Cara Mengatasi Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Diposting pada 3.429 views

Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi – Di era modern seperti sekarang ini, PC atau laptop sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang sangat penting peranannya. Khususnya di dalam dunia kerja, penggunaan perangkat tersebut bisa dibilang sangat dibutuhkan. Misalnya saja untuk pengolahan data perusahaan, dengan adanya PC atau laptop pastinya akan mempermudah hal tersebut. Tikak hanya di dunia kerja saja, di dunia pendidikan khususnya perangkat PC atau laptop ini juga sangat dibutuhkan.

Khususnya untu laptop, perangkat tersebut memiliki desain yang lebih praktis dibandingkan PC. Bentuk dan desainnya yang praktis tersebut membuatnya bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. Meskipun terbilang canggih, namun terkadang ada beberapa masalah yang terjadi pada perangkat laptop tersebut. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna yakni laptop yang tidak mengisi, padahal keterangannya sudah charger sudah terhubung ke laptop. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi baterai laptop Plugged In Charging tapi tidak mengisi tersebut? watpedia akan Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Sebelum lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah baterai laptop Plugged In Charging tapi tidak mengisi, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Masalah error pada baterai laptop seperti ini memang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Faktor tersebut bahkan terkadang juga tidak disadari oleh para pengguna. Adapun beberapa penyebab baterai tidak mengisi padahal sudah Plugged In Charging tersebut, antara lain:

  • Adaptor charger yang terlalu panas.
  • Kabel charger ada yang putus atau rusak.
  • Kabel power charger yang rusak.
  • Port charger yang sudah longgar sehingga kurang maksimal menerima aliran listrik.
  • Tegangan atau arus pada charger yang tidak normal.
  • Driver baterai yang bermasalah akibat dari virus atau hal lainnya.
  • Sistem pada laptop yang bermasalah atau error.

Setelah mengetahui beberapa penyebab baterai tidak mengisi di atas, tentunya Anda akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan. Sekarang kita lanjut ke cara memperbaiki masalah baterai Plugged In Charging namun tidak mengisi. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Periksa stop kontak dan sambungan kabel charger

Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Cara yang pertama untuk mengatasi baterai laptop Plugged In Charging tetapi tidak mengisi yakni dengan memeriksa stop kontaknya. Pastikan stop kontak mendapatkan aliran listrik yang stabil. Pastikan pula tidak ada kabel di stop kontak yang terpurus atau terkelupas. Periksa pada kuningan stop kontak, apakah dalam kondisi  baik atau sebaliknya.

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa sambungan kabel pada chargernya. Pastikan Anda sudah menancapkan konektor charger ke port charger di laptop dengan benar. Sambungan antara adaptor charger dan kabel power juga perlu diperiksa, jangan sampai dalam keadaan longgar.

2. Mendiamkan adaptor charger selama beberapa menit

Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Masalah baterai laptop tidak mengisi padahal Plugged In Charging, mungkin masalahnya ada pada adaptor charger. Masalah seperti ini biasa sering dialami pengguna jika adaptor charger terlalu panas atau terlalu lama menancap di stop kontak. Selain itu, adaptor yang kepanasan atau overheat tidak hanya bisa merusakan bagian dalam adaptor, tetapi juga bisa mengakibatkan beberapa kerusakan pada komponen pada laptop.

Karena itulah, sebaiknya Anda lepaskan charger dari stop kontak jika sudah selesai mengecas laptop. Jika sudah terlanjur mengalami overheat, sebaiknya istirahatkan dulu charger tersebut. Kalau dirasa sudah normal suhunya, Anda bisa menancapkannya kembali ke stop kontak dan mulai mengecas laptop. Masalah tadi biasanya tidak akan terjadi lagi.

3. Pariksa kabel charger

Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Cara mengatasi masalah baterai laptop tidak mengisi padahal Plugged In Charging selanjutnya yakni dengan memeriksa kabel charger. Periksa kabel apakah ada bagian kabel yang terkelupas atau bahkan putus. Apalagi jika Anda sering menaruh kabel charger secara sembarangan, terkadang ada tikus yang memutuskannya.

Selain itu, pastikan juga tidak ada bagian kabel yang terlilit. Kabel yang terlilit seperti ini biasanya akan membuat aliran listrik pada kabel terganggu sehingga menyebabkan masalah baterai tidak mengisi. Ketika sudah melakukan pengecasan laptop, jangan langsung merapikan kabel dengan cara melilitnya. Hal ini bakal membuat kabel charger mengalami kerusakan yang berujung tidak bisa lagi dibuat ngecas.

4. Coba ganti dengan charger lain

Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Cara satu ini bisa Anda lakukan untuk mengidentifikasi kerusakan yang menyebabkan masalah baterai tidak mengisi walau Plugged In Charging tersebut. Nantinya, Anda bakal tahu kerusakan ada pada bagian mana, apakah pada laptop atau justru charger itu sendiri yang bermasalah.

Untuk caranya sendiri, cobalah Anda menggunakan charger lain dengan seri atau tipe yang sama lalu sambungkan ke laptop. Lihat apakah baterai sudah berhasil mengisi atau tidak. Jika memang mengisi, berarti bisa dipastikan yang mengalami error adalah chargernya. Jika masalah sama Anda temui pada laptop, maka kerusakan berarti ada pada baterai laptop itu sendiri.

5. Lepas baterai laptop dan ganti dengan baterai lain

Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Masalah baterai laptop Plugged In Charging tapi tidak mengisi mungkin disebabkan oleh baterai yang longgar atau kurang tepat pemasangannya. Cobalah untuk melepaskan baterai dari perangkat laptop. Untuk cara satu ini, pastikan laptop Anda bukan menggunakan baterai tanam. Karena kalau baterai tanam, tentunya akan susah untuk mencabut baterainya.

Cobalah pasangkan baterai lain dari merek dan seri yang sama dengan baterai sebelumnya. Sekarang hubungkan charger ke laptop tersebut. Jika memang berhasil mengisi, berarti yang mengalami kerusakan berarti baterai laptop tadi. Solusinya tidak lain dengan hanya mengganti baterai dengan baterai laptop baru.

6. Memperbaiki driver API baterai

Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

Kalau cara sebelumnya berfokus pada bagian hardware laptop, kali ini beralih ke bagian software laptop. Baterai yang tidak bisa mengisi padahal Plugged In Charging mungkin disebabkan oleh software yang mengalami corrupt ataupun terserang virus. 

Untuk masalah seperti ini biasanya yang terdampak yakni pada bagian driver API baterai pada Windows. Untuk mengatasi masalah tersebut tidaklah sulit, yakni:

  • Langkah yang pertama pastikan Anda sudah melepaskan baterai dari perangkat laptop.
  • Selanjutnya Anda hubungan charger ke laptop lalu hidupkan perangkat tersebut tanpa menggunakan baterai.
  • Pada tampilan awal Windows, sekarang Anda masuk ke Device Manager dengan cara klik Start Menu >> klik kanan pada opsi Computer >> pilih Properties >>  pilih Device Manager.
  • Di sini akan muncul beberapa kategori driver. Untuk memperbaiki masalah driver baterai Anda klik pada kategori Batteries >> klik kanan Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery >> klik Uninstall.
  • Selanjutnya Anda matikan laptop. Lepaskan charger, kemudian pasang kembali baterai laptop yang dilepas tadi.
  • Jika sudah, hubungkan lagi charger ke laptop lalu hidupkan kembali.
  • Masuk lagi ke menu Device Manager dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Klik kanan lagi pada kategori Batteries, lalu pilih opsi Scan for Hardware Changes. Nantinya sistem akan melakukan proses download driver dan melakukan perbaikan driver baterai.
  • Tinggal tunggu prosesnya, nantinya laptop akan melakukan restart secara otomatis.
  • Sekarang baterai laptop sudah normal kembali.

Itulah tadi cara mengatasi baterai laptop Plugged In Charging tapi tidak mengisi yang bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *