Cara Mengatasi Komputer Lemot Paling Efektif dan Mudah

Diposting pada 85 views

Cara Mengatasi Komputer Lemot – Sekarang ini memang komputer sudah menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan oleh setiap orang, berbagai macam kebutuhanya seperti menyelesaikan tugas kantor, mengolah data atau bahkan juga digunakan untuk mengerjakan soal di sekolahan.

Disamping itu perangkat seperti computer ini bermanfaat sekali sebagai pendukung di saat banyak tugas yang harus diselesaikannya, namun di sisi lain computer juga bisa mengalami kendala ketika di operasikan. Mungkin ada beberapa kendalanya dan tentu saja operator atau pengguna komputer tidak bisa menghindari masalah tersebut.

Cara Mengatasi Komputer Lemot Paling Efektif dan Mudah

Berbicara tentang penggunaan komputer memang ada prosedurnya tersendiri, tidak mungkin anda sebagai operator membiarkan system operasinnya berjalan terus, sehingga computer anda akan mengalami lemot dan energginnya menjadi habis. Melihat dari permasalahan seperti ini anda berhak melakukan cara berikut di bawah ini :

1.Usahakan Sistem Operasi dan Aplikasi di Perbarui

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Pertama, pastikan pada software/ aplikasi maupun system operasi di computer anda selalu di perbarui, alasannya jika sudah dalam batas waktu akhir masih saja tidak di update otomatis performa computer akan lebih lemot dan slow respon.

Melihat dari problem seperti di atas seharusnya pengguna harus tanggap untuk mengupdate semua software/ aplikasi dan system operasinnya. Jika anda masih belum berpengalaman bagaimana cara updatenya, bisa minta bantuan kepada teman yang lebih ahli atau bisa juga membayar ke tukang rental computer.

2.Lebih Memperhatikan Lagi Aplikasi yang Tidak Terpakai

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Ada kalanya anda sebagai pemilik computer memang harus memperbanyak aplikasi agar ketika ingin menggunakannya tidak perlu sibuk melakukan unduhan, dan langkah ini memang sering kali di pakai oleh seseorang yang memiliki pekerjaan berbeda seperti membuka jasa mengetik dan juga desain.

Namun dibalik itu memang harus di perhatikan jika keadaan computer anda tidak lagi mampu menampungnya, dan pada akhirnya performa computer akan menjadi lambat. Solusi yang harus anda lakukan yakni menghapus aplikasi yang tidak terpakai agar tidak menimbulkan banyak masalah so juga menambah beban kapasitas memori computer anda tentunnya. Carannya sederhana sekali, anda tinggal membuka menu di control panel, kemudian klik programs lalu tekan fitur program and featurs.

3.Melakukan Batasan untuk Membuka Aplikasi di Komputer

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Berikutnya masalah perangkat computer menjadi lemot juga dikarenakan oleh aplikasi yang masih di hidupkan banyak sekali, sedangkan anda menggunakan aplikasi lainnya untuk beraktifitas. Melihat dari problem seperti ini memang masih banyak sekali orang tidak menyadarinnya dan berdampak pada computer anda yang menjadi lemot.

Solusi yang paling mudah ketika anda banyak menjalankan aplikasi di computer adalah, jalankan aplikasi tersebut dengan terpisah so anda bisa membuat task manager dengan memilih tab start up. Tujuannya disini anda bisa mngecek performa dari masing-masing aplikasi yang dijalankan, mana yang lebih berpengaruh pada kinerja computer anda.

4.Melakukan Pembersihan Disk

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Salah satu untuk mengatasi computer lemot adalah melalui pembersihan pada Disk Cleanup, apa itu? Yakni software yang mampu membersihkan atau menghapus file folder di dalam computer anda seperti pada halaman web yang sudah lama dibuka, dan juga file install.

Disk Cleanup juga mampu menghapus history yang sudah lama didalam computer anda, carannya pun sebenarnya sederhana anda juga perlu mencobannya saat ini juga. Awalnya anda membuka di menu start, kemudian pilih dan sekaligus klik fitur Disk Cleanup.

5.Lakukan Upgrade RAM Komputer

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Salah satu rekomendasi terbaik jika computer anda system operasinnya berjalan normal dan kilat yakni lakukanlah upgrade RAM computer, cara satu ini memang sudah menjadi solusi paling banyak dilakukan oleh pengguna computer itu sendiri. Hal ini sering kali dipakai oleh para pegamer ketika akan memperbanyak file install game untuk dimainkannya.

Sebelum memastikan anda mengupgrade computer lebih baik melihat dari jenis beserta spesifikasi computer itu sendiri, karena ada juga yang masih belum layak untuk di upgrade sehingga anda bisa paham betul nantinnya. Selain itu juga ketika anda upgrade atau menambah kapasitas memori di computer, sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari saja, jika ideal upgrade RAM yang di lakukan maka kinerja laptop tersebut akan lebih cepat.

6.Memeriksa Virus, Spyware dan Instal Aplikasinnya

Computer memang tidak bisa terhindar dengan yang namannya virus maupun spyware, hal ini dikarenakan dengan banyaknya file maupun aplikasi di dalam computer yang kadang kala membawa virus dari luar sebelum melakukan transfer di computer milik anda.

Melihat dari masalah seperti di atas tadi agar kondisi anda aman sekaligus tidak terganggu kinerjannya, yaitu unduhlah sekaligus install software antivirus terbaik di dalam computer anda. Anda bisa memanfaatkan pihak ke 3 ini sebagai pendukung di laptop sewaktu-waktu ketika membuka aplikasi yang di curigai memiliki virus jahat.

7.Setting Tampilan Grafis Komputer

Cara yang satu ini mungkin kerap kali di lupakan oleh para pengguna computer, secara tidak menyadarinnya tentu saja di tampilan layar depan computer dapat mempengaruhi lemotnya kinerja computer anda. Seperti pada efek grafis, maupun menggunakan animasi gambar yang ada di view layar laptop.

Langkah kali ini anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, hanya perlu mengatur di menu control panel, kemudian cari perintah system and security berikutnya pilih system lalu klik bernama advanced system settings. Untuk melanjutkannya anda masuk ke halaman tab performance dan pilihlah yang mana ingin di nonaktifkan.

8.Memanfaatkan Bantuan Software Tune Up

Selain memanfaatkan aplikasi antivirus, anda juga bisa menggunakan aplikasi/ software yang bernama tune up. Banyak sekali fungsi dan kegunaan aplikasi tune up itu, yaitu salah satunnya untuk mencari file yang tidak terpakai maupun duplikat untuk di hapus secara permanen.

Namun anda juga harus waspada ketika ingin mendapatkan aplikasi seperti Tune Up ini, karena masih banyak sekali aplikasi gratis yang sering di unduh oleh pengguna computer untuk digunakan serta membantu menyetabilkan kinerja computer. Anda lebih baik mendownload software Tune Up ini di website resmi atau juga bisa membeli yang premium, dan usahakan aplikasinnya mendapatkan rating baik dan pastinnya penggunannya paling banyak.

9.Gunakan SSD Agar Komputer Lebih Cepat

Rekomendasi yang satu ini anda sebagai pemilik computer harus jeli dalam pemilihan spesifikasi computer salah satunnya adalah Hardsdisk (HDD) untuk diganti yang lebih baik seperti SSD.

Berbicara tentang Hardisk memang untuk masalah harga bisa dikatakan lebih murah dibandinkan SSD, namun anda harus mempertimbangkan juga kinerja dari Hardisk ini yang sering kali bermasalah ketika beroperasi alias lemot, jika anda memakai SSD untuk prosesnya menjadi lebih kesit layaknya kilat.

Nah, itulah rangkuman dari watpedia mengenai Cara Mengatasi Komputer Lemot Paling Efektif dan Mudah. Semoga informasi ini memberikan manfaat dan selamat mencoba

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *