7 Aplikasi Perekam Layar Laptop Terbaik 2020

Diposting pada 136 views

Aplikasi Perekam Layar Laptop – Merekam layar laptop sering dilakukan oleh beberapa orang untuk tujuan tertentu. Misalnya saat ingin membuat video tutorial melalui laptop. Selain itu, merekam layar di laptop juga sering dilakukan oleh para pembuat video Youtube sebagai konten di akun Youtube-nya. Apapun tujuannya, yang pasti merekam layar laptop ini cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan bagi Anda yang masih pemula sekali pun bisa melakukannya dengan mudah.

Untuk melakukan perekaman layar laptop, kita membutuhkan yang namanya software pihak ketiga. Aplikasi untuk merekam layar laptop ini sendiri sering dikenal dengan sebutan aplikasi screen recorder. Aplikasi semacam ini cukup banyak jenisnya dan Anda bisa menemukannya dengan mudah di internet. Beberapa aplikasi ada yang disediakan secara gratis dan ada pula yang berbayar. Masing-masing aplikasi tentunya punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda yang juga kebetulan sedang mencari aplikasi perekam layar, berikut ini wapedia rekomendasi aplikasi perekam layar laptop terbaik yang bisa Anda pilih dan gunakan.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Laptop Terbaik 2020

1. CamStudio

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Rekomendasi aplikasi perekam layar laptop paling bagus yang pertama yakni CamStudio. Aplikasi satu ini menjadi salah satu yang paling populer dan banyak digunakan sekarang ini. Dibekali dengan tampilan antaramuka yang sederhana sehingga membuatnya mudah untuk dioperasikan. Bahkan bagi Anda yang masih pemula sekali pun tidak akan kesulitan untuk menggunakannya.

Aplikasi CamStudio ini mampu menghasilkan rekaman video layar yang berkualitas bagus, baik saat game recording maupun aktivitas perekaman layar lainnya. Anda juga memungkinkan untuk menambahkan caption pada bagian atas video. Dan menariknya lagi, Anda juga bisa mengubah format video rekaman layar dengan mudah dan cepat.

2. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Jika Anda sedang mencari aplikasi rekam layar laptop gratis, aplikasi Apowersoft Free Online Screen Recorder ini bisa dijadikan pilihan terbaik. Meskipun bersifat gratis, namun hasil video rekaman layar dari aplikasi ini tidak disertai dengan watermark. Hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri dari aplikasi satu ini. Merekam layar melalui aplikasi ini juga memungkinkan Anda menyimpannya ke dalam berbagai format video, mulai dari format MP4, AVI, WMV, MOV dan lain sebagainya. Untuk menggunakan format video tertentu, Anda diharuskan menginstall plugin dari masing-masing format.

Selain mudah digunakan, aplikasi Apowersoft Free Online Screen Recorder ini juga menyediakan fitur yang cukup kaya. Salah satunya fitur untuk mengedit video hasil rekaman layar. Jadi, sebelum benar-benar menyimpannya Anda bisa melakukan editing video terlebih dahulu.

3. Bandicam Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Berikutnya ada aplikasi perekam layar pada laptop yang bernama Bandicam Screen Recorder. Aplikasi satu ini juga tidak kalah populer dan mumpuni saat digunakan untuk merekam layar laptop. Aplikasi satu ini cukup handal saat digunakan untuk merekam aktivitas gaming hingga live streaming. Tetapi sayangnya, hasil video rekaman layar dari aplikasi ini hanya mendukung 2 format saja, yakni format AVI dan MP4.  

Di dalam aplikasi juga dibekali dengan berbagai fitur keren dan menarik. Salah satunya fitur yang diberi nama live drawing, di mana fitur satu ini memungkinkan Anda untuk menggambar sesuai di area tertentu langsung saat proses perekaman layar. Selain itu, tersedia pula fitur perekaman suara real-time yang memungkinkan Anda merekam suara saat perekaman layar.

4. Action!

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Rekomendasi aplikasi untuk merekam layar laptop terbaik berikutnya yakni Action!. Aplikasi satu ini memungkinkan Anda melakukan streaming secara real-time serta dengan kualitas yang unggulan. Selain itu, aplikasi Action! Diklaim mampu menghasilkan video rekaman dengan resolusi HD hingga FHD atau 1080p. Resolusinya yang cukup besar ini tentunya akan membuat hasil videonya tampak sangat jernih dan detail.

Aplikasi Action! sendiri juga dibekali dengan antarmuka sederhana dan simple sehingga membuatnya mudah untuk digunakan oleh pengguna awam sekalipun. Meskipun tampilannya sederhana, namun untuk urusan fitur di dalamnya cukup kaya. Salah satu fiturnya tersebut yakni fitur pengambilan gambar (screenshot) dengan cepat pada saat perekaman layar berlangsung. Untuk hasil video perekamannya sendiri bisa dijadikan format AVI maupun MP4. Aplikasi satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin membuat rekaman video gaming ataupun tutorial lainnya.

5. TinyTake

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Satu lagi aplikasi perekam layar laptop gratis terbaik dan populer berikutnya yakni bernama TinyTake. Ya, aplikasi satu ini bisa Anda gunakan secara gratis namun dengan fiturnya yang agak terbatas. Jika Anda ingin menikmati semua fitur menarim yang disediakan di dalamnya, maka bisa membeli aplikasi TinyTake versi berbayar. Pada versi berbayar Anda juga memungkinkan untuk menikmati fitur anotasi yang jarang ditemukan di aplikasi lainnya.

Merekam layar laptop menggunakan aplikasi TinyTake, Anda hanya dibatasi selama 5 menit untuk melakukan perekaman. Dengan demikian, setiap 5 menit berlalu Anda harus melakukan perekaman ulang. Aplikasi TinyTake juga tidak menyertakan watermark pada hasil videonya. Pengguna juga diberikan ruang penyimpanan berbasis cloud seluas 2GB secara gratis. Aplikasi satu ini juga dibekali dengan antarmuka yang cukup user-friendly sehingga sangat mudah untuk digunakan.

6. Ezvid Video Maker

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Pilihan aplikasi untuk rekam layar laptop berikutnya yakni bernama Ezvid Video Maker. Aplikasi satu ini paling cocok dipilih bagi Anda yang ingin merekam layar pada bagian-bagian tertentu saja. Jadi, hanya area layar yang ditentukan saja nantinya yang akan direkam aktifitasnya oleh aplikasi satu ini. Untuk hasil video perekaman layarnya terbilang sangat berkualitas. Anda juga memungkinkan untuk menambahkan beberapa elemen pada video, mulai dari judul, deskripsi, meta hingga kata kunci dari video rekeman layar.

Meskipun dibekali user interface yang sederhana, namun di dalamnya dibekali dengan banyak sekali fitur menarik. Salah satunya yakni fitur auto-save, di mana fitur ini memungkinkan langsung menyimpan video saat Anda memulai perekaman. Selain itu, ada pula fitur voice synthesis. Fitur satu ini memiliki kemampuan untuk menjernihkan suara saat melakukan perekaman layar.

Bagi Anda yang suka menggunggah video tutorial di Youtube juga sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi satu ini. Pasalnya, di dalamnya terdapat fitur yang memungkinkan Anda langsung mengupload hasil rekaman layar ke platform Youtube. 

7. ShadowPlay

Aplikasi Perekam Layar Laptop

Dan rekomendasi aplikasi perekam layar laptop paling bagus yang terakhir yakni ShadowPlay. Aplikasi satu ini diklaim sebagai salah satu yang terbaik dalam hal perekaman layar. Pasalnya, ShadowPlay mampu menghasilkan video rekaman layar dengan kualitas yang jernih dan detail. Tidak heran, karena memang aplikasi screen recording satu ini dibuat oleh NVIDIA.

Menariknya lagi, aplikasi satu ini juga memiliki kemampuan untuk merekam layar secara mundur selama kurang lebih 20 menit. Cara perekaman ke belekang tersebut yakni dengan tombol shortcut sebagai penanda akhir video. Aplikasi satu ini sangat cocok untuk merekam layar dalam berbagai aktivitas, seperti gaming, streaming ataupun membuat tutorial.

Itulah tadi yang watpedia dapat sampaikan beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar laptop terbaik tahun 2020 yang bisa Anda jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *