Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati yang Mudah

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati – Saat ini laptop sudah menjadi pilihan banyak seseorang untuk memudahkan menyelesaikan banyak tugas, tak hanya di dunia kerja saja namun di sekolah sudah memakai laptop sebagai bahan ajar dan mengerjakan soal-soal. Jadi tak mengherankan laptop ini sebagai pilihan setiap orang karena kemudahannya, bisa dibawa kemana-mana hanya berbekal tas dan lainnya.

Di samping laptop terbilang simpel dan praktis di bawannya, ternyata juga memiliki problem yang sama seperti perangkat lainnya yaitu komputer. Kalian mungkin sudah pernah tahu laptop tiba-tiba mati tanpa anda sadari pasti akan panik, padahal tidak ada tanda-tanda yang terlihat pada laptop jika itu pun mengalami problem.

Melihat dari permasalahan di atas mungkin bagi seseorang yang belum pengalaman pasti akan khawatir terjadi masalah dengan laptopnya, tapi tunggu dulu karena di watpedia akan diberikan cara mengatasi laptop tiba-tiba mati. Untuk menyingkat waktu langsung saja simak selengkapnya disini.

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati yang Mudah

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati

Sebelum melanjutkan ke langkah mengatasi laptop tiba-tiba mati, terlebih dahulu anda menyimak penyebab terjadinnya kenapa laptop menjadi mati secara mendadak. Jadi tujuannya disini agar anda paham kenapa bisa begitu dan tidak akan menjadi khawatir lagi nantinnya.

1.Cek Kondisi Baterai Laptop

Pertama, anda bisa mematiskan laptop tiba-tiba mati bisa cek dari baterainnya. Apakah baterai yang anda pakai saat ini memang sudah habis dayannya atau kah sudah kadaluarsa sangking lamannya. Faktor seperti itu bisa anda perhatikan dulu sebelum melangkah yang lebih jauh.

Untuk mencobannya anda bisa menyambungkan adaptor listrik untuk di sambungkan pada bagian port USB baterai laptop, jika sudah tersambung namun masih tidak menyala maka tunggulah beberapa menit karena bisa mungkin daya baterai laptop sedang drop jadi memang harus membutuhkan waktu.

Apabila masih saja belum berhasil menyala setelah anda menunggu beberapa menit, langkah sekarang lepas baterai laptop. Hal ini untuk mengetes satu persatu, jika adaptor tersambung tanpa baterai dan laptop menyala bisa dipastikan baterai laptop sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

2.Mengecek Power Supply Laptop

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati

Berikutnya, sesudah anda selesai mengecek kondisi baterai laptop kali ini giliran pada power supply laptop yang harus diperiksa. Karena ketahuilah jika kondisi lampu indikator tidak hidup, namun adaptor sendiri normal maka anda harus mengecek kondisi soket DC laptop. Karena jika itu dibiarkan pada soket yang rusak, aliran listrik tidak akan baik/ tidak stabil ke bagian komponen laptop itu sendiri dan terjadilah laptop tidak bisa dihidupkan.

jadi jangan sampai menjadi terpaksa menggunakannya, karena jika aliran listrik yang tinggi terhubung maka akan membuat rusak komponen power. Solusi nya anda periksa mulai dari tombul hidup dan matinnya laptop sekaligus cek juga pada ic powernya. Caranya pun mudah anda tinggal melepas baterainnya, kemudian tekan dengan jari tombol power selama kurang lebih 30 detik saja, lalu jika sudah pasang kembali baterainnya seperti semula dan hidupkan laptop.

3.Mengalami Masalah Pada RAM

Langkah satu ini memang jarang digunakan oleh pengguna laptop, apabila RAM mengalami kerusakan cirinnya semua hidup seperti kipas laptop, mesin yang masih berjalan, lampu hidup hanya saja layar yang mati.

Solusi untuk mengatasinnya sebenarnya sederhana saja, jika anda sudah berpengalaman maka lepaskan RAM kemudian bersihkanlah dengan selaput lembut di bagian tersembunyi, dan juga anda bisa menghapus komponen di dalamnya menggunakan penggosok pensil tulis. Setelah itu pasanglah kembali sesuai dengan posisi awalnya RAM tersebut.

4.Adaptor Mengalami Masalah

Untuk mengecek adaptor yang bermasalah pada laptop anda ada dua hal yang perlu anda perhatikan, yang pertama apabila lampu menyala berarti penyebabnya yaitu adaptor mengalami kerusakan, solusinnya cek lebih dulu kabel adaptornya karena pada sambungannya mudah mengalami masalah, seperti kurangnya hati-hatinya pengguna.

Sedangkan pada permasalahan berikutnya apabila pada adaptor dan juga kabelnya masih dikatakan normal, maka penyebabnya yang terjadi karena pada komponen power laptop telah mengalami  kerusakan.

5.Prosessor Mengalami Masalah

Ketika memiliki laptop usahakan di rawat agar komponen di perangkatnya tetap terjaga dengan baik, karena sangat riskan sekali apabila laptop pada komponen nya terganggu salah satunnya yaitu prosessornya pasti laptop akan tidak bisa berjalan sebagai mestinnya.

Kalau anda ketahui prosessor perannya sangat menonjol sekali pada laptop, hampir di katakan sebagai peran utama yang menggerakkan kinerja laptop itu sendiri ketika sedang digunakan. Prosessor yang mengalami error atau rusak disebabkan karena overheating, apa itu overheating? Sebenarnya memiliki banyak sekali jenisnya di antarannya processor kering, heat sink dan juga fan mengalami masalah pada kombinasinnya.

6.Motherbard Mengalami Masalah

Masalah laptop mati bisa terjadi pada kondisi Motherboardnya yang sudah rusak, fungsi dari mainboard di laptop sangatlah penting hampir sama dengan prosessor. Hanya saja motherboard ini saling menghubungkan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

Meski motherboard ini posisinya di dalam dan jarang terkena debu secara langsung, akan tetapi sering mengalami masalah hingga kerusakan pun bisa terjadi. Jadi pengguna harus merawatnya dengan cara setidaknya membawa ke tempat jasa service setidaknya setahun sekali, tergantung penggunaannya. Jika tetap dibiarkan maka komponen lainnya ikut rusak di antarannya :

  • Komponen CPU yaitu overheating
  • Terbakarnya pada komponen IC
  • Ketidak stabilan aliran listrik ke laptop
  • Pada komponen CPU sering mengalami Overlocking, dan
  • Bisa juga laptop teridentifikasi virus jahat.

Kebiasaan yang Membuat Laptop Tiba Tiba Mati

1.Kurangnya Perhatian Dasar Meja Laptop

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati

Pertama kebiasaan yang seringkali terjadi kebanyakan orang adalah menaruh laptop aktif dengan bahan yang dapat merusak komponen laptop itu sendiri. Seperti di posisi kasur termasuk bantal maupun guling, padahal bahan seperti itu cepat sekali penghantar panasnya sampai-sampai akan mengakibatkan komponen anda mengalami derajat yang menaik panasnya.

Selain itu bahan seperti kasur dan sejenisnya juga mempengaruhi keluar masuk udara yang mengakibatkan mesin laptop menjadi cepat panas, jika suhu bertambah naik maka yang terjadi akan overheating bisa disebut juga mati mendadak.

2.Tidak Teraturnya Penggunaan Laptop

Wajar jika perangkat laptop di jaman sekarang semakin dibutuhkan, selain di jadikan keperluan menyelesaikan tugas kantoran juga bisa di gunakan untuk sehari hari. Di samping itu laptop juga tak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, anak-anak sekarang ini sudah mahir memainkannya.

Oleh karena itu dari sekian aktivitas yang tak pernah ada selesainnya mungkin tidak hanya penggunannya saja yang beristirahat, tetapi laptop juga perlu di rawat dan dimatikan jika tidak digunakan. Agar suhu pada laptop bisa menurun menjadi lebih rendah, so kondisi laptop juga akan semakin baik nantinnya.

Nah, itu tadi mengenai Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati yang Mudah.

2 pemikiran pada “Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati yang Mudah”

Tinggalkan komentar