Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer atau Laptop

Diposting pada 80 views

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer – Di era modern seperti sekarang ini, bisa mengoperasikan komputer atau laptop merupakan hal yang wajib. Pasalnya, hampir seluruh perusahaan atau tempat kerja memberi syarat kepada para karayawannya untuk bisa mengoperasikan komputer tersebut. Tidak hanya itu saja, di tingkat sekolah dasar saja sekarang ini sudah mulai diwajibkan bagi didik untuk bisa mengoperasikan komputer. Bisa diprediksikan beberapa tahun ke depan komputer akan menjadi perangkat elektronik yang familiar bagi masyarakat modern.

Berbicara mengenai komputer, sering dari kita menyimpan berbagai jenis file penting di dalamnya. Misalnya saja file foto, video, musik, dokumen dan berbagai jenis file lainnya. File penting tersebut biasanya tersimpan dalam folder yang disesuaikan dengan kategorinya. Terkadang file penting yang disimpan di komputer atau laptop tersebut tidak sengaja terhapus. Atau bisa juga sengaja dihapus namun ingin dikembalikan kembali. Memangnya bisa file yang sudah terhapus di komputer dikembalkan lagi? Tentu bisa. Berikut ini watpedia sudah merangkumnya cara mengembalikan file yang terhapus di komputer paling mudah bisa Anda terapkan.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer atau Laptop

Agar bisa mengembalikan file yang sudah terhapus di komputer, Anda membutuhkan bantuan yang namanya aplikasi pihak ketiga. Ada banyak sekali jenis aplikasi atau software yang memungkinkan kita me-restore file yang terhapus di komputer atau laptop. Beberapa software tersebut tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di dalamnya juga dibekali dengan beragam fitur canggih untuk memudahkan pengguna dalam mengembalikan file terhapus.

Namun, sebelum beralih ke cara mengembalikan file yang terhapus di komputer, ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan. Syarat yang pertama yakni drive tempat file yang terhapus jangan ditambah dengan file baru. Yang kedua jangan menginstall di drive tempat file terhapus,  dan juga jangan simpan file yang sudah direcover di drive tempat file terhapus. Jika ketiga syarat tersebut sudah terpenuhi, sekarang lanjut ke cara restore file terhapus di komputer.

1. Menggunakan Software EaseUS Data Recovery Wizard

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Cara yang pertama untuk mengembalikan file yang terhapus di komputer yakni dengan menggunakan software bernama EaseUS Data Recovery Wizard. Software satu ini akan mencari berbagai jenis file yang sudah terhapus dari perangkat komputer atau laptop. Fitur scanning yang diusungnya punya kemampuan yang fleksibel. Software ini sendiri sudah support dengan lebih dari 1000 tipe format file. Mulai dari file gambar, video, musik, dokumen, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya bisa merestore data yang hilang atau rusak, EaseUS Data Recovery Wizard juga memungkinkan untuk melakukan backup data pada komputer atau laptop. Bahkan untuk e-mail yang sudah terhapus juga bisa dikembalikan oleh software satu ini. Untuk kapasitas recovery datanya mencapai 2GB. Namun, jika Anda ingin kapasitas recovery yang unlimited, maka bisa menggunakan versi Pro atau Pro+ WIN PE. Software EaseUS Data Recovery Wizard ini sendiri bisa dijalankan di OS Windows XP ke atas.

2. Menggunakan Software Wise Data Recovery

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Jika Anda mencari software restore file di komputer yang mudah digunakan, Wise Data Recovery ini bisa menjadi pilihan. Pasalnya, Wise Data Recovery ini memiliki tampilan user interface yang sederhana sehingga mudah dipahami. Meskipun sederhana, tetapi fitur-fitur yang disediakan di dalamnya sangat lengkap dan memudahkan pengguna saat mengembalikan file yang terhapus di komputernya.

Software Wise Data Recovery sangat mumpuni dalam hal mencari dan mengembalikan berbagai jenis file yang terhapus di komputer. Aplikasi satu ini bisa Anda jalankan di berbagai perangkat, baik komputer Windows maupun MacOS. Untuk komputer Windows, Wise Data Recovery ini support untuk versi Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8. Di dalamnya juga disediakan banyak pilihan bahasa, mulai dari Bahasa Inggris, Belanda, Cina, Arab, Latin dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Software Recuva

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan software recovery terbaik satu ini. Kami sendiri sering menggunakan Recuva untuk mengembalikan file yang terhapus di komputer atau laptop. Tampilannya tampak sangat sederhana, namun kemampuannya tidak boleh diragukan dalam hal mengembalikan data yang terhapus. Yang menarik lagi, jenis file gambar yang sudah dipindai akan disediakan preview-nya sehingga memudahkan kita untuk mencari data yang hilang.

Aplikasi Recuva ini juga sudah mendukung beberapa format disk, mulai dari format FAT, NTFS, dan juga exFAT. Jika Anda malas untuk menginstall aplikasinya, maka bisa mencoba Recuva versi portable. Jadi, Anda tidak perlu lagi melakukan penginstalan untuk mulai menggunakannya.

4. Menggunakan Software R-Studio

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Pilihan software file recovery paling populer digunakan berikutnya yakni R-Studio. Software satu ini banyak digunakan karena kemampuannya yang sangat handal dalam hal mengembalikan file terhapus secara permanen di komputer atau laptop. Tampilan user interface-nya tampak sederhana, aplikasi satu ini sangat cocok digunakan oleh pemula ataupun profesional.

Untuk melakukan scanning data, Anda bisa memilih salah satu dari dua mode yang disediakan yakni  secara sederhana ataupun secara kompleks. Tidak hanya bisa mengembalikan file terhapus di hard disk komputer saja, R-Studio juga memungkinkan digunakan untuk mengembalikan file terhapus di flashdisk atau hard disk eksternal. Jika ada file revocer yang rusak, Anda masih bisa memperbaikinya dengan fitur text-and-hexadecimal editor.

5. Menggunakan Software Disk Drill

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

File yang terhapus atau hilang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kesalahan pengguna, terkena virus, partisi rusak dan lain sebagainya. Apapaun alasannya, salah satu cara terbaik untuk bisa mengembalikannya yakni dengan menggunakan software bernama Disk Drill. Software satu ini juga tidak kalah populer digunakan. Di dalamnya juga disediakan banyak sekali fitur yang tentunya bakal memudahkan pengguna dalam merecover file yang hilang atau terhapus.

Disk Drill sudah mendukung beberapa format disk, mulai dari FAT32, NTFS, HFS+, dan juga EXT. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Disk Drill tidak hanya bisa merecover file dari hard disk saja. Disk Drill juga memungkinkan untuk mengembalikan file terhapus dari perangkat penyimpanan eksternal, seperti hard disk eksternal, flashdisk, SD Card dan lain sebagainya.

Aplikasi Disk Drill ini tersedia secara gratis, namun dengan batas kapasitas recover hanya mencapai 500 MB saja. Namun, yang menarik lagi di dalamnya terdapat fitur keren bernama Recovery Vault. Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan database dari file yang sudah Anda hapus. Jadi, saat dibutuhkan maka Anda bisa mengembalikannya dengan mudah dan cepat pastinya.

Mudah bukan cara mengembalikan file yang terhapus di komputer atau laptop di atas? Anda bisa memilih salah satu dari kelima software file recovery pilihan di atas. Masing-masing software tentunya punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yang pasti, kelima software tersebut sangat mumpuni dalam hal merecovery data yang terhapus atau hilang. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *