Cara Mengatasi Bootloop pada Smartphone Dengan Benar

2 min read

Cara Mengatasi Bootloop pada Smartphone Android-Bootloop adalah suatu kondisi,dimana smartphone yang berbasis android tidak dapat melewati proses booting atau tidak bisa masuk ke dalam homescreen.

Biasa nya bootloop terjadi pada smartphone Android yang mengalami error,bisa saja setelah anda mengganti ROM bawaan smartphone,melakukan upgrade software Android secara manual dan bisa saja karna mengedit file system hingga terdapat kesalahan dalam file tersebut. Smartphone android yang mengalami masalah bootloop secara terus-menerus akan menampilkan loading saat smartphone akan dihidupkan dan tidak akan bisa melewati loading dan pada akhirnya tidak akan bisa untuk masuk ke dalam homescreen.

Baca Juga : 5 Tips Tersembunyi Dibalik Android Lollipop

Biasanya orang yang sering mengalami masalah bootloop tersebut merupakan orang yang sedang belajar dan mencoba untuk bereksperimen dan menciptakan hal-hal yang baru pada smartphone Android mereka. Tanpa terkecuali mereka para pengguna produk dari Lenovo, Smartfren Andromax, Samsung, Advan, Asus , Oppo, dan produk lainnya.

Kenapa Smartphone Android bisa bootloop dan juga tidak menampilkan tampilan sistem dengan baik.
Namun jika anda meneliti secara lebih dalam lagi, hal seperti ini dapat disebabkan karna beberapa faktor. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas terdapat file dari aplikasi yang rusak, cara menginstall firmware yang salah, terdapat virus atau bahkan malware, terdapat beberapa file sistem yang rusak pada Custom ROM sehingga anda memaksakan system supaya terpasang padahal hardware dari Smartphone android sudah tidak compatible untuk sistem tersebut. Lalu,bagaimana cara mengatasi smartphone yang mengalami bootloop?

Jika smartphone anda sedang dalam keadaan bootloop,atau Android gagal masuk homescreen,home SmallSeoTools.com
screen tidak dapat terbuka dan hanya berhenti pada animasi logo dari merk smartphone Android anda, simak beberapa tips berikut ini.

Matikan smartphone Android anda. 

 Cabut baterai smartphone, kartu SIM dan juga Micro SD (Memory External) lalu setelah itu biarkan hingga beberapa menit agar smartphone android tidak menerima energi dari baterai tersebut .

Setelah itu anda bisa memasangkan baterai dan coba hidupkan kembali.
Masuk ke dalam Stock Recovery di android Fitur ini biasanya sering disebut sebagai Stock Recovery Mode. Agar bisa masuk ke dalam mode ini, pastikan smartphone Android dalam keadaaan mati,setelah itu kemudian tekan beberapa tombol kombinasi agar Android bisa masuk ke system recovery mode. Hal terpenting yang perlu anda perhatikan, setiap vendor atau produk Smartphone Android mempunyai kombinasi tombol yang berbeda-beda. Seperti contoh:

jika anda menggunakan Android dari Samsung biasa nya hanya dengan menekan beberapa tombol kombinasi seperti Volume Up + Home + Power secara bersama, tunggu hingga beberapa detik, maka smartphone android samsung anda akan masuk ke dalam recovery mode.
Jika anda sudah masuk ke dalam recovery mode,pilih “Wipe data atau factory reset” dengan cara menekan volume down. Langkah ini dapat membuat smartphone Android Anda kembali ke dalam pengaturan semula. Semua data dan juga file yang ada di memori internal akan terhapus.

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Android Yang Sering Hang

Setelah itu, kemudian pilih Reboot System Now.
Lanjutkan dengan masuk kedalam Custom Recovery.
Jika Android sudah di root atau sudah mengganti custom atau memodifikasi ROM. Coba masuk dalam CWM recovery mode. Yaitu dengan cara,matikan smartphone lalu cabut battery Android hingga beberapa detik agar smartphone tidak menerima energi lalu pasangkan kembali battery tersebut.

Tekan lagi tombol kombinasi tadi untuk bisa masuk ke dalam CWM Recovery Mode.
Setelah anda berhasil masuk pada recovery mode,anda bisa memilih Wipe Data atau Factory Reset.
Apabila diminta untuk mengkonfirmasi tekan Yes.
Setelah itu arahkan kemudian pilih menu dan pilih Advanced kemudian pilih Wipe Dalvik Cache.
Apabila diminta untuk mengkonfirmasi tekan Yes.
Setelah itu cari dan kemudian tekan Mounts and Storage kemudian tap pada pilihan Format Data dan Format Cache. Hal ini berguna untuk menghapus data dan juga cache dari Android Samsung anda.
Langkah terakhir pilih reboot.

Dengan cara melakukan langkah diatas, Smartphone atau Android biasa nya akan melakukan booting dengan lancar. Seoerti yang saya jelaskan diatas itu untuk mengatasi bootloop pada Smartphone Android dengan cara menghapus data dan juga cache pada system tersebut. Dan juga melakukan Factory Reset agar Smartphone Android Anda bisa kembali seperti baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *