedikit yang mengalami problem pada brightness yang ada di komputer/ laptop. Terkadang ketika pengguna akan mengatur kecerahannya namun tidak bisa atau tidak tersedia di komputer.

Permasalahan seperti ini memang sering ditemui khususnya pada jenis windows 7, kebetulan anda disini menggunakan windows 7 dan bingung untuk settingnya pada brightness. Nah, ulasan kali ini akan memberikan langkah cara mengatasi adjust screen brightness Windows 7 tidak ada di komputer. Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :

Baca juga : Cara Membuka Laptop yang Lupa Password Windows 7 Ultimate

Cara Mengatasi Adjust Screen Brightness Windows 7 Tidak Ada di Komputer

1. Driver VGA untuk di Install

Pertama, cobalah anda untuk menginstall driver VGA ini. driver ini jenisnya ada 3 macam, di antaranya Intel, AMD dan juga NVIDIA. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah gunakan DVD Driver asli dari komputer milik anda, setelah itu anda masukkan ke tempat CD Drive, lalu akan di tampilkan di layar komputer anda.

Sekarang anda bisa melihat foldernya yang namanya Graphics, VGA, AMD, Intel dan NVIDEA. Bukalah kemudian lakukan untuk anda install, mudah hanya mengikuti perintahnya dengan tekan next.

2. Lakukanlah Reinstall pada Driver

Berikutnya, cara satu ini sebenarnya tidak jauh membedakan dengan yang di atas. Hanya saja reinstall driver ini anda diperintahkan untuk melakukan istall kembali. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadi kondisi drive yang rusak maupun yang biasannya sering ng-bug.

Carannya cukup sederhana saja, usahakan untuk menggunakan DVD asli dari komputer. Apabila fitur brightness masih belum aktif dan tidak tersedia, maka solusinnya anda download drivernya di website resminya VGA.

3. Setting Brightness Di Driver

Pada umumnya mungkin termasuk anda jika mengatur brightness/ cahaya kebanyakan langsung dari keyboardnya, dengan menekan tombol FN + F1 sampai dengan F12 sesuai keinginan hati.

Hal itu memang sangatlah simpel dan mudah untuk langsung di gunakan, untuk cara lainnya ternyata anda juga bisa menggunakan setting brightness di driver. Carannya cukup mudah, pada dekstop anda klik kanan pada mose kemudian pilih Graphics Options lalu tekan setting brightness sesuai yang anda inginkan.

4. Driver VGA pada Device Manager untuk Dinyalakan

Dalam pengaturan di Device Manager tentunnya anda dapat menyalakan/ aktifkan ulang kembali, carannya open pada Device Manager, kemudian pilih Display Adapter, lalu pada mouse klik kanan di Driver VGA dan tekan Disable.

Proses seperti ini tidak terlalu lama hanya beberapa detik saja, lalu anda klik kanan di mouse lagi kali ini di Driver VGA dan tekan Enable. Jika anda sudah mengatur kecerahannya maka cobalah untuk di restart ulang komputer.

5. Usahakan untuk Update sesuai Windows

Langkah kali ini anda bisa menyesuiakan untuk update windows sesuai versi-nya, terkadang yang membuat windows menjadi bug sering error penyebabnya update yang sudah tersedia begitu menumpuk.

Solusi terbaiknya anda bisa mengatasi dengan opsi update kembali pada windows sesuai yang digunakan. Itulah cara yang paling efektif dan akan membuat komputer anda bisa berjalan dengan normal seperti saat pengaturan brightness akan tersedia.

6. Gunakanlah Generic PnP Monitor

Satu lagi cara mengatasi adjust screen brightness windows 7 tidak ada, maka gunakanlah generin PnP monitor, karena driver ini bisa terinstall secara otomatis dan begitu baik merespon layar atau monitor anda

Carannya pun cukup mudah, anda buka terlebih dulu Device Manager lalu open menu utama dan klik kanan pada mouse untuk pilih perintah Generic PnP Monitor, kemudian tekan Enable.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Internet Windows 7 Paling mudah

Nah, itu tadi tentang Cara Mengatasi Adjust Screen Brightness Windows 7 Tidak Ada di Komputer. Mudah bukan? semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *