Cari Tau Cara Membuat Video Foto di Laptop Yuk!

Anda ingin menyimpan foto kenangan dengan membuatnya lebih menarik, namun tidak tau cara membuat video foto di laptop? Seiring pesatnya perkembangan dunia komunikasi, banyak fitur dan fungsi komputer salah satunya adalah fitur multimedia. Di mana fitur ini akan membantu Anda dalam menampilkan foto atau gambar, menonton video maupun mendengarkan musik di komputer. Namun, siapa sangka bahwa Anda juga bisa menggabungkan ketiganya. Anda dapat membuat video foto atau menonton kumpulan foto dengan di iringi musik loh.

cara membuat video foto di laptop

            Pada fitur multimedia, Anda juga bisa menghasilkan suatu file slideside atau file-file foto dengan menggabungkannya menggunakan file musik, sehingga bisa menjadi file video yang menarik. Kumpulan dari foto yang di jadikan video biasanya di sebut dengan slideshow. Ada banyak aplikasi yang membantu Anda dalam membuat slideshow, yang tentu membantu Anda dalam mengemasnya menjadi bagus dan menarik. Sebenarnya, tidak hanya aplikasi saja yang di butuhkan namun juga kemampuan dalam mengedit video. Tapi Anda jangan terlalu khawatir, di sini ada beberapa aplikasi yang membantu apabila Anda seorang pemula dalam merangkai slideshow menjadi lebih menarik.

Di bawah ini merupakan beberapa  cara membuat video foto di laptop dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi edit video tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Langkah cara membuat video foto di laptop

1.Adobe Premiere Pro.

Aplikasi edit video ini merupakan aplikasi dari perusahaan besar yang bergerak di bidang perangkat lunak salah satunya adalah Adobe Premiere Pro.  Aplikasi Adobe Premiere Pro sangat membantu Anda dalam membuat video foto menjadi sangat menarik, aplikasi yang satu ini sudah tidak bisa di ragukan lagi dengan kemampuannya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah :

  • Buka aplikasi  Adobe Premiere Pro dan atur project.
  • Pindahkan file (dari panel project, geser file dari komputer ke kolom tersebut)
  • Poses penyuntingan (geser panel project ke panel sequence dengan meletakkan file yang ingin di edit ke panel tersebut).
  • Proses rendering (apabila foto-foto yang telah kamu sunting menjadi video dengan menggabungkan file musik, langkah selanjutnya adalah menyimpan video).
  •  FilmoraGo.

Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi edit video lainnya. Fitur yang ada pada aplikasi ini adalah Easy Mode dan Full Feature Mode di mana pada Full Feature Mode Anda dapat memilih tema/template, background music maupun teks. Aplikasi ini sangat cocok di gunakan untuk pemula karena dengan aplikasi ini terkesan sederhana namun dapat memberikan hasil yang bagus dan menarik. Langkah-langkah yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

  • Klik aplikasi FilmoraGo yang sudah di download.
  • Klik Full Feature Mode, lalu klik Media.
  • Import Foto yang ingin di edit dan di jadikan slide, dengan cara Ctrl+A.
  • Tarik foto ke timeline.
  • Apabila Anda ingin menambahkan teks,Anda tinggal klik Text/Credit.
  • Apabila Anda ingin menambahkan efek musik, Anda harus klik media dan tekan Ctrl+I di keyboard.
  • Lalu save.

Selain menggunakan dua aplikasi di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi yang popular yaitu Movie Maker.

2.Movie Maker.

Aplikasi ini mempunyai fitur yang cukup banyak, selain fitur untuk menambahkan music terdapat juga fitur untuk menyisipkan animasi, maupun efek visual. Lalu, kira-kira bagaimana cara membuat video foto pada aplikasi ini ya?

  1. Buka aplikasi Movie Maker.
  2. Lalu klik teks pada menu guna untuk mencari foto dan video.
  3. Pilih foto yang ingin Anda gabungkan menjadi video.
  4. Klik Open, untuk menemukan foto yang ingin Anda tambahkan.
  5. Klik teks “tambahkan musik”.
  6. Pilihlah lagu MP3.
  7. Klik open.
  8. Putar pratinjau video sebeluu Anda menyimpan file video foto Anda.
  9. Klik save file pada bagian pojok kiri atas video foto yang selesai Anda buat.

Nah, ternyata sangat mudah bukan dalam membuat video foto pada laptop? Bahkan apabila Anda seorang pemula pun tidak akan kesulitan apabila mencermati panduan yang ada pada artikel ini. Dengan mengetahui aplikasi yang direkomendasikan untuk Anda, akan sangat membantu Anda untuk mempubilkasikan video foto Anda di media sosial. Demikianlah cara membuat video foto di laptop.

Tinggalkan komentar