Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian

Diposting pada 41 views
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus – Anda salah satunnya pengguna laptop Asus, pasti pernah yang namannya keyboard mengalami masalah. Sebenarnya tidak hanya Asus saja, perangkat Laptop/ PC lainnya tentu sudah pernah merasakan yang namannya keyboard error.

Hal ini memang tidak bisa dihindari oleh siapapun itu, pasalnya jika penggunaan keyboard yang terlalu sering untuk menulis maupun lainnya maka menimbulkan lecet alias tidak berfungsi dengan baik komponen di dalamnya. Jadi anda perlu mencari solusi untuk bisa memperbaiki keyboard laptop Asus milik anda.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian

Sebelum adannya masalah pasti ada penyebab yang membuat keyboard tidak berfungsi sebagian, untuk mengetahui penyebabnya mengapa keyboard bisa bermasalah seperti itu. yuk langsung saja simak di bawah ini :

baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

1. Lakukan Restart Laptop

Pertama, yang bisa anda coba untuk memperbaiki keyboard bermasalah atau tdiak berfungsi sebagian yaitu dengan cara restart ulang laptop. Sepintas memang tidak ada kaitannya, namun dengan melakukan restart laptop setidaknya bisa menormalkan kembali komponen yang error atau gangguan.

Cara merestart laptop seperti biasannya, cukup klik kanan pada icon windows. Letaknya di sebelah kiri pojok bawah lalu shut down or sign out, dan pilih restart.tunggu beberapa kemudian sampai laptop kembali nyala. Cobalah ketikan keyboard anda apakah sudah bisa.

2. Cobalah Cek Driver

Selanjutnya, langkah ini tentu saja juga paling ampuh. Karena driver sendiri merupakan sistem opersi yang sebagai pendukung hardware laptop. Keterkaitan hardware dengan driver ini memang sangatlah pengaruh, ketika hardware sendiri mengalami masalah berarti driver harus diperbarui.

Langkah instal Driver Laptop :

  • Bukalah lebih dulu device manager, dengan cara pilih start letaknya di pojok kiri bawah dekstop. Atau bisa juga anda search di pencarian dengan mengetikkan device manager.
  • Tunggulah sampai keluar tampilan Device Manager, jika ingin melakukan installan atau pun update hanya dengan klik kanan pada mouse. Hardware mana yang akan anda perbarui, jika sudah maka pilih Update Driver Software.
  • Disini anda akan di layani oleh update secara online maupun offline, disini tergantung anda sesuai dengan keadaan.
  • Agar layanan update cepat dan lancar, ada baiknya untuk update dengan koneksi internet atau online.
  • Jika anda memilih online maka opsi selanjutnya pilih dan klik “Search Automatically”
  • Disini driver akan memproses semua driver untuk di perbarui kembali.
  • Selesai. Tunggu sampai proses berhasil.

3. Cobalah untuk Memeriksa Num Lock

Keyboard yang mengalami masalah tdak berfungsi sebagian, solusinnya anda bisa mencobanya untuk menonaktifkan Num Lock-nya. Karena jika masih ON akan mengakibatkan keyboard sering bermasalah atau error. Jadi usahakan untuk matikan, lalu cobalah ketikkan keyboard anda.

Baca juga : Cara Mengatasi Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi

4. Lakukan Install pada Laptop

Langkah satu ini memang paling banyak di aplikasikan oleh kebanyakan orang, selain mudah juga tidak banyak langkahnya. Hanya melakukan instal ulang pada sistem windows, tujuannya untuk memperbarui Drive C.

Jika sudah baru maka performannya akan menjadi sangat baik, so anda bisa mencoba install menggunakan CD maupun Flashdisk.

  • Ubahlah dulu flashdisk ke bootable windows
  • Usahakan daya baterai laptop anda lebih dari setengah yaitu 50%
  • Lakukan backup dulu pada Drive C, sebagai penyimpanan software.
  • Carilah Download yang sesuai dengan laptop anda, agar nantinnya driver tidak repot ketika di download lagi.
  • Lakukan setting pada BIOS denan cara tekan F1 atau bisa juga F2
  • Cobalah masuk pada menu Boot , di menu ini anda bisa menempatkan Removable Device di atas sendiri, bisa juga di tempatkan di CD-ROM maupun Removable Device.
  • Tujuan dari penempatan ini yang posisinya di atas, agar nantinnya saat laptop dalam keadaan nyala akan terbaca meski berada di flashdisk milik anda.
  • Selesai, sekarang saatnya anda install.

Nah, itulah tadi tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian. Semoga bermanfaat dan selamat untuk mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *