Cara Kompres Foto di Laptop Paling Mudah untuk Pemula

Cara Kompres Foto di Laptop – Mengabadikan momen dalam sebuah foto merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan sekarang ini. Untuk mengambil foto sudah bisa lebih mudah dengan menggunakan smartphone android khususnya. Tidak hanya mudah, hasil foto dari kamera HP sudah sangat berkualitas.

Hasilnya tersebut bahkan sering disamakan dengan hasil foto dari jepretan kamera DSLR yang harganya tentu jauh lebih mahal. Apalagi, sekarang ini beberapa vendor sudah menyematkan AI Camera atau kecerdasan buatan sehingga hasil fotonya semakin berkualitas.

Berbicara mengenai foto, umumnya foto hasil jepretan kamera HP ukurannya cukup besar. Apalagi jika Anda mengatur resolusi kamera ke tingkat yang paling tinggi, ukuran file fotonya tentu akan lebih besar lagi. Ukuran file foto yang besar seperti ini akan memakan banyak ruang di memori.

Karena itulah, Anda perlu melakukan kompres foto agar ukurannya lebih kecil namun kualitasnya tetap terjaga. Mengompres file foto bisa dilakukan dengan mudah melalui perangkat laptop. Bagi Anda yang masih belum tahu, berikut ini watpedia sudah merangkumnya cara kompres foto di laptop yang bisa Anda terapkan.

Baca juga : Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop

Cara Kompres Foto di Laptop Paling Mudah untuk Pemula

Untuk melakukan kompres foto Anda membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Software Compress Photos ini sendiri ada banyak sekali jumlahnya, ada yang bisa dijalankan khusus di smartphone dan ada pula software khusus PC atau laptop. Beberapa aplikasi juga dibekali dengan fitur khusus untuk memaksimalkan proses pengecilan ukuran foto.

Adapun cara kompres foto di laptop paling mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi RIOT

https://download.id/riot.html

Cara Kompres Foto di Laptop

Cara kompres foto di laptop yang pertama yakni dengan menggunakan software bernama RIOT. Software satu ini memang menjadi salah satu yang terbaik dan paling populer digunakan untuk mengompres foto di PC. RIOT atau Radical Image Optimization Tool ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal mengompres foto. Selain prosesnya yang terbilang sangat cepat, hasil kompres fotonya sangat bagus dengan tetap menjaga kualitasnya.

Ukuran foto akan jauh lebih kecil dengan tanpa mengurangi kualitasnya sedikit pun. Aplikasi RIOT ini sendiri dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Dalam hal mengompres foto, Anda bisa melakukannya hanya dengan satu kali klik saja. RIOT sendiri mendukung beberapa format foto, mulai dari PNG, JPG, GIF bahkan format grafis seperti PSD.

2. Menggunakan Aplikasi FILEminimizer Pictures

https://fileminimizer-pictures.id.softonic.com/

Cara Kompres Foto di Laptop

Berikutnya Anda bisa memanfaatkan salah satu aplikasi kompres foto bernama FILEminimizer Pictures. Aplikasi satu ini juga terbilang sangat baik dalam hal mengompres sebuah file foto dengan menekan ukurannya menjadi lebih kecil, namun tetap menjaga kualitasnya. Tidak hanya mengompres file foto saja, aplikasi FILEminimizer Pictures ini memgoptimalkannya sehingga kualitasnya akan jauh lebih baik.

Dari segi tampilan user interface-nya, aplikasi FILEminimizer Pictures ini terbilang cukup sederhana dan tanpak klasik. Meski demikian, kemampuannya untuk mengompres foto sangat handal. Di dalamnya juga disediakan banyak fitur canggih untuk memaksimalkan kompres foto. Karena tampilannya yang sederhana tentunya aplikasi satu ini sangat mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula sekali pun. Menariknya lagi, dengan aplikasi FILEminimizer Pictures ini kamu bisa mengompres foto dengan berbagai format dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Yuk Update Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop Tanpa Aplikasi!

3. Melalui Situs TinyPNG

https://tinypng.com/

Cara Kompres Foto di Laptop

Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan harus menginstall aplikasi tambahan, cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Anda tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga untuk sekedar melakukan kompres foto. Cukup dengan mengakses situs bernama TinyPNG, maka aktivitas kompres foto bisa dilakukan dengan mudah dan efektif. Situs ini sendiri sudah sangat populer dan menjadi salah satu situs favorit bagi banyak pengguna untuk melakukan kompres file foto.

Penggunaannya terbilang sangat mudah, cukup lakukan drag and drop file foto ke situs TinyPNG dan proses kompres foto akan langsung dimulai. Setelah selesai, Anda hanya perlu mengunduh hasil kompres fotonya. Ukuran foto yang semula cukup besar akan diubah menjadi lebih kecil, namun dengan kualitas yang tetap sama. Pasalnya, situs ini bekereja dengan mengurangi jumlah warna pada foto dan tanpa menghapus semua metadata foto. Meskipun namanya PNG, namun situs ini mendukung semua format foto.

4. Menggunakan Aplikasi JPEGmini

https://www.jpegmini.com/

Cara Kompres Foto di Laptop

Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini dihadirkan khusus untuk Anda yang ingin melakukan kompres foto berformat JPEG. Aplikasi satu ini juga tidak kalah handal dalam hal mengoptimasi foto dan sekaligus mengompresnya. Ukuran foto akan ditekan menjadi lebih kecil dengan tetap menjaga kualitas foto. Hasil kompres fotonya sangat bagus dengan degradasi kualitas yang nyaris tidak terlihat sama sekali.

Dalam hal mengompres file foto, aplikasi JPEGmini ini dibekali dengan 2 komponen utama. Kedua komponen yang dimaksud tersebut yakni detektor kualitas gambar dan juga encoder JPE. Hasil perpaduan kedua komponen tersebut sangat mengesankan. File foto yang dikompres akan mendapatkan pengurangan hingga 80% dari file foto aslinya. Ditambah lagi dengan dukungan teknologi eksklusif di dalamnya yang jarang ditemukan di aplikasi lainnya.

5. Menggunakan Aplikasi JPEG Optimizer

http://jpeg-optimizer.com/

Cara Kompres Foto di Laptop

Cara mengompres foto melalui perangkat laptop juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi bernama JPEG Optimizer satu ini. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi JPEG Optimizer memungkinkan Anda melakukan kompresi file foto dari berbagai jenis atau format. Hasil kompes foto dari aplikasi JPEG Optimizer ini juga terbilang sangat bagu. Ukuran foto menjadi jauh lebih kecil dari ukuran aslinya dengan tanpa menurunkan kualitas dari foto tersebut.

Namun, untuk bisa mengompres foto menggunakan aplikasi JPEG Optimizer ini, laptop harus terhubung ke jaringan internet. Menariknya lagi, hasil kompres fotonya bisa Anda kirimkan secara langsung ke alamat email pribadi. Ditambah lagi dengan tampilan user interface yang sederhana, membuat siapa saja dengan mudah menggunakan aplikasi ini untuk aktivitas mengompres foto.

6. Melalui Situs Compressor.io

https://compressor.io/

Cara Kompres Foto di Laptop

Situs kompres foto berikutnya ini diklaim cukup handal dalam hal mengompres foto dari berbagai format, baik itu itu JPG, PNG, JPEG, GIF hingga SVG. Situs ini bahkan mampu memperkecil ukuran foto hingga di bawah 100 KB, sangat cocok digunakan untuk Anda yang sedang melengkapi file foto untuk pendaftaran online.

Untuk mengaksesnya Anda bisa menuju alamat Compressor.io melalui browser di laptop. Mereka mengklaim dirinya mampu melakukan kompresi file foto dengan kualitas sangat tinggi, yakni mencapai angka 90%.

7. Menggunakan Aplikasi Kraken Image Optimizer

https://kraken.io/

Cara Kompres Foto di Laptop

Dan cara kompres foto di laptop yang paling mudah terakhir yakni melalui aplikasi Kraken Image Optimizer. Aplikasi satu ini diklaim sebagai salah satu aplikasi kompresor ultra-cepat yang didukung dengan algoritma terbaik. Dengan demikian, Anda bisa mengecilkan ukuran foto dengan lebih baik tanpa mengurangi kualitasnya.

Aplikasi Kraken Image Optimizer juga dibekali dengan user interface yang sederhana, sehingga sangat mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula.

baca juga : Cara Mengecilkan Ukuran Video Di Laptop Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Itulah tadi beberapa cara kompres foto di laptop paling mudah yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar