Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop – Laptop merupakan salah satu jenis perangkat elektronik yang cukup fungsional. Di era modern seperti sekarang ini laptop sudah bukan menjadi perangkat yang asing bagi kehidupan masyarakat modern. Justru laptop sudah menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan oleh sebagian orang. Entah itu untuk memaksimalkan aktivitas kerja, pendukung pendidikan atau yang lain sebagainya. Yang pasti, perangkat laptop selain praktis juga bisa membantu berbagai aktivitas harian pengguna.

Laptop ini sendiri terbentuk dari berbagai komponen, di mana setiap komponen saling terintegrasi dan punya fungsinya masing-masing. Salah satu komponen yang cukup penting peranannya dalam sebuah laptop yakni keyboard. Keyboard merupakan komponen input yang berguna untuk mengetikkan huruf, angka atau simbol lainnya. Keyboard juga berfungsi untuk memberikan perintah input di laptop. Tanpa adanya keyboard tentunya akan membuat pengguna repot sendiri ketika ingin mengetik.

Selain keyboard bawaan, laptop juga mendukung keyboard eksternal yang bisa dibeli secara bebas di pasaran. Keyboard eksternal sering menjadi pilihan mungkin karena efisiensi dalam penggunaannya. Selain itu, keyboard eksternal digunakan untuk mengganti fungsi keyboard utama yang terkadang mengalami error di beberapa tombolnya. Nah, saat menggunakan keyboard eksternal alangkah lebih baiknya untuk menonaktifkan keyboard utama atau bawaannya. Hal ini untuk menjegah tombol terpencet secara tidak sengaja ketika kita menaruh sesuatu di atasnya. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan keyboard laptop tersebut? tenang watpedia akan mengulas Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Paling Mudah

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mematikan keyboard laptop terkadang dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan keyboard eksternal. Namun, untuk urusan menonaktifkan keyboard laptop masih banyak pengguna yang belum tahu. Beberapa dari mereka bingung mencari opsi untuk menonaktifkan keyboard tersebut. Padahal, cara melakukannya terbilang sangat mudah bahkan cukup simple.

Untuk cara menonaktifkan keyboard laptop ini sendiri setidaknya bisa dilakukan dengan 3  metode. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menekan Tombol Khusus

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Cara menonaktifkan keyboard laptop paling mudah yang pertama yang dengan menekan tombol khusus yang disediakan. Beberapa seri laptop memang dibekali tombol khusus untuk menonaktifkan fungsi dari keyboard bawaan. Tombol tersebut biasanya terdapat di bagian baris atas, ada di antara tombol F1 hingga F12. Anda lihat satu per satu di tombol-tombol tersebut apakah terdapat logo atau ikon keyboard atau tidak. Jika ada, Anda tinggal menekannya bersamaan dengan tombol Fn.

Jika memang tidak tersedia tombol untuk mematikan keyboard bawaan laptop di antara F1 hingga F12, mungkin tombol tersebut terdapat di samping kanan atau kiri bodi laptop. Silahkan Anda periksa apakah tombol tersebut memang ada atau tidak. Jika memang tidak ada, berarti Anda perlu lanjut ke langkah di bawah ini untuk menonaktifkan keyboard laptop.

2. Melalui Menu Device Manager

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Cara untuk menonaktifkan keyboard bawaan laptop berikutnya yakni melalui menu Device Manager. Untuk urusan komponen hardware memang pusat pengendaliannya berada di Device Manager ini, termasuk juga untuk mengatur keyboard laptop. Cukup mudah untuk mematikan keyboard internal laptop melalui menu Device Manager. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama tentunya Anda harus masuk ke menu Device Manager. Caranya cukup mudah, Anda klik kanan pada logo Windows atau Start Menu lalu pilih Device Manager (Windows 8 ke atas). Atau klik Start Menu, lalu klik kanan pada opsi Computer dan klik Manage (Windows 7).
  • Pada halaman Device Manager Anda akan melihat driver beberapa komponen yang terhubung ke perangkat laptop. Di sini Anda cara driver Keyboard, lalu klik tanda segitiga (drop down) untuk melihat list drivernya.
  • Untuk Driver keyboard bawaan umumnya bertulis PS/2 Keyboard…., klik kanan pada driver tersebut kemudian pilih opsi Update Driver Software…..
  • Pada halaman pop up baru yang muncul, sekarang Anda pilih opsi Browse my Computer for Driver Software.
  • Nanti akan muncul halaman baru, di sini Anda pilih opsi Let me pick from a list of available drivers on my computer.
  • Selanjutnya Anda hilangkan tanda centang pada bagian Show compatible hardware. Sekarang Anda akan melihat list beberapa perangkat yang tidak terpasang di laptop dikarenakan tidak kompatibel atau tidak sesuai.
  • Langkah berikutnya Anda pilih salah satu driver dari list yang tersedia. Poin pentingnya ada di sini, karena tujuan utama kita memang ingin membuat keyboard bawaan tidak bisa digunakan lagi untuk memberikan inputan.
  • Jika sudah memilih, selanjutnya Anda klik tombol Next. Kemudian konfirmasi pilihan dengan klik tombol Yes.
  • Selesai, sekarang keyboard bawaan sudah tidak aktif dan tidak bisa Anda gunakan lagi.

Cara satu ini memang tidak bukan menonaktifkan keyboard secara penuh. Hanya memasangkan driver yang tidak kompatibel dengan perangkat laptop sehingga fungsi dari keyboard pun tidak akan maksimal alias tidak bisa digunakan. Namun, setelah laptop dilakukan restart maka fungsi keyboard akan kembali normal karena driver diupdate secara otomatis oleh sistem.

3. Melalui Menu gpedit.msc

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Dan cara menonaktifkan keyboard laptop yang terakhir yakni melalui menu gpedit.msc yang tersedia di semua perangkat dengan OS Windows. Cara satu ini berbeda dengan yang di atas. Pasalnya, setelah keyboard didisable maka seterusnya akan dalam keadaan disable meskipun perangkat sudah direstart. Bisa dibilang ini merupakan cara nonaktifkan keyboard laptop secara permanen. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda klik Start Menu lalu ketikkan perintah gpedit.msc pada kolom pencarian. Jika sudah muncul gpedit.msc, silahkan Anda klik menu tersebut.
  • Pada halaman baru yang muncul, sekarang Anda klik opsi Computer Configuration File.
  • Pilih opsi Administrative Template, kemudian masuk ke opsi System dan terakhir klik opsi Device Installation.
  • Masuk ke opsi Device Installation Restrictions, dan di tampilan sebelah kanan akan muncul list opsi.
  • Pada list opsi tersebut Anda cari dan klik pada opsi Prevent Installation Device.
  • Pada halaman pop up baru yang muncul, sekarang Anda pilih opsi Enable yang ada di bagian kiri atas tampilan. Dan klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.
  • Jika sudah selesai, sekarang Anda ulangi lagi langkah disable keyboard bawaan seperti pada cara nomor 2 di atas.

Dengan cara ini keyboard yang sudah dalam keadaan disable tidak akan kembali aktif setelah perangkat di restart atau dimatikan dan dihidupkan kembali. Namun, jika Anda ingin mengaktifkannya kembali maka perlu melakukan udate driver keyboard secara manual. Namun, di sini Anda harus memilih driver keyboard yang kompatibel dengan perangkat laptop. Dengan demikian, keyboard bawaan akan kembali aktif dan bisa Anda gunakan seperti biasa.

Mudah bukan cara menonaktifkan keyboard laptop di atas? Anda tinggal pilih cara mana yang ingin diterapkan dan dianggap paling mudah serta efektif. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar