Cara Mematikan Komputer Orang Lain dengan CMD Windows 7

Diposting pada 21 views

Cara Mematikan Komputer Orang Lain dengan CMD Windows 7 – Sebagai pemain jaringan komputer, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan cara mematikan komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan komputer. Meskipun terbilang mudah, namun ternyata masih banyak orang yang belum tahu cara untuk melakukan hal tersebut. Mereka tampak bingung saat melakukan setting pada komputernya agar bisa mengendalikan komputer lain dalam satu jaringan komputer.

Cara Mematikan Komputer Orang Lain dengan CMD Windows 7

Jika Anda juga salah satu orang yang penasaran dengan cara mematikan komputer orang lain, berarti Anda sudah ada di tempat yang tepat. Pasalnya, pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut. Tidak perlu step-step yang rumit, cukup dengan langkah sederhana kita sudah bisa men-shutdown atau me-restart komputer orang lain dengan mudah. Berikut ini cara mematikan komputer orang lain dengan CMD Windows 7 selengkapnya.

Baca juga : Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Masuk ke Windows Dengan Benar

Cara Mematikan Komputer Orang Lain dengan CMD Windows 7

Untuk mematikan komputer orang lain, syarat yang paling utama yakni komputer tersebut sudah terhubung dalam sebuah jaringan komputer. Sambungannya bisa dengan 2 macam, yakni menggunakan sambungan kabel LAN atau melalui koneksi WIFI. Pasalnya, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengendalikan komputer lain jika masing-masing komputer tidak saling terhubung dalam satu jaringan komputer.

Di sini Anda diharuskan untuk bisa atau tahu kode perintah di CMD agar bisa mematikan atau merestart komputer lain tersebut. Adapun cara mematikan komputer orang lain dengan CMD Windows 7 selengkapnya, sebagai berikut:

  • Jika komputer atau PC Anda sudah terhubung dengan komputer target melalui jaringan LAN atau Wifi, tentunya cara ini sudah bisa dilanjutkan.
  • Pertama Anda masuk ke CMD atau Command Promt dengan cara klik kombinasi tombol Windows+R. Selanjutnya ketik cmd lalu tekan tombol Enter.
  • Pada jendela Command Promt yang sudah tampil, sekarang tugas Anda yakni mencari user atau komputer target yang ingin di-shutdown atau restart. Ketik perintah “net view” untuk mengetahui daftar user yang terhubung di jaringan komputer Anda.
  • Pada list komputer user yang aktif, sekarang Anda pilih komputer target yang ingin di-shutdown atau restart dengan mengingat username-nya.
  • Sekarang Anda ketik lagi perintah “shutdown –i –m” (tanpa tanda petik), kemudian tekan Enter. Nantinya akan muncul tampilan jendela baru yakni Remote Shutdown Dialog.
  • Pada jendela baru yang muncul tersebut, sekarang Anda tinggal tambahkan komputer target yang ingin dilakukan shutdown atau restart. Klik tombol Add, kemudian ketik username komputer target yang sudah dipilih di list user komputer aktif tadi. Jika sudah, klik tombol OK. Atau lebih mudah lagi dengan klik tombol Browse lalu cari username komputer target yang ingin dikendalikan.
  • Dilanjutkan dengan memilih perintah yang ingin Anda lakukan pada komputer orang lain tersebut pada bagian “What do you want these computers to do:”. Karena di sini Anda akan mematikan komputer lain, maka pilih opsi Shutdown.
  • Selain itu, Anda juga bisa mengatur waktu mati pada komputer target tadi. Atur waktu mati tersebut pada bagian “Display warning for … second. Anda bisa mengisinya dengan angka berapapun, yang pasti hitungannya dalam satuan detik.
  • Pada bagian “Option” Anda beri centang pada Planned, kemudian pilih Other (Planned).
  • Inilah opsi yang cukup penting dan harus Anda isi. Pada bagian “Comment” ini Anda bisa mengisi kalimat yang memberitahukan kalau komputer orang lain tersebut sedang terjadi sesuai. Misalnya saja mengisinya dengan kalimat “Maaf, komputer ini sudah terjangkit virus dan harus dimatikan” atau  “Anda sudah tidak bisa lagi mengoperasikan komputer ini”.  Dengan memberikan tulisan pemberitahuan pada bagian Comment ini tentunya bertujuan agar pengguna komputer lain tersebut tidak curiga kalau ini adalah ulah Anda.
  • Selesai. Komputer target akan mati dengan sendirinya sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Baca juga : Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network Windows 7

Mudah bukan cara mematikan komputer orang lain dengan CMD Windows 7 di atas? Semoga informasi di atas bermanfaat.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *