Cara Mengubah Monitor Komputer Menjadi TV Tanpa TV Tuner

Diposting pada 14 views
Cara Mengubah Monitor Komputer Menjadi TV Tanpa TV Tuner

Cara Mengubah Monitor Komputer Menjadi TV Tanpa TV Tuner – Tidak bisa dipungkiri menonton televisi merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai oleh banyak orang. Apalagi sekarang ini sudah ada banyak sekali saluran televisi yang menyediakan tontonan-tontonan yang menarik dan seru pastinya. Mulai dari film drama, komedi, petualangan, kuliner dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena banyak orang saat libur kerja waktunya dihabiskan dengan hanya menonton televisi saja tanpa adanya kegiatan lain.

Namun, apa jadinya jika televisi kesayangan ternyata mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa digunakan lagi? Tidak perlu khawatir jika ternyata Anda masih punya layar monitor dari komputer. Layar monitor tersebut ternyata memungkinkan diubah fungsinya menjadi layar televisi yang bisa menampilkan siaran layaknya di TV sungguhan. Namun, tidak mudah untuk mengubah monitor komputer tersebut menjadi sebuah televisi. Ada beberapa alat yang diperlukan, salah satunya adalah perangkat TV Tuner. Namun, adakah cara mengubah monitor komputer menjadi TV tanpa TV Tuner tersebut? Untuk mengetahui jawabanya bisa Anda simak di bawah ini.

Baca juga: Cara Memunculkan Suara dari Komputer ke TV Menggunakan Kabel VGA Yang Benar

Cara Mengubah Monitor Komputer Menjadi TV Tanpa TV Tuner

Mengubah layar LCD atau LED komputer menjadi TV biasanya memang membutuhkan TV Tuner. Alat inilah yang akan membuat layar monitor komputer tersebut benar-benar beralih fungsinya menjadi sebuah televisi. Layaknya televisi konvensional, Anda tentunya bisa menonton TV sepuasnya tanpa ada batasan waktu. Tetapi, untuk menemukan alat TV tuner mungkin cuku sulit bagi beberapa pengguna. Karena itulah akhirnya sebagian dari mereka berusaha mencari cara lain untuk mengubah monitor komputer menjadi TV tanpa harus menggunakan TV tuner.

Menurut kami pribadi, rasanya tidak ada cara lain untuk mengubah layar monitor menjadi TV tanpa bantuan TV tuner. Pasalnya alat inilah satu-satunya yang menjadi perantara sehingga monitor komputer mampu menampilkan tayangan televisi. Kalau pun ada, mungkin hasil tampilannya tidak akan sempurna.

Jika memang Anda ternyata memiliki alat TV tuner dan ingin mengubah monitor komputer menjadi televisi, berikut ini tata caranya:

  • Sebelum mulai menerapkan langkah-langkah mengubah monitor PC menjadi televisi, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahannya. Perlatan yang dibutuhkan tersebut, meliputi layar monitor komputer (baik itu tabung, LCD, ataupun LED), TV tuner, dan kabel VGA.
  • Jika semuanya sudah siap, sekarang hidupkan kedua perangkat tadi seperti biasa.
  • Setelah itu, coba pasangkan konektor kabel VGA ke masing-masing port VGA yang tersedia pada monitor PC ataupun di TV tuner.
  • Biasanya secara otomatis di layar PC akan langsung tampilan tayangan televisi layaknya di layar TV konvensional.
  • Jika ternyata di layar terjadi blank atau tampilan TV tidak sempurna, maka Anda perlu melakukan pengaturan ulang resolusi video. Mungkin saja masalah tersebut disebabkan oleh resolusi video pada TV tuner yang tidak sesuai dengan layar monitor. Coba beberapa pilihan resolusi video yang disediakan, pastikan Anda sudah mendapatkan tampilan di layar yang sempurna.
  • Selesai.

Karena layar PC atau monitor PC biasanya tidak dilengkapi dengan output audio, maka Anda bisa menggunakan speaker aktif atau headset sebagai pendukungnya. Speaker aktif atau headset nantinya bisa Anda sambungkan pada port khusus audio yang biasanya sudah disediakan di TV tuner. Dengan demikian maka sudah sempurnalah layar monitor PC dalam menampilkan siara langsung televisi.

Baca juga: Cara Menyambungkan Laptop ke Tv Dengan Benar

Mengenai TV tuner portable ini sendiri bisa dibeli dengan harga yang lumayan murah, antara harga Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribuan. Harganya tersebut tergantung dengan kualitas serta fitur yang dimiliki di dalamnya. Perangkat TV tuner portable ini sendiri biasanya dijual bebas di toko-toko elektronik. Atau jika ingin lebih mudah Anda bisa membelinya melalui markterplace online, seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee atau yang lain sebagainya. Kesimpulannya, tidak ada cara mengubah monitor komputer menjadi TV tanpa TV tuner yang bisa dilakukan. Jika pun ada, mungkin langkah-langkahnya akan terbilang rumit dan membutuhkan biaya lebih banyak. Selain itu, kemungkinan hasil tayangannya mungkin tidak akan semaksimal saat menggunakan TV tuner sebagai receivernya. Semoga informasi di atas bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *