Cara Masuk Bios Laptop HP yang Simpel dan Benar

Diposting pada 37 views

Cara Masuk Bios Laptop HP – Tidak banyak orang yang mengetahui cara masuk bios laptop hp, mungkin karena belum pengalaman dan bisa jadi karena belum mengerti sama sekali tentang Bios itu apa. Bios singkatan dari Basic Input Output System ini merupakan sebuah program yang memiliki fungsi untuk mengatur perangkat keras yang ada di laptop.

Membicarakan mengenai kinerja BIOS ini untuk booting pada menu yang sudah tersedia di  laptop, untuk mengoperasikan melalui POST serta perangkat keras. Peran BIOS juga sangatlah penting untuk yakni ketika sedang menyalakan laptop, tapi sayangnya masih sedikiti orang yang mengerti cara masuk BIOS Laptop Hp. Nah, buat anda yang penasaran tentang langkah bagaimana masuk bios laptop Hp yang mudah, yuk ikuti informasi versi watpedia di bawah ini :

Cara Masuk Bios Laptop HP yang Simpel dan Benar

Cara Masuk Bios Laptop HP

Sebenarnya tidaklah susah yang anda bayangkan ketika masuk bios laptop hp, namun yang perlu diperhatikan sebelumnya laptop Hp berbeda sekali dengan laptop biasa, untuk laptop Hp sendiri anda bisa masuk terlebih dahulu di menu BIOS tetapi tidak bisa menekan tombol F2 seperti pada laptop pada umumnya.

Nah, kali ini informasi yang akan diulas mengenai cara masuk bios laptop Hp yang simple dan benar, anda bisa langsung mengikutinnya sekaligus melihat langkah-langkah disini.

1. Langkah Pertama, Masuk Melalui Tombol F10

Cara Masuk Bios Laptop HP
  • Yang pertama, anda wajib restart terlebih dahulu laptop hp, apabila laptob hp anda sudah dalam keadaan off maka cukup mmilih sekaligus klik tombol power.
  • Berikutnya, anda plih tombol F10 yang letaknnya di deretan atas keyboard, untuk menekannya bisa berulang kali hingga sampai sukses masuk ke dalam BIOS.
  • Jika sudah di pilih maka untuk melanjutkan pilihlah opsi pada fitur Fast Startup, fitur tersebut di rekomendasikan untuk pengguna seperti Windows 8 dan 10 saja. Tekanlah tombol sampai sukses masuk BIOS, apabila terjadi masalah cobalah kembali menekannya jangan sampai ada keterlambatan lagi.
  • Langkah selanjutnya, untuk bisa mengatasi problem di atas solusinnya dengan memilih tombol F10 lalu tekan, dan berikutnya pilihlah tombol power.

2. Langkah Kedua, Menggunakan Tombol Esc

  • Pertama kali anda restart laptop hp untuk mengawali langkah sebelum masuk BIOS, apabila keadaan laptop Hp sudah mati maka kembalikan lagi untuk menyala seperti semula.
  • Selanjutnya, jika sudah melakukan langkah di atas maka sekarang anda pilih perintah di menu boot dengan cara menekan.
  • Setelah itu di tampilan menu berikutnya, anda masuk ke dalam BIOS. Sampai sini anda pasti mengerti dan sudah bisa melakukannya.
  • Langkah kali ini bagi para pengguna seperti Windows 8 dan juga Windows 10 bisa memilih ffitur fast startup, opsi itu memang dapat mengetahui jalannya proses booting pada laptop Hp dengan cepat sekali. Jika sudah sampai cara seperti ini, pengguna diharuskan mengikuti keadaan bootingnya.

3. Menggunakan Tombol F9 untuk Masuk Bios

  • Langkah selanjutnya untuk masuk bios laptop hp paling mudah dan simple yakni menggunakan tombol F9. Carannya sangatlah sederhana sekali, anda tidak perlu susah payah untuk masuk Bios. Restart terlebih dahulu laptop Hp, jika dalam keadaan sudah mati, maka cobalah untuk menyalakan semula seperti awal dipakai.
  • Apabila sudah sukses dengan laptop hp menyala, yang anda lakukan yaitu memilih tombol F9 lalu klik, atau bisa juga klik dengan menahan tombol F9 dulu, sebelum anda meng-klik power laptop Hp.
  • Selanjutnya pada menu yang tersedia masuklah BIOS, disitu akan ditampilkan banyak sekali fitur menu seperti boot.
  • Selesai, mudah bukan? Anda bisa menggunakannya dengan cara manapun baik langkah pertama, kedua dan ketiga ini semua tujuannya sama.

Menu Utama Masuk BIOS

BIOS terdiri dari tiga chip yang biasannya digunakan di penjuru dunia, yang dikenal di antarannya Award BIOS, AMI BIOS daan juga Phoenix. Keunggulan dari setiap chip BIOS mempunyai keistimewaan masing-masing, tapi fungsinnya sama yakni untuk konfigurasi pada system operasi laptop maupun computer. Nah, untuk mengetahui tentang apa saja yang ada di dalam chip BIOS Phoenix, mari simak berikut di bawah ini :

  • Berguna untuk Setting Setup BIOS
  • Language : yaitu bahasa yang digunakan pada BIOS
  • System Time : pengaturan waktu secara otomatis maupun manual yang di tampilkan di dalam laptop
  • System Date : sama hal nya dengan waktu tadi berguna untuk melihat tanggal secara real time, yang bisa di atur/ setting baik secara manual maupun otomatis.
  • Primary Master : adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan OS pada laptop/ computer yang dsebut juga dengan hardisk utama.
  • Primary Slave : sama halnya dengan primary master, namun kali ini primary slave berfungsi untuk menyimpan data saja.
  • Secondary Master : merupakan tempat penyimpanan tambahan yang biasannya di isi seperti file aplikasi dan lain sebagainnya.
  • Secondary Slave : yakni berguna sebagai penyimpanan berbasis data saja di dalam laptop.
  • Advanced Menu

Apa itu advanced menu? Yaitu fitur pengaturan yang ada di alam laptop maupun computer, biasannya dipakai fitur ini ketika sedang mengalami problematika pada operasi system kinerja laptop.

  1. Install OS yaitu sebuah system operasi yang bisa anda jalankan di dalam computer.
  2. Reset Configuration Data, fungsinnya untuk menghapus pesan konfigurasi di laptop atau computer.
  3. Large Disk Acces Mode : merupakan OS lain yang ada di computer dengan bentuk UNIX, Novell Netware.
  4. Keyboard Feature : berguna untuk mengatur pada keyboard baik itu mengaktifkan maupun nonaktifkan,
  5. PCI Configuration :  merupakan sebuah pengaturan sebagai susunan konfigurasi
  6. Cache Memory : seperti yang kalian ketahui cache yang sering di hapus ketika selesai menggunakan aplikasi yang di gunakan
  7. Peripheral Configuration : yaitu untuk mengkonfigurasi computer dan lain sebagainnya.
  8. Enable master sebagai PCI bus pada master yang berfungsi untuk izinkan perangkat device
  9. Graphic Aperture : adalah berfungsi sebagai pengaturan grafik serta perangkat video AGP.
  10. DMI Event Logging
  11. Fitur Supervisor Password
  12. Pilihan Power Menu : yang berfungsi untuk konfigurasi power laptop, yang biasannya digunakan ketika sedang stand by
  13. Fitur Boot Menu : berfungsi sebagai konfigurasi boot laptop ketika akan di setting
  14. Fitur Exit Menu : Mengakhiri BIOS di laptop yang sedang di aktifkan untuk di turn off.

Nah, itulah tadi tentang Cara Masuk Bios Laptop HP yang Simpel dan Benar. Bagaimana mudah bukan? Jika anda tertarik ingin melakukan carannya bisa menggunakan panduan langkah di atas tadi. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *