Cara Bikin Aplikasi Android untuk Pemula yang Mudah

Diposting pada 130 views

Cara Bikin Aplikasi Android – Dewasa ini dunia aplikasi android sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Terbukti di Google Play Store ataupun penyedia aplikasi android lain kita bisa menemukan banyak sekali aplikasi di dalamnya. Setiap aplikasi android tersebut memiliki fungsi atau kegunaannya tersendiri. Yang pasti, kehadirannya tersebut tidak lain untuk mempermudah aktivitas harian para pengguna smartphone android. Tetapi, sebaiknya Anda hanya menginstall aplikasi dari Google Play Store saja. Pasalnya, aplikasi yang ada di sana sudah melewati berbagai tes dan pemeriksaan sehingga terjamin keamanannya.

Melihat konsumsi aplikasi android yang cukup tinggi, terkadang membuat beberapa orang penasaran dengan cara pembuatannya. Kebanyakan dari mereka berpikir cukup rumit untuk membuat aplikasi android. Padahal tidak, jika memang ingin berusaha belajar maka Anda yang masih pemula pun bisa membuat aplikasi android. Apakah Anda juga salah seorang yang penasaran dengan cara pembuatan aplikasi android? Tenang saja, di bawah ini sudah watpedia rangkumkan bagaimana cara bikin aplikasi android khusus untuk para pemula.

Cara Bikin Aplikasi Android untuk Pemula yang Mudah

Cara Bikin Aplikasi Android

Untuk bisa membuat aplikasi android, kita dituntut untuk mengerti bahasa pemrograman. Tentunya hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun tergantung juga dengan kemauan kita untuk belajar. Jika memang tekun, untuk bisa membuat aplikasi android akan terasa lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika sudah bisa membuat aplikasi android sendiri, nantinya bisa Anda daftarkan di Google Play Store untuk nantinya mendapatkan penghasilan.

Membuat aplikasi android juga membutuhkan beberapa bahan dan alat tempurnya. Ada banyak sekali aplikasi atau tools yang didesain khusus untuk digunakan dalam pembuatan aplikasi android. salah satunya yang paling populer dan banyak digunakan para developer yakni Aplikasi Android Studio. Aplikasi satu ini didesain khusus untuk memudahkan para developer dalam membuat aplikasi android. di dalamnya juga disediakan banyak sekali fitur terbaik untuk pembuatan aplikasi android.

Dan pada artikel kali ini kami hanya akan menjelaskan langkah dasar membuat aplikasi menggunakan Android Studio. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

1. Menginstall Software JDK (Java Development Kit)

Cara bikin aplikasi android yang pertama Anda perlu menyiapkan tools bernama Java Development Kit. Sebagai pembuat aplikasi, Anda harusnya sudah kenal dengan software satu ini. Jika belum, maka Anda perlu mempelajari fitur-fitur yang disediakan di dalamnya terlebih dahulu hingga betul-betul paham.

Software JDK atau Java Development Kit ini sendiri biasa digunakan programer untuk melakukan kompilasi dari bahasa pemrograman java ke bahasa pemrograman bytcode. Peranannya sangat penting dalam hal pembuatan aplikasi android itu sendiri.

2. Install Aplikasi Android Studio

Cara Bikin Aplikasi Android

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Android Stusio merupakan aplikasi IDE atau Integrated Development Environtment yang khusus dibuat untuk memudahkan developer untuk membuat sebuah aplikasi android. Penggunaannya terbilang cukup mudah, membuatnya menjadi pilihan tools utama bagi para developer.

Tidak sampai di situ saja, di dalam aplikasi Android Studio ini juga dibekali dengan banyak sekali fitur menarik yang semakin memudahkan para developer dalam membuat aplikasi android.

3. Membuat Interface dan Struktur Project

Setelah menyiapkan kedua alat temput di atas, untuk memulai membuat aplikasi android Anda perlu memikirkan interface dan struktur projectnya. Membuat interface dan struktur project ini dibutuhkan agar Anda tidak bingung nantinya dalam membuat aplikasi.

Sekarang Anda jalankan tools atau aplikasi Android Studionya. Selanjutnya Anda klik Start a new Android Studio Project untuk mulai membuat aplikasi android.

4. Membuat Linier Layout

Selanjutnya yakni membuat linier layout yang bisa anda tentukan sesuai keinginan. Linier layout ini sendiri merupakan kelompok tampilan yang membuatnya tampil satu arah yang sama alias sejajar. Anda bisa memilih sendiri arah layoutnya ingin vertikal maupun horizontal. Pemilihan layout ini sendiri bisa disesuaikan dengan konsep aplikasi yang sudah Anda pikirkan sebelumnya.

5. Membuat Relative Layout

Selain linier layout, ada pula realtive layout yang juga harus Anda pahami jika ingin membuat aplikasi android. Relative layout ini sendiri merupakan salah satu tampilan group struktur kode yang dibuat secara relative. Group struktur kode ini juga memungkinkan untuk mengatur komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Jika Anda masih bingung mengenai realtive layout, berikut ini kami beri contohnya:

<RelativeLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”

android:id=”@+id/activity_main”

android:layout_width=”match_parent”

android:layout_height=”match_parent”

android:background=”#dce0e8″>

Hanya dengan 5 langkah di atas sebenarnya Anda sudah bisa membuat aplikasi android. Selebihnya Anda tidak mengeksplore-nya sendiri agar aplikasi yang ingin dibuat bisa Anda wujudkan. Selain aplikasi Android Studio, masih ada pilihan aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi android.

Rekomendasi Tools untuk Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Cara Bikin Aplikasi Android

Jika memang menurut Anda cukup rumit membuat aplikasi android menggunakan Android Studio, maka tools di bawah ini bisa menjadi alternatifnya. Tools-tools berikut ini tidak memerlukan coding dalam hal pembuatan aplikasinya. Jadi, Anda tidak perlu lagi bingung dengan bahasa pemrograman yang terbilang rumit. Adapun tools untuk membuat aplikasi android tanpa coding selengkapnya, sebagai berikut:

1. AppMachine

Cara Bikin Aplikasi Android

Tools untuk membuat aplikasi android no coding yang pertama yakni AppMachine. AppMachine sendiri tersedia dalam bentuk website yang bisa Anda akses secara gratis. Salah satu kelebihan dari AppMachine yakni hasil aplikasi buatannya yang memiliki user interface sangat profesional. Selain itu, penggunaannya juga terbilang mudah, tidak heran banyak orang lebih memilih AppMachine untuk membuat aplikasi android.

Tidak hanya aplikasi android saja, situs ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi iPhone atau iOS. Di dalamnya sudah disediakan beragam fitur keren yang bisa Anda gunakan dengan hanya drag and drop. Namun, untuk membuat aplikasi di AppMachine Anda harus membayar sebesar $19 untuk paket basic (hanya pembuatan aplikasi HTML5 dan $49 untuk paket lengkap.

2. Appery.io

Cara Bikin Aplikasi Android

Berikutnya ada tools bernama Appery.io yang juga hadir dalam bentuk website. Tidak kalah dengan AppMachine, Appery.io juga terbilang sebagai tools yang banyak digunakan oleh para developer. Membuat aplikasi android melalui Appery.io bisa dilakukan berbagai perangkat apapun, bahkan penggunaannya terbilang sangat mudah. Di dalamnya juga sudah tersedia banyak sekali plugin API yang bisa digunakan untuk menyederhanakan integrasi dengan sistem enterprise dan juga cloud service.

Di situs Appery.io sendiri menyediakan sebanyak 5 paket yang bisa dipilih. Anda yang masih pemula disarankan untuk memilih paket Starter saja. Paket ini sudah termasuk gratis 1 aplikasi dengan 3 halaman android, akses 1.000.000 API Call, penyimpanan 1GB dan lain sebagainya. Untuk pilihan paket lainnya, ada paket Standard, Pro, Premium, dan juga Enterprise. Jika memang sudah yakin, Anda bisa memilih jenis paket lain yang sudah disediakan tersebut.

Itulah tadi ulasan dari watpedia cara bikin aplikasi android untuk pemula yang paling mudah bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *