Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer yang Simpel

Diposting pada 106 views

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer – Komputer memang penggunaanya masih banyak diminati seperti halnya laptop, meski begitu seringkali keberadaannya banyak digunakan untuk mengerjakan tugas kantoran maupun pekerjaan sekolah. Di samping itu terkadang lama menggunakan komputer mata menjadi terasa capek, hal ini di akibatkan kecerahan layar komputer terlalu tinggi.

Memang pengguna harus sering-sering mengatur kecerahan layar yang ada di depan mata, hal ini juga dipengaruhi cuaca yang berubah-ubah. Jika di waktu siang hari pasti kecerahan layar harus dikurangi karena sudah banyak sekali cahaya yang keluar, sebaliknya jika di waktu sore hari atau petang maka anda bisa mengatur kecerahan layar untuk lebih di tingkatkan sesuai kondisi pengguna komputer.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer yang Simpel

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Sebenarnya cara mngatur layar ini ada bermacam-macam untuk anda ketahui, yang biasannya anda tinggal tekan Fn + icon cahaya untuk meredupkan sekaligus juga mencerahkan. Namun disini ada cara lainnya yang harus anda ketahui berikut di bawah ini :

1.Personalize Manfaatkanlah

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Pertama, jika anda ingin mengatur kecerahan di komputer maka manfaatkan personalize untuk di aur kembali. Karena dengan mengganti personalize yang sesuai bisa mempengaruhi pandangan mata untuk tdak capek memandangnya. Caranya pun cukup sedehana dan tidak banyak memakan waktu, yuk mari simak langkah selengkapnya di bawah ini.

  • Awalnya terlebih dulu hidupkan komputer anda, setelah itu anda cukup berada di halaman windows dahulu.
  • Selanjutnya pada tampilan layar dekstop anda bisa klik kanan pada mouse, dimana saja pun anda bisa klik asal jangan di file folder.
  • Setelah nya anda tunggu proses tampilan halaman baru dengan opsi pengaturan kecerahan untuk anda rubah sesuai kebutuhan, dan disitu anda bisa pilih nama personalize.
  • Untuk melanjutkannya pilihlah nama display dengan mengkliknya, sekarang ini anda sudah bisa mengatur tingkat kecerahan tampilan layar. Letak dari menu display ini berada di bawah sebelah kiri sendiri yang berdekatan dengan nama See Also.
  • Sampai disini anda mungkin sudah lancar mengikuti langkahnya, nah untuk yang terakhir di dalam langkah ini anda ketika mengatur kecerahan cahaya bisa pilih Adjust Brightness ya? sesuaikan seperti keinginan anda tadi untuk mengatur kecerahannya.
  • Selesai. Sangat mudah bukan? anda tidak banyak membutuhkan waktu lama, hanya beberapa menit saja, apabila anda ingin tahu cara lainnya lihatlah langkah di bawahnya.

2.Manfaatkan Mouse dengan (Klik Kanan)

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Kebetulan anda memakai windows 10 di laptop, disini ada langkah paling simpel untuk anda ikuti hanya dengan menggunakan mouse saja sudah bisa mengatur kecerahan layar komputer anda.

Disini tidak perlu membuka menu personalize lagi, cukup memilih display settings anda sudah bisa mengatur tampilan cerahnya layar komputer sesuai keinginan hati. Disini hanya beberapa detik saja, anda penasaran carannya yuk lihat di bawah ini :

  • Awalnya pastikan anda berada di layar depan yaitu tampilan windows dan siapkan mouse nya juga.
  • Setelah itu anda bisa langsung melakukan klik kanan pada ruangan kosong windows, hindari klik di posisi file folder pastinnya hasilnya beda nanti.
  • Kemudian setelah klik kanan di mouse akan muncul nama yang harus anda pilih yaitu display settings, letaknya berada di di atas nama Personalize.
  • Sampai sini anda sudah lancar dan sekarang pada windows akan muncul tampilan baru seperti scale and layout, night light dan juga resolution.
  • Sebelum anda masuk dalam pengaturan kecerahan, maka pilihlah terlebih dulu menu yang bernama Brightness and color > change brightness.
  • Untuk mengaturnya cukup mudah di bagian brightness and color tadi anda hanya bisa menggerakkan garis ke kanan dan ke kiri tergantung kebutuhan anda.
  • Jika memang sudah fix dan yakin akan kecerahannya, anda menyetujuinnya tidak perlu menyimpannya. Langsung saja keluar pada kolom menu tadi karenna sudah otomatis akan tersimpan secara langsung.

Lebih mudah mana nih dengan langkah di atas tadi, memang setiap orang berbeda-beda ketika mengatur kecerahannya tergantung niatnya masing-masing menyukai cara yang mana.  

1.Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + X

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Setelah anda menggunakan beberapa langkah pada komputer dengan melalui tampilan di windows, sekarang anda bisa menggunakan cara lain dengan memakai tombol kombinasi pada keyboard seperti menekan tombol icon windows + X. Cukup dengan singkatan ini anda sudah bisa langsung membuka halaman pengaturan tingkat kecerahan, tanpa harus mengawalinnya masuk di menu maupun opsi lain dengan menggunakan klik mouse.

Singkatan tombol kombinasi ini yang bisa mengatur kecerahan tampilan layar laptop anda, bisa digunakan oleh windows apa saja seperti windows 7, 8 dan juga windows 10. Adapun langkahnya sebagai berikut :

  • Yang pertama anda tidak perlu masuk ke bagian menu atau pun opsi lainnya, hanya menuju keyboard denga menunjukkan tombol kombinasi seperti windows + X.
  • Berikutnya, setelah anda menekan tombol kombinasi tadi untuk melanjutkannya pilih sekaligus menekan nama Mobility Center, jika pada windows lain ada juga yang namannya Windosw Mobility Center. Dan setelah pilih dan klik tunggulah tampilan halaman barunnya.
  • Pengatran pada tampilan Windows Mobility Center sudah tersedia , kali ini tujuannya anda hanya mencerahkan saja maka pilihlah perintah display brightness. Carannya mudah cukup menggeser ke kanan dan ke kiri menggunakan mouse sesuai keinginan hati anda.
  • Selesai, anda tak perlu menyimpan atau mencari tombol persetujuannya. Cukup dengan klik icon x untuk keluar dari tampilan halaman.

2.Menggunakan Kombinasi Tombol Fn + icon Kecerahan

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Cara yang satu ini memang sudah banyak yang menggunakan, bahkan cara ini terbilang paling sederhana hanya beberapa detik sudah bisa langsung melihat tampilan layar cerah tidaknya. Anda juga tak perlu sibuk melakukan banyak langkah seperti halnya cara di atas tadi, karena kombinasi ini sudah bisa langsung mencerahkan tampilan layar komputer.

Awalnya anda tak perlu berada di halaman depan tampilan windows, karena dengan menekan tombol seperti Fn + icon kecerahan sudah bisa mempengaruhi terng redupnya layar. Tinggal mengaturnya saja jika anda ingin lebih cerah pada tampilan laptop, tahan tombol Fn lebih dulu lalu tekan icon kecerahan sebelah kanan. Sampai sini pasti anda sudah paham.

Disini ada sedikit tambahan cara bagi pengguna windows 7 dan juga 10 bisa juga menggunakan cara paling simpel ini, yaitu dengan menekan icon baterai yang letaknya berada di paling bawah kanan di dekstop. Anda cukup menekan klik kanan pada mouse lalu pilihlah menu paing atas bernama adjust screen brightness.

Nah, itu tadi tentang Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer yang Simpel. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat unuk mencobannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *