Cara Mempercepat Download di Android yang Ampuh

Diposting pada 163 views
Cara Mempercepat Download

Cara Mempercepat Download – Mendownload merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna gadget, terutama pengguna smartphone android. Ada banyak jenis file yang sering didownload, mulai dari video, musik, dokumen, hingga aplikasi. Untuk melakukan aktivitas tersebut tentunya smartphone harus terhubung ke jaringan internet. Salah satunya dengan mengandalkan kuota data seluler.

Penggunaan jaringan internet terkadang menimbulkan satu masalah yang sulit terpecahkan, misalnya koneksinya yang sangat lambat. Hal ini akan semakin membuat kesal ketika pengguna ternyata sedang mendownload sebuah file. Kecepatan koneksi yang sangat lambat membuat proses download menjadi semakin lama. Lantas, adakah cara untuk mempercepat download di android tersebut? Jawabannya tentu saja ada, berikut ini informasi selengkapnya.

Cara Mempercepat Download di Android yang Ampuh

1. Mengatur ke Jaringan 4G LTE

Cara mempercepat download di HP android yang pertama yakni mengatur jaringan ke 4G LTE. Hingga sekarang ini jaringan 4G LTE masih menjadi yang tercepat dibandingkan jenis jaringan lainnya. Meskipun isu kehadiran jaringan 5G sudah semakin santer, namun di Indonesia tampaknya masih belum maksimal penggunaannya.

Tetapi, tidak semua tempat atau lokasi yang terjangkau oleh jaringan 4G LTE. Jika lokasi Anda juga belum terjangkau jaringan 4G atau sudah terjangkau namun belum stabil, maka pemilihan jaringan 3G menjadi pilihan terbaik.

2. Menggunakan DNS Tercepat

Selain cara di atas, untuk mempercepat koneksi internet di HP android berikutnya yakni dengan menggunakan DNS tercepat. Dengan penggunaan DNS ini, maka koneksi internet di HP android menjadi lebih ngebut. Dan saat digunakan untuk download file juga semakin cepat.

Untuk mengatur DNS di HP android Anda bisa menggunakan aplikasi bernama DNS Changer. Aplikasi satu ini bisa diunduh langsung dai Google Play Store secara gratis dan tanpa rooting HP. Beberapa pilihan DNS tercepat sekarang ini, yakni DNS Google (8.8.8.8) dan DNS CloudFlare (1.1.1.1).

3. Menggunakan Aplikasi Download Manager

Cara lain untuk mempercepat download di smartphone android yakni dengan memanfaatkan aplikasi download manager. Berbicara soal aplikasi download manager, pasti sebagian besar dari Anda sudah tidak asing lagi dengan software bernama IDM. Software tersebut menjadi pilihan terbaik untuk mempercepat download di perangkat PC atau laptop.

Berbeda dengan aplikasi download manager di HP android, bukan IDM seperti di perangkat PC atau laptop. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi download manager di android yang bisa mempercepat proses download, di antaranya:

4. Menggunakan Aplikasi VPN

Aplikasi VPN merupakan aplikasi khusus yang memungkinkan Anda mengakses internet secara pribadi melalui perangkat HP android. Penggunaan VPN tidak hanya membuat kita bebas mengakses situs terblokir, tetapi juga bisa mempercepat koneksinya. Alhasil, proses download file besar dari internet juga menjadi semakin cepat.

Aplikasi VPN di HP android sendiri juga sangat banyak pilihannya, beberapa aplikasi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hampir semua aplikasi VPN bisa Anda unduh dan install secara gratis. Namun, untuk beberapa pilihan server ada yang bersifat premium. Adapun rekomendasi aplikasi VPN terbaik dan gratis bisa Anda gunkana, antara lain:

Itulah tadi beberapa cara mempercepat download di android yang paling ampuh dan efisien. Terapkan salah satu cara di atas yang dianggap paling mudah.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *