Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Sampai bersih

Diposting pada 53 views

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android – Smarphone android sudah menjadi perangkat elektronik yang paling digandrungi di jaman sekarang ini. Kegunaannya yang sangat beragam menjadi salah satu alasan banyak orang ingin memilikinya. Selain itu, cara mengoperasikannya juga terbilang sangat mudah sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan lansia bisa mengoperasikannya dengan mudah. Apalagi sekarang ini para vendor berlomba-lomba menghadirkan produk smartphone canggih dengan harga murah, semakin membuat banyak orang tertarik untuk membelinya.

Saat mengoperasikan smartphone android, kenyamanan menjadi hal yang paling diutamakan. Ada beberapa hal yang terkadang mengganggu kenyamanan pengguna saat mengoperasikan smartphone android. Salah satunya yakni munculnya iklan secara tiba-tiba di layar HP. Iklan yang muncul ini sendiri terdiri dari beberapa jenis, mulai dari iklan foto atau teks, video, banner, hingga iklan pop up. Kemunculan iklan saat mengoperasikan HP android memang cukup membuat kesal. Lantas, bagaimana cara menghilangkan pop up iklan di android tersebut?

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Iklan yang muncul saat browsing di internet mungkin menjadi hal yang wajar. Namun, bagaimana jika iklan yang muncul justru saat kita tidak sedang membuka browser? Misalnya saja iklan pop yang tiba-tiba muncul di layar menu utama HP.  Tentunya hal ini akan membuat kita kesal. Selain itu, beberapa pengguna terkadang menganggap kalau HP androidnya tersebut sudah rusak.

Iklan pop up yang muncul di layar utama HP seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni karena HP terserang virus berjenis Adware. Jenis virus satu ini kerap kali ditemukan pada HP android, di mana virus tersebut akan menampilkan iklan tanpa diketahui penyebabnya. Selain itu, iklan yang muncul di layar HP juga bisa disebabkan oleh aplikasi tertentu. Ada beberapa jenis aplikasi yang berjalan di latar belakang, yang mana pada waktu tertentu ia akan menampilkan iklan.

Adapun cara menghilangkan pop up iklan di Android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus atau uninstall aplikasi terbaru

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, iklan pop up yang sering muncul di layar utama HP salah satunya disebabkan oleh aplikasi tertentu. Jika iklan yang muncul tersebut terjadi ketika Anda selesai menginstall aplikasi tertentu, kemungkinan besar penyebabnya aplikasi yang baru diinstall tersebut. Karena itulah, cara terbaik untuk mengatasi masalah munculnya iklan pop tersebut yakni dengan menghapus atau uninstall aplikasi tadi.

Untuk melakukan uninstall aplikasi caranya sangat mudah, yakni:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang Anda cari dan klik pada aplikasi yang dicurigai menjadi penyebab munculnya iklan pop up di layar utama HP.
  • Dan terakhir klik tombol Uninstall atau Hapus Instalasi.
  • Selesai

Setelah melakukan uninstall aplikasi yang dicurigai tadi, selanjutnya Anda lakukan restart HP android. Lihat apakah iklan pop up masih tetap muncul atau tidak. Jika memang masih ada, maka Anda perlu mencari aplikasi lain yang kiranya mencurigakan menjadi penyebabnya. Lakukan uninstall lagi pada aplikasi lain yang dicurigai tersebut seperti langkah di atas.

2. Memanfaatkan aplikasi antivirus

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Iklan pop up yang sering muncul juga bisa disebabkan oleh virus tertentu yang sudah menyusup. Karena itulah, untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan yang namanya aplikasi antivirus. Beberapa jenis antivirus memang dibekali dengan fitur khusus yang bisa melakukan scanning virus adware dan malware dan nantinya virus tersebut akan dihapus dari perangkat HP android.

Mengenai aplikasi antivirus untuk mengatasi adware dan malware tersebut ada banyak jenisnya. Namun, hanya beberapa aplikasi antivirus saja yang diklaim memiliki kemampuan terbaik. Salah satu aplikasi antivirus yang paling kamu rekomendasikan untuk Anda pilih yakni Malwarebytes https://www.malwarebytes.com/premium/. Aplikasi satu ini dilengkapi dengan fitur yang cukup kaya dan kemampuan yang handal.

Untuk menggunakan antivirus satu ini terbilang sangat mudah, pasalnya aplikasi tersebut dibekali dengan antarmuka sederhana. Tinggal Anda install aplikasi tersebut di HP android seperti biasa, kemudian langsung jalankan. Klik tombol Pindai untuk mulai melakukan scanning virus. Prosesnya biasanya tidak terlalu lama, tergantung kapasitas storage yang ada di HP android Anda.

3. Menggunakan aplikasi blokir iklan

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Cara menghilangkan iklan pop up di HP android berikutnya yakni dengan memanfaatkan aplikasi khusus yang bisa memblokir iklan. Aplikasi semacam ini biasa dikenal dengan aplikasi AdBlock. Sama seperti sebelumnya, aplikasi blokir iklan di HP android ini sendiri cukup banyak jenisnya. Anda bisa memilih salah satu aplikasi AdBlock yang dianggap paling  bagus dan handal.

Dari sekian banyaknya aplikasi untuk blokir iklan di android, salah satunya yang paling direkomendasikan yakni AdAway https://adaway.org/. Aplikasi satu ini cukup handal dalam memblokir iklan yang muncul di layar utama HP. Selain itu, iklan di browser, aplikasi dan game juga memungkinkan untuk diblokir oleh aplikasi satu ini. Berbeda dengan aplikasi AdBlock lainnya, AdAway bekerja dengan cara memblokir iklan melalui file host yang dimodifikasi.

4. Melakukan factory reset HP android

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Jika sudah melakukan beberapa cara di atas namun belum bisa mengatasi iklan pop up yang sering muncul, maka cara satu ini bisa menjadi alternatifnya. Melakukan factory reset akan mampu menghilangkan iklan pop up, serta mengatasi beberapa masalah error pada HP. melakukan factory reset berarti Anda akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Dengan demikian, semua data hingga aplikasi yang ada di dalamnya akan dihapus secara permanen.

Jika ingin melakukan factory reset, sebaiknya Anda lakukan backup data terlebih dahulu agar tidak ada data penting yang hilang. Selain bisa mencegah iklan pop up muncul di layar utama HP,  cara ini juga akan membuat performa kinerja HP menjadi cepat dan maksimal layaknya HP baru. Untuk melakukan factory reset caranya sangat mudah, yakni:

  • Pertama Anda masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Scroll ke bawah lalu pilih opsi Backup and reset.
  • Pilih opsi Cadangkan & Setel Ulang.
  • Lanjut dengan memilih opsi Factory Data Reset.
  • Dan terakhir pilih opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Selesai.

Selain bisa dilakukan melalui menu Pengaturan, factory reset juga bisa Anda lakukan melalui Recovery mode. Cara ini juga dianggap lebih efektif dibandingkan reset HP melalui menu Pengaturan.

5. Melakukan flashing HP android

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Dan cara menghilangkan pop up iklan di android paling ampuh yang terakhir yakni dengan melakukan flashing HP android. Flashing HP tidak hanya bisa dilakukan untuk mengatasi sistem android yang bermasalah, tetapi juga bisa menghilangkan iklan pop up. Pasalnya, melakukan flashing HP berarti Anda akan mengganti sistem android lama ke sistem android baru.

Itulah tadi watpedia mengabarkan beberapa cara menghilangkan pop up iklan di android paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *