Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Connect di Android Untuk Pemula

Diposting pada 80 views
Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Connect di Android

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Connect di Android – Internet sudah menjadi kebutuhan paling penting bagi sebagian besar masyarakat modern sekarang ini, khususnya di Indonesia. Hampir semua dari mereka tidak bisa terlepas dari penggunaan internet. Apalagi dengan semakin canggihnya smartphone, membuat internet semakin tidak bisa dilepaskan. Pasalnya, sebagian besar aktivitas di smartphone android khususnya pasti membutuhkan sambungan internet. Mulai dari browsing internet, menjalankan aplikasi tertentu hingga bermain game online.

Berbicara mengenai internet, jaringan yang paling banyak dipilih oleh pengguna yakni jaringan Wifi. Jaringan Wifi dianggap lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan data seluler dari operator. Apalagi koneksi Wifi umumnya bisa diakses secara gratis di warkop atau tempat nongkrong lainnya. Terkadang saat nongkrong ada teman yang bertanya apa password dari Wifi yang ada di lokasi tersebut. HP Anda yang sebelumnya sudah terhubung, justru Anda lupa apa password yang digunakan. Lantas, bagaimana cara melihat password Wifi yang sudah connect di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Baca juga : Cara Melihat Password Wifi di Hp Untuk Pemula

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Connect di Android

Ada beberapa cara untuk bisa melihat password Wifi pada smartphone android yang sudah terhubung sebelumnya. Di sini ada dua metode yang bisa Anda terapkan, yakni menggunakan bantuan aplikasi ataupun tanpa aplikasi tambahan. Anda tinggal memilih salah satu cara yang dianggap paling mudah diterapkan.

Adapun cara melihat password Wifi yang sudah connect di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Scan Barcode

Menggunakan scan barcode merupakan cara paling mudah untuk menghubungkan HP ke jaringan Wifi yang tidak tahu passwordnya. Menerapkan cara ini juga bisa dibilang sangat simple, karena Anda tidak perlu lagi memasukkan password atau kata sandi wifi agar bisa terhubung. Syaratnya harus sudah ada smartphone android lain yang terhubung ke jaringan Wifi yang dituju.

Untuk langkah-langkah menyambungkan HP ke jaringan Wifi melalui scan barcode, yakni:

  • Pada HP android yang sudah tersambung ke jaringan wifi, Anda buka menu Pengaturan. Selanjutnya klik ospi Koneksi, lalu pilih Wifi. Klik pada jaringan Wifi yang sudah terhubung, nantinya di sana akan tertera barcode Wifi yang siap untuk dipindai atau discan.
  • Sekarang beralih ke HP kedua yang ingin disambungkan ke jaringan Wifi. Buka menu Kamera, kemudian lakukan pemindaian kode QR Wifi yang ada di HP pertama tadi. Nantinya akan muncul notif “Kode QR terbaca”, klik notif tersebut maka secara otomatis HP akan langsung terkoneksi ke jaringan Wifi tanpa harus memasukkan kata sandi lagi.

Jika memang Anda ingin mengetahui kata sandi atau password dari jaringan Wifi tersebut, maka Anda perlu menginstall aplikasi pihak ketiga. Ada banyak sekali pilihan aplikasi bisa digunakan untuk memindai kode QR untuk nantinya bisa menampilkan informasi dari kode QR Wifi tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Connect di Android
  • Pada HP pertama yang sudah terhubung ke jaringan Wifi, Anda buka kode QR Wifinya seperti cara di atas. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gamma.scan&hl=in
  • Sekarang beralih ke HP kedua yang ingin disambungkan ke jaringan Wifi yang sama. Pada HP tersebut Anda install aplikasi bernama QR & Barcode Scanner.
  • Jika sudah, sekarang Anda jalankan aplikasi tersebut.
  • Kamera Barcode akan segera muncul, selanjutnya Anda arahkan kamera tersebut pada kode QR Wifi yang ditampilkan di HP pertama tadi.
  • Secara otomatis aplikasi akan menampilkan informasi mengenai Wifi tersebut termasuk passwordnya.

2. Menggunakan aplikasi Wifi Router Settings

Cara yang kedua ini juga dianggap paling mudah untuk mengetahui password Wifi dari di HP android yang sudah terhubung. Berbagai informasi mengenai jaringan Wifi akan ditampilkan melalui aplikasi ini. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Connect di Android

Aplikasi Wifi Router Settings ini bisa Anda install pada HP yang sudah terhubung ke jaringan Wifi yang ingin diketahui passwordnya. Jadi, jika belum terhubung tentunya Anda tidak bisa melihat password dari jaringan Wifi tersebut.

Baca artikel menarik lainya

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop Dengan Cepat
Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Windows 10
Cara Membobol Wifi yang Belum Pernah Terkoneksi dengan Laptop
Cara Mengetahui Password Wifi di HP Android
Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7 Dengan mudah

Itulah tadi beberapa cara melihat password Wifi yang sudah connect di android paling mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *