Cara Instal Ulang Laptop Lengkap dan Paling Mudah

Diposting pada 124 views

Cara Instal Ulang Laptop – Kenapa laptop di instal ulang? Memang ada alasan tertentu yang mewajibkan laptop untuk di install kembali. Biasannya bagi para pengguna sendiri memutuskan untuk meningkatkan Windows terbarunya, jika awalnya menggunakan Windows 8 dan sekarang menjadi Windows 10. Untuk alasan lainnya kemungkinan windows sudah tidak jalan lagi dan juga sering terjadi error sehingga kinerja dari laptop sendiri akan lemot.

Cara Instal Ulang Laptop

Dari berbagai problem yang membuat laptop wajib untuk di install kembali, termasuk karena adannya virus maupun malware, dan juga booting sering lemot. Hal ini tentu saja laptop anda untuk di install kembali, agar laptop tidak semakin parah sehingga mengakibatkan hang dan bisa jadi rusak.

Bagaimana cara Menginstal ulang Laptop di berbagai merk? Sebenarnya kembali lagi tergantung pada masing-masing pengguna, jika anda sudah memiliki CD bisa untuk langsung di install melalui Cd-drive, sedangkan buat anda yang menggunakan flashdisk bisa dikoneksikan melalui port USB laptop.

Cara Instal Ulang Laptop

Cara Instal Ulang Laptop Lengkap dan Paling Mudah

Pastikan sebelum melakukan instal ulang di laptop, disini ada beberapa yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, yuk untuk menyingkat waktu langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :

1.Lakukan Restart Laptop

Awal mulai sebelum anda melakukan instal ulang laptop, sebaiknya lakukanlah restart laptop terlebih dahulu. Tujuan dari melakukan restart ini agar persiapannya menginstal menjadi lanjar dan yang perlu anda perhatikan kembali sebelum restart tutup semua program pada tab yang terbuka.

2.Setting BIOS Pada Laptop

Berikutnya, setelah anda melakukan restart di laptop saatnya anda masuk ke bagian setting BIOS, carannya cukup simpel pada keyboard anda bisa menekan tombol seperti F1, F2, atau Esc. Karena setiap perangkat berbeda-beda perintahnya, yang penting anda diharuskan untuk membuka halaman BIOS.

3.Melakukan Instal dengan Media Instalan

Langkah selanjutnya, anda sudah mempersiapkan media instal sesuai keinginan entah itu dengan CD Drive maupun dengan flashdisk. Tugas anda langsung menyambungkannya sesuai letaknya jika menggunakan CD bisa langsung di Drivenya sedangkan flashdisk letakkan pada port USB.

4.Setting Booting Sesuai Urutan

Kemudian jika sudah terpasang perangkat media instalannya, maka aturlah/ setting booting. Caranya sederhana dengan masuk ke halaman atau tab Boot (Device) di settingan BIOS.

Setelah itu untuk melanjutkannya anda pilih nama Boot Device Choices, perintah ini untuk menampilkan boot sesuai dengan urutannya. Sekarang ini anda tinggal mengurutkan sesuai dengan media instal yang digunakan, misalnya jika flashdisk maka geserlah ke urutan yang pertama paling atas.

5.Tombol Apa Saja Tekan

Ketika selesai mengatur BIOS di menu, sekarang anda bisa keluar dari halaman itu lalu akan keluar perintah dengan nama Press any key boot from CD or DVD. Saatnya anda bisa menunggu proses instalnya dengan menekan tombol keyboard apa saja sesuai yang anda inginkan.

6.Instal Ulang Mulai Berjalan

Jika instal ulang sudah mulai anda tinggal mengikuti perintahnya, biasannya awal pertama kali ada perintah bahasa. Pilihan anda disini menuju ke Bahasa Inggris saja, karena kebetulan belum tersedia Bahasa Indonesia, sedangkan pada perintah tulisan Time and Vurency format sudah tersedia Bahasa Indonesia.

Jika sudah selesai setting semua mulai dari bahasa pilihan maupun dari perintah Time and Vurency format tadi, sekarang ini anda melanjutkannya dengan menekan perintah Instal Now dan instal ulang sedang di proses.

7.Instal Ulang Pilihan Partisi

Langkah kali ini anda di wajibkan untuk memilih partisi untuk di instal ulang, namun jika anda ingin menghapus data yang dulu maka pilihlah yang OS dulu kemudian tekan pada system dengan memilih Drive Options, lalu untuk menghapusnya tekan format dan Klik OK untuk melanjutkannya.

Kemudian langkah yang harus anda lakukan saat ini hapus pada system reserved dan juga tak lupa pada partisi yang sudah anda format tadi, jika sudah terhapus semua keduannya maka akan menampilkan nama unlocatted space. Jadi ini tujuannya untuk membagikan partisi pada OS baru yang anda gunakan. Jika muncul halaman unlocatted space sudah benar-benar kosong atau habis, maka tekan next. Dari lamannya proses instalasi OS ini tidak lebih dari 10 detik saja ya,.

8.Berikutnya Restart Laptop

Sekarang ini laptop anda yang abis di restart akan keluar halaman bernama Press any key to boot from CD or DVD, buat anda jangan sampai menekan tombol pada keyboard apa saja, karena disini perintahnya anda hanya menunggu sampai proses instalasi selesai dan jika sudah terlihat tanda-tanda halaman baru lagi maka sudah selesai.

9.Setting Nama Pengguna Laptop/ Komputer

Cara selanjutnya setelah instalasi OS berhasil, anda tinggal mengatur mulai dari seting nama pengguna dan sekaligus juga nama laptop/ komputer anda. disini anda tidak perlu panduan yang banyak, karena mengisi nama sesuaikan dengan apa kata hati anda.

10.Giliran Mengatur Password OS

Setelah melakukan langkah setting nama pengguna dan sekaligus nama komputer, anda juga perlu mengatur Password OS laptop. Bagian ini memang yang menyukai laptop di password agar lebih aman terhadap pengguna lain nantinnya, jika tidak menambahkan password maka anda cukup melanjutkan dengan memilih next saja.

Nah, buat anda yang belum paham bagaimana laptop untuk di password, ini dia langkah mudahnya yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Siapkan nama password yang sekirannya mudah diingat oleh anda sendiri, dan sulit untuk di ketahui oleh orang lain. untuk carannya sendiri seperti biasannya hanya mengisi kotak yang disediakan untuk menulis password.

11.Product Key untuk Dimasukkan

Kali ini anda pada OS laptop bisa menulis product key, dan pastinnya hindari kesalahan menulis karakter nama maupun angka. Untuk melanjutkannya sebelum pilih next, anda hilangkan tanda centang nama Automatically activate Windows when I’m online. Bagian ini khusus yang menggunakannya product key.

12.Mengupdate Windows dan Mengatur Waktu, Tanggal

Jika anda belum mengupdate windows pada laptop, disini anda bisa melakukannya dengan memilih perintah Use recommended settings bagi yang OS asli. Sebaliknya jika tidak original maka anda cukup menekan next perintah Ask me Later.

Untuk pengaturan waktu dan tanggal, setelah melakukan penginstallan ulang. Anda cukup menyesuaikan tanggal dan waktu secara otomatis maupun pengaturan dengan cara manual.

13.Melakukan Installan untuk Komponen yang dibutuhkan

Jika semua sudah rampung dan ada satu lagi yang harus anda lakukan installan, seperti komponen pada laptop yang dibutuhkan di antarannya video, koneksi wireles network, chipset, dan lain sebagainnya.

Berbeda dengan anda yang membeli laptop baru akan mendapatkan CD Driver, dan disitu bisa langsung melalui alamat resminnya untuk anda gunakan installan. Selain itu anda juga bisa menggunakan software driver, tujuannya untuk mencari secara otomatis komponen laptop yang dibutuhkan tanpa adannya sambungan internet.

Nah, itu tadi tentang  Cara Instal Ulang Laptop Lengkap dan Paling Mudah. Semoga referensi dari watpedia bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *