Perangkat Keras Komputer untuk Menyimpan Informasi dari Internet Adalah?

Diposting pada 20 views

Perangkat Keras Komputer untuk Menyimpan Informasi dari Internet Adalah? – Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang punya fungsi sangat beragam. Pastinya dengan hadirnya perangkat komputer, aktivitas harian manusia bisa dipermudah dan menjadi lebih efisien. Misalnya dalam urusan membuat dan merapikan data perusahaan. Komputer sangat berperan penting dalam aktivitas ini sehingga data tidak akan lagi berantakan atau hilang entah kemana. Tidak hanya untuk urusan perkantoran saja, komputer juga punya manfaat untuk mempermudah aktivitas lainnya.

Perangkat Keras Komputer untuk Menyimpan Informasi dari Internet Adalah?

Dikarenakan komputer menjadi perangkat multifungsi, membuat banyak orang semakin mengalami ketergantungan terhadapnya. Lain dari itu, pekembangan teknologi yang semakin pesat menuntut semua orang bisa mengoperasikan sebuah komputer. Untuk urusan ini di jenjang sekolah sudah disediakan materi pembelajaran tentang komputer tersebut. Khususnya untuk sekolah kejuruan bidang keahlian Komputer dan Jaringan, komputer sendiri sudah menjadi alat yang ditemui setiap harinya.

Bagi seorang murid SMK jurusan Komputer dan Jaringan, pastinya sudah wajib hukumnya menguasai semua hal yang berkaitan dengan komputer. Untuk pengetesannya biasanya diadakan ujian khusus untuk mata pelajaran tersebut. Dalam ujian sendiri akan ada banyak soal yang tentunya masih berkaitan dengan Komputer dan Jaringan. Salah satu pertanyaan yang mudah namun sulit dijawab oleh para murid yakni “ Perangkat keras komputer untuk menyimpan informasi dari internet adalah “. Apaka Anda juga termasuk siswa yang penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut? Tidak perlu khawatir, di bawah ini sudah kami beri jawaban beserta penjelasan lengkapnya.

Baca juga : Makalah Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Perangkat Keras Komputer untuk Menyimpan Informasi dari Internet Adalah?

Pertanyaan di atas memang terlihat mudah, namun tidak dipungkiri banyak murid yang kesuitan untuk menjawabnya. Bahkan sebagian besar murid salah dalam menjawab pertanyaan tersebut. Jawaban yang benar dari pertanyaan “ Perangkat keras komputer untuk menyimpan informasi dari internet adalah “, yakni Memori atau RAM.

RAM ini sendiri memiliki kepanjangan Random Access Memory yang fungsinya untuk menyimpan data atau informasi sementara. Karena bersifat sementara, berarti file yang disimpan di dalamnya tersebut sewaktu-waktu bisa saja dihapus secara permanen. File yang tersimpan di dalam RAM ini sendiri biasa disebut dengan file cache, ada pula yang menyebutnya dengan file sampah.

Berbicara mengenai file cache yang tersimpan di RAM bisa terdiri dari banyak hal, salah satunya adalah informasi dari internet. Anda pasti pernah kan mengakses sebuah situs penyedia informasi melalui browser Chrome misalnya. Saat anda keluar dari situs tersebut dan menutup browser Chrome biasanya situs tersebut akan tetap tersimpan di RAM. Dan saat Anda membuka browser Chrome kembali, Anda masih bisa mengakses situs yang diclose tadi melalui menu histori. Hebatnya, situs tersebut tetap bisa Anda akses meskipun tanpa menghubungkan perangkat PC atau laptop tersebut ke jaringan internet.

Inilah yang dinamakan dengan file cache dan umumnya akan disimpan secara langsung di RAM. Selain informasi dari internet pada Google Chrome tersebut, file cache juga bisa berupa hal lainnya. Misalnya saja data aplikasi atau software di komputer saat Anda menjalankannya. RAM akan menyimpan secara otomatis aktivitas menjalankan software tersebut. Nantinya file software tersebut akan digunakan saat Anda membuka software tadi di momen kedua sehingga loadingnya lebih cepat.

Baca juga : Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah

Saat File Cache Memenuhi RAM, Apakah Bisa Membuat Performa Komputer Melambat?

RAM sejatinya punya kapasitas tersendiri di masing-masing perangkat komputer. RAM ini sendiri dihadirkan untuk fungsi mempercepat performa multitasking perangkat komputer. Namun, saat RAM sudah terlalu penuh dengan file cache, tentu hal tersebut akan membuat performa PC menjadi menurun. Tidak sampai di situs saja, terkadang RAM yang penuh juga bisa menyebabkan error pada komputer. Misalnya saja saat menjalankan software tertentu, tiba-tiba mengalami force close atau keluar dengan sendirinya.

Lantas, Bagaimana Cara Menghapus File Cache di RAM

Untuk menghapus file cache yang menumpuk di RAM caranya sangat mudah, yakni dengan melakukan RESTART komputer atau PC. Dengan cara ini RAM akan kembali kosong dan performa kinerja komputer pun menjadi lebih cepat dan efisien.

Baca juga : Komputer Penyedia Informasi yang Dapat Diakses di Internet Disebut? Ini Jawabannya

Sudah tahu kan jawaban dari “ Perangkat keras komputer untuk menyimpan informasi dari internet adalah “. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *