Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Paling Ampuh

Diposting pada 79 views

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android – Pernah sedang mengoperasikan smartphone android dan tiba-tiba muncul iklan? Hal seperti ini tentunya wajar terjadi, apalagi jika pengguna lebih suka menggunakan aplikasi versi gratis. Sejatinya iklan yang muncul merupakan cara bagi pengembang aplikasi untuk mendapatkan penghasilan dari aplikasi buatannya. Jika memang Anda tidak ingin iklan muncul saat menjalankan suatu aplikasi dan game, sebaiknya membeli aplikasi versi premium alias berbayar. Dengan demikian iklan tidak akan muncul lagi di HP android Anda.

Selain cara tersebut, ternyata ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan agar iklan tidak lagi muncul di layar HP android. Alternatif tersebut juga tidak mengharuskan Anda mengeluarkan biaya tambahan. Meskipun gratis, namun cara tersebut sangat ampuh mencekal iklan agar tidak muncul lagi. Baik itu jenis iklan banner, video, hingga iklan pop up. Berikut ini watpedia sudah merangkumnya mengenai cara menghilangkan iklan di HP android paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Paling Ampuh

Sebenarnya cukup mudah untuk menghilangkan iklan di smartphone android. Hanya saja tidak semua pengguna mengetahui cara untuk melakukan hal tersebut. Sebelum lanjut ke cara menghilangkan iklan di HP android, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Jika hanya iklan yang muncul di browser, itu merupakan hal yang wajar. Tetapi yang menjadi masalah jika iklan tiba-tiba muncul di layar utama HP android.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan iklan muncul di layar utama HP android tersebut. Mulai dari virus Adware yang menyusup ke dalam HP, aplikasi tertentu, dan juga sistem android. Adapun cara menghilangkan iklan di android selengkapnya, sebagai berikut:

Baca juga : Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Sampai bersih

1. Menggunakan aplikasi blokir iklan

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Cara yang pertama untuk menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di layar HP yakni dengan memanfaatkan aplikasi blokir iklan. Aplikasi semacam ini ada banyak jenisnya, di mana masing-masing aplikasi pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di dalamnya biasanya sudah dibekali fitur tertentu yang bisa menghilangkan sekaligus mencegah iklan tidak muncul lagi.

Selain bisa menghilangka iklan yang muncul di layar utama, aplikasi semacam ini juga mampu menghilangkan iklan di browser, aplikasi atau bahkan game. Adapun beberapa rekomendasi aplikasi blokir iklan yang paling direkomendasikan, antara lain AdAway https://adaway.org/, AdClear https://play.google.com/store/apps/details?id=com.seven.adclear.fsb&hl=in, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda cukup menginstall salah satu aplikasi tersebut, kemudian langsung mengaktifkan fitur blokir iklan yang disediakan di dalamnya.

2. Menggunakan aplikasi antivirus

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab munculnya iklan di layar utama HP adalah karena serangan virus atau malware. Hingga sekarang ini ada banyak sekali jenis virus yang bisa menyerang HP android. Salah satunya yakni virus yang bisa menampilkan iklan di layar utama HP. Virus jenis ini sering dikenal juga dengan sebutan virus Adware.

Untuk menghapus dan mencegah virus tersebut masuk lagi ke HP android, maka Anda perlu yang namanya bantuan antivirus. Anda perlu menginstall aplikasi antivirus terbaik di HP android Anda. Jika memang sudah menginstallnya, Anda juga perlu melakukan update dan scanning virus secara rutin agar virus tersebut bisa hilang. Ada banyak sekali jenis antivirus terbaik yang bisa Anda gunakan, seperti Avast Mobile https://play.google.com/store/apps/details?id=com.avast.android.mobilesecurity&hl=in, AVG Mobile https://play.google.com/store/apps/details?id=com.antivirus&hl=in, Malwarebytes https://www.malwarebytes.com/premium/, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Menggunakan Aplikasi NoRoot Firewall

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

https://play.google.com/store/apps/details?id=app.greyshirts.firewall&hl=in

Cara menghilangkan iklan yang sering muncul di HP android berikutnya yakni dengan memanfaatkan aplikasi bernama NoRoot Firewall. Aplikasi satu ini hadir dengan beragam fitur tangguh untuk memblokir berbagai jenis iklan. Bahkan iklan pop up yang muncul di layar utama HP juga bisa dicegah dan dihilangkan oleh aplikasi satu ini.

Berbeda dengan aplikasi untuk blokir iklan lainnya, NoRoot Firewall juga mampu menghilangkan iklan yang muncul di bowser, aplikasi dan game. Untuk memblokir iklan menggunakan NoRoot Firewall terbilang sangat mudah, yakni:

  • Langkah pertama Anda install terlebih dahulu aplikasi NoRoot Firewall di HP android.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut. Pada halaman utama aplikasi Anda masuk ke menu Apps.
  • Di sini Anda akan melihat list aplikasi yang terinstall di HP android. Anda bisa memberi centang pada beberapa aplikasi yang ingin dihilangkan iklannya.  
  • Secara otomatis iklan tidak akan lagi muncul di aplikasi yang diberi centang tadi.

4. Menghapus aplikasi yang mencurigakan

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Penyebab lain munculnya iklan di layar utama HP android yakni karena sebuah aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang memang mampu menampilkan iklan di layar utama HP meskipun tidak sedang digunakan. Aplikasi semacam ini biasanya akan terus berjalan di latar belakang HP sehingga iklan akan terus muncul tanpa pengguna tahu cara menghentikannya.

Hal seperti ini sering dialami pengguna yang sering mengisntall aplikasi dari luar Google Play Store. Kemungkinan besar aplikasi dari luar Play Store tersebut sudah disisipi script khusus sehingga bisa menampilkan iklan secara terus-menerus di layar utama HP. Sebaiknya Anda ingat-ingat lagi aplikasi terakhir yang diinstall sebelum iklan sering muncul. Jika sudah ingat, maka Anda harus langsung menghapusnya.

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Cari dan pilih aplikasi yang Anda curigai sebagai penyebab munculnya iklan.
  • Selanjutnya klik tombol Hapus Instalasi atau Uninstall.
  • Jika sudah, sekarang Anda coba lakukan restart HP android.

5. Lakukan Factory reset HP android

Jika memang cara di atas masih belum mampu menghilangkan iklan yang muncul di layar utama HP, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Melakukan factory reset akan menjadi cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah di sistem android, termasuk iklan yang sering muncul tiba-tiba. Cara ini juga bakal membuat HP android kembali ke pengaturan awal pabrik. Itu artinya semua data yang tersimpan di memori internal HP akan dihapus secara permanen.

Sebelum melakukan factory reset HP android, sebaiknya Anda lakukan backup data terlebih dahulu melalui menu Pengaturan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda buka menu Pengaturan HP Android.
  • Scroll ke bawah lalu pilih opsi Akun dan pencadangan.
  • Pilih opsi Pencadangan dan pemulihan.
  • Tentukan terlebih dahulu akun Google yang ingin dijadikan tempat untuk menyimpan data backup.
  • Pilih opsi Data cadangan dan tentukan apa saja yang ingin dicadangkan.
  • Terakhir lakukan pencadangan.

Jika sudah melakukan backup data di HP android, selanjutnya lakukan reset data pabrik atau factory reset. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Manajemen umum.
  • Klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir klik Reset data pabrik.
  • Tunggu proses reset HP hingga selesai.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan iklan di HP android paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *