Bagaimana Cara Mengatasi Windows 7 Yang Tidak Bisa Setting Brightness? Yuk Simak Ulasan Dibawah Ini!

mengatasi windows 7 yang tidak bisa setting brightness – Jika Anda sedang mengoperasikan laptop yang menggunakan sistem operasi windows 7 ketika sedang mengerjakan tugas ataupun menonton sebuah film di laptop namun kecerahan tidak bisa diatur pastinya membuat Anda tersulut emosi bukan? Lalu bagaimana cara mengatasi windows 7 yang tidak bisa setting brightness?

Sebelum Anda membaca cara mengatasi windows 7 yang tidak bisa setting brightness ada baiknya jika Anda mengetahui apa yag dimaksud dengan brightness.

Brightness atau yang biasa disebut dengan kecerahan merupakan sebuah bagian penting yang membuat Anda harus mengaturnya dengan tujuan supaya mata nyaman serta tidak membuat cepat lelah ketika memandang layar dalam waktu yang cukup lama.

mengatasi windows 7 yang tidak bisa setting brightness

Di dalam laptop itu sendiri pengaturan brightness sudah disediakan oleh sistem operasi windows. Yang merupakan fitur basic dan bisa diatur pada halaman tertentu.

Baca juga : Cara Mengatasi Adjust Screen Brightness Windows 7 Tidak Ada di Komputer

Akan tetapi terkadang terdapat juga masalah mengenai fitur ini, misalnya kecerahan layar yang tidak bisa diatur. Kondisi ini akan menjadi sebuah hambatan yang sebenarnya tidak menjadi persoalan yang penting akan tetapi juga mempengaruhi kenyamanan pengguna.

Masalah kecerahan atau brightenss yang tidak bisa diatur menjadi hal yang cukup mengganggu, apalagi saat orang yang bergelut dengan monitor dalam waktu yang cukup lama. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut.

Belum terinstallnya driver VGA.

Fungsi dari driver VGA adalah untuk mengolah gambar yang termasuk juga monitor. Sebab tidak heran jika fungsi brightness jadi tidak berfungsi apabila driver VGA  belum terpasang. Hal tersebut bisa Anda temui stelah melakukan install ulang.

Adanya bug pada driver.

Apabila driver VGA sudah terinstall dan sering mengalami bug atau yang biasa disebut dengan bug. Maka hal ini bisa berakibat pada tidak bisa berfungsi dengan baik driver VGA. Hal ini dapat berdampak terhadap fitur lain seperti kecerahan layar.

Bug pada sistem.

Bug atau eror yang terjadi pada sistem dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Akan tetapi biasanya disebabkan dengan adanya data yang corrupt. Hal tersebut bisa saja berdampak terhadap pengaturan kecerahan.

Adanya masalah yang disebabkan oleh virus.

Pada saat sebuah komputer terkena virus, maka biasanya sistem akan menjadi tidak stabil dan bisa menyababkan beberapa kerusakan data.

Adapun cara yang bisa Anda perhatikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah sebagai berikut.

Install driver VGA terlebih dahulu.

Driver VGA pada umumnya terdapat 3 jenis, akan tetapi pada dasarnya langkah-langkah yang dilakukan tidak jauh berbeda. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda terapkan sebagai berikut.

  1. Carilah DVD driver bawaan laptop Anda terlebih dahulu.
  2. Masukkan ke dalam DVD driver.
  3. Kemudian carilah folder dengan nama Grapich, VGA, Intel, AMD atau NVIDIA.
  4. Kemudian, buka aplikasi installer
  5. Klik next.

Dengan install ulang driver.

Install ulang dimaksudkan untuk mengganti driver yang mengalami bug atau eror. Solusinya adalah dengan melakukan reset. Dapat menggunakan sistem operasi yang menggunakan DVD bawaan.

Jika Anda telah melakukan install driver namun brightness belum juga bisa berjalan. Anda dapat mencoba mendownload driver baru dari situs resmi milik VGA.  Selain itu, driver yang Anda install pastikan sesuai dengan versi sistem operasi windows yang terdapat pada komputer Anda.

Setting brightness melalui driver.

Pada umunya orang mengatur kecerahan melalui tombol yang ada di keyboard yaitu dengan menekan tombol FN+salah satu diantara F1 hingga F12) atau melalui tombol brightness pada windows. Adapaun cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Klik kanan pada desktop
  2. Klik opsi graphics options.
  3. Carilah pengaturan brightness.
  4. Silahkan atur kecerahan pada pengaturan tersebut.

Dengan mengetahui cara mengatasi permasalahan pada laptop Anda, kini tidak perlu risau apalagi panik disaat ikon baterai Anda tidak muncul.

Baca juga : Cara Meredupkan Layar Laptop Paling Mudah

Cukup perhatikan dan terapkan pedoman yang sesuai dengan ulasan diatas. Jika  Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi windows 7 yang tidak bisa setting brightness

Tinggalkan komentar