Cara Mengembalikan File yang Terkena Virus di Laptop? Yuk Simak.

cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop –  Mungkin Anda sering dibuat panik karena file penting Anda terkena virus dan tidak bisa dibuka tidak, namun Anda sendiri tidak tau cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop. Jangan terlalu pusing memikirkan hal tersebut, karena cara mengembalikan file yang terkena enkripsi virus tidaklah terlalu sulit.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seharusnya membantu mengatasi permasalahan seperti file yanghilang karena terkena virus.

Anda jangan khawatir karena di artikel ini akan dibahas mengenai  cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop. Biasanya virus yang mengenkripsi suatu file atau dokumen disebut dengan virus ransomware.

cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop

Virus ransomware merupakan suatu virus yang relative berbahaya yang bisa membuat seluruh file yang Anda simpan pada drive laptop tidak bisa dibuka.

Adapun cara kerja virus ini adalah dengan mengubaha jenis file yang Anda simpan menjadi jenis file yang tidak bisa Anda kenali. Jenis-jenis file yang sudah terenkripsi virus ransomware tidak akan bisa jika dibuka menggunakan aplikasi apapun. Lalu, apabila Anda mencoba untuk mengubah suatu jenis file tidak akan membuahkan hasil.

Baca juga : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer atau Laptop

Pada umumnya, pembuat virus akan menyisipkan suatu pesan yang berisikan meminta sejumlah uang agar file Anda bisa kembali seperti sedia kala.

Adapun tambahan informasi yang harus Anda ketahui adalah jika virus ini pada setiap tahunnya berkembang lebih dari sebelumnya bahkan dengan file type yang baru dan masih belum ada decryptornya.

Maka dari itu, Anda sangat perlu untuk berhati-hati dalam menggunakan internet untuk berselancar mencari informasi yang update dan actual. Dengan demikian, tidak menolak untuk lupa untuk Anda membackup semua berkas-berkas yang penting sebelum terinfeksi oleh virus ini.

Jenis-jenis virus ransomware terdiri dari berbagi jenis yang sangat berbeda dengan tahun-tahun yang masih sedikit. Jenis virus ransomware sebagian besar sudah memiliki penawar dan sebagian alinnya juga belum memiliki penawarnya.

Adapun jenis-jenis virus ransomware yang perlu Anda ketahui antara lain meliputi : .waiting, .stopdat, .suspended, .savefiles, .shadow, .adobe, .todarius, .madek, .boot dan masih banyak lagi.

Beberapa jenis virus ransomware yang sudah dijelaskan diatas merupakan suatu jenis virus yang sedang beredar dan bisa menyebar dengan cepat sekarang ini.

Cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan file atau dokumen yang terinfeksi oleh virus adalah sebagai berikut.

Dengan cara menggunakan antivirus untuk menghapus virus.

Memanfaatkan antivirus yang bisa membantu Anda untuk mengatasi file yang hilang merupakan cara alternatif yang bisa Anda tempuh. Dewsa ini, banyak antivirus yang berperan untuk mengembalikan file yang terenkrispi virus seperti :

  1. Kaspersky,
  2. Avast,
  3. Malware Bytes,
  4. ESET Internet Security,
  5. Smadav,
  6. AVG, dan
  7. Norton.

Serta masih banyak lagi program antrivirus lainnya yang dapat mendukung Anda untuk menghapus virus ransomware yang selebihnya bisa Anda cari tau sendiri. Anda dianjurkan untuk menjalankan antivirus dengan mengaktifkan mode deep scan dan dengan safe mode supaya semua berkas bisa terpindai dengan baik.

Dengan menonaktifkan dmdstyle atau item yang mencurigakan pada startup.

Jika laptop Anda terinfeksi dengan virus pastinya ada sebuah item yang masuk ke menu startup sistem operasi windows dan apabila Anda tidak menghapusnya bisa saja akan terus berjalan.  Cara yang bisa Anda lakukan adlaah sebagai berikut.

  1. Masuklah ke dalam save moge.
  2. Ketikkan msconfig.exe pada menu pencarian.
  3. Klik bagian startup serta hapuslah tanda centang yang ada pada item yang mencurigkan.
  4. Klik apply kemudian klik OK.

Dengan cara show hidden folders dan nonaktifkan hide extensions.

  • Masuklah pada control panel lalu klik folders option kemudian klik view.
  • Kemudian klik apply lalu klik ok.

Dengan mengetahui cara mengatasi permasalahan pada laptop Anda, kini tidak perlu risau apalagi panik disaat ikon baterai Anda tidak muncul.

Baca juga : Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Dan Safe Mode

Cukup perhatikan dan terapkan pedoman yang sesuai dengan ulasan diatas. Jika  Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop.

Tinggalkan komentar