Apa yang Kamu Ketahui Tentang Jenis-jenis Jaringan Komputer? Ini Jawabannya

Diposting pada 157 views
Apa yang Kamu Ketahui Tentang Jenis-jenis Jaringan Komputer?

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Jenis-jenis Jaringan Komputer? – Komputer merupakan salah satu perangkat teknologi yang punya fungsi cukup canggih dan bisa memudahkan aktivitas harian penggunanya. Komputer sendiri sudah berkembang dengan sangat pesat, dari yang pertamanya memiliki bentuk yang sangat besar, sekarang sudah semaki dibuat praktis sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana. Bentuk komputer yang paling praktis sekarang ini diberi nama laptop.

Berbicara mengenai komputer pasti tidak jauh kaitannya dengan jaringan. Khususnya bagi kamu yang sekarang ini memang mendalami ilmu jaringan komputer, jenis-jenis jaringan komputer wajib untuk diketahui. Kita sering mendapatkan pertanyaan “ Apa yang kamu ketahui tentang jenis-jenis jaringan komputer? “. Pertanyaan yang simple namun terkadang membuat kita bingung untuk menjawabnya. Agar tidak bingung lagi, berikut ini sudah kami rangkumkan mengenai jenis-jenis jaringan komputer yang ada dan sering digunakan sekarang ini.

Baca juga : Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Jenis-jenis Jaringan Komputer?

Kembali ke pertanyaan di atas, di sini kamu sebenarnya bisa menjawabnya dengan mudah. Tinggal langsung menjelaskan  jenis-jenis jaringan komputer yang ada. Meski demikian, tidak semua orang tahu apa saja jenis dari jaringan komputer yang paling banyak digunakan sekarang ini. Salah satunya yakni jaringan LAN atau Local Area Network. LAN sendiri merupakan jaringan komputer yang paling umum kita temukan dan sering digunakan pada Warnet, rumah, hingga sekolah.

Selain itu, masih ada beberapa jenis jaringan komputer lain yang harus kamu tahu, diantaranya:

1. LAN (Local Area Netowork)

Jenis jaringan komputer yang paling banyak digunakan sekarang ini yakni jaringan LAN atau Local Area Network. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jaringan LAN sendiri biasanya digunakan untuk jaringan dengan cakupan kecil. Biasanya jaringan LAN ini diterapkan di sekolah, lembaga, rumah dan juga warnet.

Jaringan LAN juga dianggap paling mudah dalam hal instalasi, sehingga banyak orang yang bisa mempelajarinya dengan mudah. Untuk media sambungannya sendiri, jaringan LAN umumnya menggunakan kabel ethernet. Kabel tentunya harus dipasang konektor dengan tipe tertentu sesuai dengan perangkat yang ingin disambungkan.

2. PAN (Personal Area Network)

Sesuai dengan namanya, jenis jaringan komputer satu ini hanya berfungsi untuk cakupan area perorangan saja. Konsepnya hampir sama dengan jaringan LAN, yang membedakan hanya cakupannya tersebut. Selain itu, jaringan PAN juga punya cakupan yang lebih kecil dari LAN yakni hanya mampu mencapai jarak maksimal 10 meter saja.

Jika pada jaringan LAN kamu diharuskan menggunakan kabel ethernet sebagai sambungannya, berbeda lagi dengan jaringan PAN. Dalam jaringan PAN kamu bisa menyambungkan antar perangkat komputer menggunakan mode Bluetooth. Perangkat komputer yang tergabung di jaringan PAN memungkinkan untuk melakukan pengiriman video, dokumen, foto dan jenis file lainnya dengan cepat dan efisien.

Baca juga: Cara Membersihkan Virus di Laptop Paling Efektif

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Jenis jaringan komputer yang juga banyak digunakan yakni jaringan MAN atau yang memiliki kepanjangan Metropolitan Area Network. Jenis jaringan satu ini memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan LAN ataupun PAN. Jaringan MAN ini sendiri bisa mencakup hingga satu kota atau daerah.

Selain itu, jaringan MAN biasanya juga punya koneksi internet yang lebih besar dibandingkan LAN. Dan juga, jaringan MAN juga bisa digunakan untuk beberapa jaringan Lan sehingga bisa mencapai ke suatu kota.

4. WAN (Wide Area Netword)

Kali ini ada jaringan WAN atau yang memiliki kepanjangan Wide Area Network. Jaringan satu ini bisa dibilang punya cakupan yang sangat luas, berbeda dengan tiga jenis jaringan sebelumnya. Jika jaringan MAN hanya bisa mencakup satu kota atau daerah saja, jaringan WAN mampu mencakup hingga satu negara atau bahkan seluruh negara di dunia.

Cakupannya memang sangat luas dan umumnya jenis jaringan ini biasa digunakan urusan bisnis antar negara. Konsep dari jaringan WAN ini bisa dibilang mirip dengan jaringan MAN, sehingga jaringan WAN juga bisa menyambungkan ke beberapa jaringan MAN.

Baca juga: Cara Menyambungkan Laptop ke Tv Dengan Benar

Sudah tahu jawaban yang tepat untuk pernyataan “ Apa yang kamu ketahui tentang jenis-jenis jaringan komputer? “. Sekrang kamu tidak perlu bingung lagi untuk menjawab jika ada seseorang atau guru yang memberikan pertanyaan tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat.

3 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *