Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop Paling Cepat

Diposting pada 130 views

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop – Laptop dan smartphone merupakan dua perangkat elektronik yang mungkin sudah menjadi perangkat yang paling dibutuhkan di era modern ini. Keduanya sering kali digunakan untuk memudahkan berbagai aktivitas harian manusia, seperti mengolah data, mencari informasi, sarana belajar, sarana bisnis dan masih banyak lagi yang lainnya. Khususnya untuk smartphone android, perangkat tersebut tidak hanya digunakan oleh remaja hingga dewasa saja, anak-anak punbisa mengoperasikannya.

Smartphone android memiliki banyak sekali fungsi atau kegunaan, salah satunya yakni sebagai alat penyimpanan file, mulai dari foto, video, dokumen dan jenis file lainnya. Apalagi sekarang ini hampir semua perangkat HP android sudah dibekali dengan ruang penyimpanan internal yang luas, membuatnya mampu menyimpan banyak sekali file. Namun terkadang karena saking banyaknya file yang disimpan, membuat ruang memori di HP android menjadi penuh. Jika sudah seperti ini, salah satu alternatif yang bisa dilakukan yakni memindahkan file ke perangkat laptop.

Seperti yang kita tahu, perangkat laptop biasanya dibekali dengan harddisk dengan kapasitasnya yang sangat besar. Karena kapasitasnya yang besar tersebut membuatnya mampu menyimpan banyak sekali file. Dalam hal ini harddisk juga bisa Anda gunakan untuk tempat menyimpan file dari HP android, file foto misalnya. Khususnya Anda yang suka berfoto selfie, sangat penting untuk mengetahui cara memindahkan foto dari HP ke laptop. Karena kapasitas penyimpanan di HP android yang terbatas, jadi alangkah lebih baiknya memindahkan foto tersebut ke laptop saja.

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop Paling Cepat

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan file foto dari HP ke perangkat laptop.

1. Melalui Kabel Data atau Kabel USB

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop

Cara untuk memindahkan foto dari smartphone ke laptop yang pertama yakni dengan menggunakan kabel data atau kabel USB. Cara inilah yang bisa dibilang paling mudah dan efisien untuk transfer file foto dari HP ke laptop tersebut. Namun, yang perlu Anda ingat kabel data atau kabel USB yang digunakan harus yang ORI atau bawaan dari HP tersebut. Jika menggunakan kabel data dari brand atau merek lainnya, ditakutkan pengiriman file mengalami masalah error.

Untuk mengirimkan file foto dari HP ke laptop tidak begitu sulit, yakni:

  • Langkah pertama Anda hubungkan kedua perangkat menggunakan kabel USB tersebut.
  • Pada perangkat HP android akan muncul notifikasi untuk izin akses data di dalamnya. Beri izin dengan tekan tombol Izinkan.
  • Jika sudah, pada perangkat laptop akan muncul notifikasi pop up yang menyatakan kalau perangkat HP sudah terdeteksi dan data di dalamnya bisa Anda akses.
  • Buka Windows Explorer dengan cara tekan tombol Windows + E.
  • Pada halaman Windows Explore Anda masuk ke drive HP android. Sekarang Anda cari file foto yang ingin dipindahkan.
  • Seleksi file foto lalu klik tombol Ctrl + C. Kemudian buka drive yang ingin dijadikan tempat menyimpan file foto, dan terakhir klik tombol Ctrl + V.
  • Selesai.

2. Melalui Sambungan Bluetooth

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop

Cara yang kedua ini khusus dilakukan jika perangkat laptop Anda sudah mendukung fitur Bluetooth. Cara satu ini sebenarnya sama efektifnya dengan cara di atas. Hanya saja, memang tidak semua perangkat laptop sudah didukung dengan fitur bluetooth. Mungkin hanya beberapa perangkat laptop keluaran terbaru saja yang dibekali fitur tersebut.

Untuk cara mengirim file foto dari HP ke laptop melalui koneksi bluetooth juga sangat gampang. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda hidupkan koneksi bluetooth pada kedua perangkat.
  • Sekarang coba Anda sambungkan keduanya melalui sambungan bluetooth.
  • Jika sudah berhasil terhubung, sekarang Anda cari file foto yang ingin dipindahkan di HP Android.
  • Tandai foto jika memang ingin melakukan pengiriman foto sekaligus. Pada beberapa opsi yang muncul, Anda pilih opsi Share lalu pilih share melalui Bluetooth.
  • Pilih nama bluetooth laptop yang sudah Anda hubungkan tadi.
  • Anda tinggal menunggu proses pengiriman file foto hingga selesai.

3. Melalui Aplikasi ShareIT

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop

Bagi Anda yang suka mengirim file antar perangkat HP android, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi sharing file satu ini. ShareIT menjadi salah satu aplikasi sharing file terbaik dan paling populer digunakan. Hal ini dikarenakan ShareIT punya kemampuan cukup cepat dalam hal mengirim dan menerima file. Bahkan, ShareIT juga sudah mendukung berbagai jenis file untuk dikirimkan antar perangkat.

Tidak hanya bisa Anda gunakan untuk pengiriman file antar perangkat HP saja, melainkan juga bisa untuk perangkat lain. Dalam hal ini Anda juga bisa menggunakannya untuk mengirim file antar perangkat HP dan laptop. Untuk langkah-langkah menggunakan ShareIT selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda perlu menginstall aplikasi ShareIT di masing-masing perangkat, baik HP maupun laptop. Untuk mengunduh aplikasinya bisa melalui LINK INI.
  • Jika sudah berhasil diinstall, sekarang jalankan aplikasi ShareIT di HP dan laptop.
  • Selanjutnya Anda perlu menghubungkan kedua perangkat tersebut melalui koneksi Wifi Lokal. Caranya pada aplikasi ShateIt di laptop Anda klik tombol Terima, sementara pada aplikasi ShareIt di HP Anda pilih Kirim. Kembali ke laptop, sekarang Anda lakukan pencarian akun ShareIt HP. Jika sudah ketemu, klik pada akun ShareIt yang ditemukan tersebut dan tunggu hingga kedua perangkat berhasil terhubung.
  • Sekarang beralih ke HP android, Anda cari file foto yang ingin dikirimkan melalui menu yang ada di aplikasi ShareIt tersebut. Tandai beberapa foto jika Anda ingin mengirimnya dalam jumlah banyak. Dan terakhir klik tombol Kirim.
  • Selesai.

4. Melalui Akun Google Drive

Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop

Cara memindahkan foto dari HP ke laptop yang terakhir yakni melalui akun Google Drive. Google Drive sendiri merupakan produk resmi dari Google yang memungkinkan Anda gunakan untuk menyimpan berbagai jenis file dengan aman. Bahkan Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan cloud hingga 15GB yang bisa pengguna nikmati secara gratis. 

Selain itu, jika Anda ingin menikmati ruang penyimpanan berbasis cloud yang tiada batas, maka perlu membayar ke pihak Google. Namun, untuk sekedar penggunaan biasa kapasitas tersebut mungkin sudah dirasa sangat cukup. Dalam hal ini Anda juga bisa memanfaatkan Google Drive sebagai sarana untuk memindahkan file foto dari HP ke laptop. Caranya sangat mudah, yakni:

  • Pastikan Anda sudah memiliki akun Google untuk bisa mengakses Google Drive ini. Jika sudah, sekarang Anda buka aplikasi Gdrive yang ada di HP android.
  • Klik opsi Uploud folder atau Uploud File, pilih sesuai keinginan Anda.
  • Cari folder atau file foto yang ingin diunggah ke Google Drive. Kemudian mulai unggal folder atau file foto tersebut.
  • Jika sudah berhasil, sekarang Anda buka situs Google Drive melalui browser di laptop.
  • Login ke akun Google Drive yang sama dengan yang ada di HP android.
  • Cari folder atau file yang sudah diunggah tadi, lalu klik Download untuk menyimpannya di laptop.
  • Selesai.

Itulah tadi tutorial watpedia yang membahas beberapa cara memindahkan foto dari HP ke laptop paling cepat dan mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *