Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan WiFi Windows 7? Nih Tutorial Lengkapnya, Dijamin Ahh Mantap!

Cara menghubungkan 2 komputer dengan WiFi Windows 7, menjadi pertanyaan tersendiri terutama bagi para development jaringan yang masih pemula. Entah ingin digunakan untuk praktik mengembangkan skill ataupun urusan lainnya.

Cara menghubungkan 2 komputer dengan WiFi Windows 7

Selain itu, para pemilik warnet juga perlu skill ini karena antara komputer satu dan yang lain harus saling terhubung. Supaya dapat dipantau pada satu titik, client-server.

Meski pada perkembangan zaman kontemporer, usaha warnet sudah terbilang usang bahkan banyak yang gulung tikar. Namun, tutorial terkait cara menghubungkan 2 komputer dengan WiFi Windows 7 juga dapat digunakan secara personal sesuai kebutuhan. So, langsung saja cus yang berikut Guys!

Baca juga : Yuk Coba Satu Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan Wifi Windows 10 yang Paling Mudah!

Nih Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan WiFi Windows 7 Opsi Pertama!

  1. Klik icon wireless network connection yang ada di notification bar.
  2. Klik Properties.
  3. Klik dua kali Internet Protocol (TCP/IP)
  4. Masukan IP Address 192.168.1.1, lalu klik tombol Tab. Dengan demikian, subnet mask akan terisi secara otomatis. Lalu, masukan default gateway 192.168.1.1.
  5. Klik OK. Akan kembali ke jendela wireless network connection properties. Kemudian, klik tab Wireless Network.
  6. Klik Advance.
  7. Klik Opsi computer to computer (ad hoc) networks only, lalu klik Close.
  8. Klik OK.

Lakukan hal yang sama pada laptop teman Anda. Jika berhasil, Anda bisa langsung bisa berinteraksi dengan teman bahkan bisa melakukan remote desktop (Mengakses laptop teman pada laptop kita).

Catatan : IP address dibedakan, kecuali subnet mask dan default gateway. Angka terakhir saja yang dirubah. Sedangkan tiga angka pertama tetap. Misalnya 192.168.1.x. huruf x diganti dengan angka 2 s.d 255

Nih Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan WiFi Windows 7 Opsi Ke Dua!

  1. Teman-teman cari di sudut kanan ada logo Wireless klik saja, selanjutnya klik Network and Sharing Center.
  2. Buat koneksi baru dengan klik menu Set up a new connection or network.
  3. Scroll ke bawah sampai ketemu Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, lalu klik Next.
  4. Setelah itu, akan ada tampilan, lalu klik Next saja.
  5. Selanjutnya, silahkan isi Network Name dan Security Key sesuka Anda. Atau kalau tidak mau menggunakan password pada Security type, Anda tinggal pilih No Authentication (open). Setelah selesai klik Next.
  6. Untuk menyambungkan dengan Network yang sudah dibuat tadi, Anda tinggal klik logo Wireless di kanan, klik kanan pada Network name yang sudah dibuat tadi. Lalu, klik Connect.
  7. Setelah itu tinggal setting IP address, pilih Properties dari koneksi tersebut. Ubah alamat IP static-nya. Isi IP yang gampang-gampang saja, yang penting bisa Connect. Misalnya: 1.1.1.6, 1.1.1.7, 1.1.1.8, pokoknya nilainya jangan beda jauh, cukup ganti angka paling belakang saja, sedangkan yang di depan biarkan begitu saja.

Catatan: Jangan sampai IP-nya sama, soalnya nanti bakalan bentrok.

  1. Selanjutnya coba ping antar komputer, caranya buka Command prompt, trus ketik ping [alamat IP komputer tujuan] 
  2. Jika ada reply berarti sudah Connect, kalau tidak ada reply mungkin settingan IP-nya salah atau di-Block Firewall komputer tujuan. Kalau kena Firewall gampangnya matikan saja (Firewall Windows atau Software lain yang punya Firewall misal: Antivirus, dan lain sebagainya).

Nih Cara Menghubungkan 2 Komputer Dengan WiFi Windows 7, Dengan Ad Hoc WiFi Antar Windows XP!

  1. Buka Wireless Network Connection Status, caranya lewat Control Panel → Network Connections → buka Wireless Network Connection dengan klik 2x atau ENTER. Akan muncul jendela Wireless Network Connection Status klik tombol Properties.
  2. Setelah tombol Properties di-klik, akan ada jendela Wireless Network Configuration Properties, setelah itu klik tab Wireless Networks dan klik tombol Advance.
  3. Pada jendela Advance pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only, lalu klik tombol Close.
  4. Kembali ke jendela Wireless Network Configuration Properties, Klik tombol Add untuk menambah informasi jaringan baru.
  5. Jendela baru akan muncul, isi network name (SSID) dengan di rumah (Bisa diganti sesuai selera, jangan lupa ceklis pada bagian The key is provided for me automatically dan This is a computer-to-computer (ad hoc) network; wireless access point are not used (jika bagian ini di-disable dan sudah terceklis maka sama saja, jangan terlalu khawatir).
  6. Kembali ke jendela Window Network Configuration Properties jaringan wireless baru di rumah telah berhasil, Anda buat dan muncul di daftar jaringan (Preferred network). Jangan lupa klik Ok, untuk menyimpan semua perubahan.
  7. Ulangi langkah diatas di komputer Windows XP lain yang ingin kita hubungkan. Ingat langkah ke-5 harus sama (SSID dan Wireless network key).
  8. Pada semua komputer, mulai koneksi dengan membuka jendela Wireless Network Connection (bisa dibuka lewat tombol View Wireless Networks di gambar pada langkah ke-1). Klik 2x jaringan di rumah untuk memulai koneksi.

 

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai, cara menghubungkan 2 komputer dengan WiFi Windows 7. Sehingga, dapat Anda praktekkan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 10

Baik diperlukan dalam urusan pekerjaan, atau hanya sekedar untuk mengembangkan skill di bidang jaringan. Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih. Sampai jumpa di lain kesempatan dengan content-content bermanfaat untuk Anda!

Tinggalkan komentar