Cara Mengatasi Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 8

Diposting pada 18 views

Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 8 – Jaringan komputer sangat penting perannya dalam sebuah perkantoran ataupun instansi. Yang mana fungsi dibuatnya sebuah jaringan komputer tersebut yakni untuk mempermudah kita dalam hal sharing data. Sharing data ini sendiri tidak hanya berupa file saja, melainkan bisa juga perangkat keras yang memungkinkan digunakan bersama-sama. Sebagai contohnya yakni printer yang dishare untuk semua perangkat komputer dalam satu jaringan.

Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 8

Membuat sebuah jaringan komputer sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Apalagi bagi Anda yang memang lulusan SMK jurusan Komputer dan jaringan, membuat sebuah jaringan adalah hal wajib yang harus dipahami. Namun, terkadang sebuah jaringan komputer mengalami error yang mungkin tidak semua orang bisa mengatasinya. Salah satu error yang sering terjadi yakni kita tidak bisa melihat komputer lain di network Windows 8. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini!

Baca juga : Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network

Cara Mengatasi Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 8

Masalah komputer Windows 8 tidak bisa melihat komputer lain di network seperti ini sering terjadi jika komputer client tersebut menggunakan OS Windows 7 ke bawah. Mungkin karena kompatibility atau apapun itu, hal ini sering di alami oleh banyak pengguna. Sudah melakukan sharing data dengan benar, namun ternyata masalah tersebut sama sekali belum terpecahkan.

Dalam hal ini komputer dengan Windows 8 adalah bertindak sebagai komputer server. Dan komputer lain yang bertindak sebagai clientnya menggunakan OS Windows 7 ke bawah. Menurut informasi yang kami lansir dari forum TechNet Microsoft, masalah tidak bisa melihat komputer lain di network Windows 8 ini disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa faktor yang menyebabkan masalah tersebut, antara lain:

  • Infastruktur jaringan yang sedang bermasalah.
  • Bandwidth yang terbebani oleh trafik yang sangat padat.
  • Terserang jenis virus tertentu yang mengganggu jaringan komputer.

Setidaknya ada 3 penyebab di atasnya yang paling sering membuat permasalahan pada windows 8 yang tidak bisa melihat komputer lain di networknya. Dari penyebab tersebut tentunya bisa dengan lebih mudah melakukan perbaikan untuk masalah yang terjadi. Adapun beberapa cara untuk mengatasi masalah tidak bisa melihat komputer client di network Windows 8, antara lain:

Baca juga : Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 7

1. Memeriksa koneksi jaringan

Cara yang pertama untuk mengatasi Windows 8 tidak bisa melihat komputer lain di network yakni dengan memeriksa koneksi jaringannya. Cobalah untuk mengecek koneksi jaringan dari satu titik ke titik lain agar bisa menemukan akar permasalahannya. Untuk pengecekannya bisa dengan melakukan PING. Dari hasil PING tersebut Anda fokus pada waktu tempuh data yang biasanya dilambangkan dengan satuan ms.

Jika waktu tempuh datanya terbilang cukup tinggi, berarti benar masalah ada pada koneksi jaringan. Untuk cara perbaikannya Anda bisa mengecek pada komponen hub atau switch. Jika memang tidak ada masalah pada perangkat tersebut, kemungkinan juga ada bagian kabel yang terkelupas. Cobalah untuk mengecek dengan lebih teliti dari lini ke lini.

2. Memantau trafik jaringan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masalah tidak dapat melihat komputer lain di network Windows 8 yakni karena padatnya trafik. Trafik yang padat tersebut berakibat pada bandwidth yang menjadi semakin terbebani.

Untuk mengetahui lalu lintas atau trafik jaringan ini Anda bisa menggunakan software atau tools khusus yang fungsinya untuk memonitoring tarfik jaringan. Dari sini kita bisa tahu apakah yang menjadi masalah adalah trafik jaringan yang padat atau tidak.

3. Menggunakan antivirus terbaik

Dan cara yang terakhir adalah dengan menggunakan antivirus terbaik yang dilengkapi dengan fitur tangguh. Pastikan juga Anda selalu melakukan update antivirus ke versi terbaru dari developer resmi. Jangan menggunakan antivirus bajakan yang umumnya tidak dilengkapi dengan fitur terbaik. Menggunakan antivirus versi terbaru akan memungkinkan Anda mendapatkan virus definition yang up to date.

Baca juga : Cara Mengetahui iP Address Komputer Lain Dalam Satu Jaringan

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi tidak bisa melihat komputer lain di network Windows 8 paling mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *