Cara Flash HP Xiaomi Untuk Pemula Paling Mudah

Diposting pada 46 views
Cara Flash HP Xiaomi

Cara Flash HP Xiaomi – Hampir sebagian besar dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan brand Xiaomi satu ini. Xiaomi menjadi salah satu brand smartphone asal China yang cukup populer sekarang ini. HP besutan dari Xiaomi banyak dipilih karena harga banderolnya yang terbilang murah. Tidak hanya murah, HP android Xiaomi juga dibekali dengan spesifikasi mumpuni sehingga membuat performanya sangat maksimal saat dioperasikan.

Meski demikian, namun terkadang beberapa pengguna mengalami masalah pada smartphone Xiaomi mereka. Masalah error tersebut cukup beragam, mulai dari tidak bisa menjalankan aplikasi, HP merestart sendiri dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah error seperti ini paling ampuh dengan melakukan flashing HP Xiaomi. Namun, ternyata tidak sedikit pengguna yang masih belum tahu bagaimana cara flash HP Xiaomi tersebut. Tidak perlu khawatir, karena watpedia pada artikel kali ini kami akan merangkumkannya untuk Anda. Berikut ini cara melakukan flashing HP Xiaomi paling mudah selengkapnya.

Cara Flash HP Xiaomi Untuk Pemula Paling Mudah

Melakukan flashing smartphone Xiaomi bisa dilakukan dengan beberapa metode. Anda bisa memilih salah satu metode flashing Xiaomi tersebut sesuai keinginan atau yang paling dianggap mudah. Cara flash HP Xiaomi untuk setiap seri tidak jauh berbeda. Jadi, Anda bisa menerapkan cara ini di seri HP Xiaomi apa pun. Untuk langkah-langkah flashing HP Xiaomi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

1. Flash HP Xiaomi Via Fasboot Mode

Cara Flash HP Xiaomi

Cara flash HP Xiaomi yang pertama yakni melalui fasboot mode. Cara satu ini bisa dibilang paling mudah sehingga banyak pengguna yang lebih memilih untuk melakukannya. Namun, sebelum lanjut ke langkah-langkah flashing via Fasboot, ada beberapa bahan dan alat yang perlu Anda persiapkan. Adapun alat dan bahan yang diperlukan, antara lain:

Cara flash melalui fasboot update ini hanya bisa dilakukan pada perangkat HP Xiaomi yang berjalan normal atau hanya sekedar stuck di logo / Bootloop. Jika HP Xiaomi Anda ternyata mengalami masalah error hello pocket atau critical partition flashing is not allowed, maka cara ini tidak bisa dilakukan. Untuk langkah-langkah flashing Xiami melalui fasboot update, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi Mi Flash Tool atau Xiaomi Flash Tool yang sudah diunduh tadi di laptop atau PC. Jika sudah selesai, sekarang Anda langsung jalankan tool tersebut.
  • Sebelumnya Anda perlu melakukan ekstrak file ROM Xiaomi yang sudah diunduh sesuai tipe HP tadi. Letakkan di lokasi yang mudah untuk ditemukan.
  • Di HP android sekarang Anda masuk ke Fasboot Mode. Caranya yakni HP dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol Power + Volume Down hingga keluar logo robot kelinci yang membetulkan robot hijau. Pada kondisi seperti ini, Anda hubungkan HP ke perangkat laptop dengan menggunakan kabel USB atau kabel data.
  • Pastikan HP sudah terdeteksi oleh aplikasi Mi Flash Tool dengan cara klik tombol Refresh. Jika tetap tidak terdeteksi, maka Anda bisa mencoba menginstall Android USB Driver Xiaomi di perangkat laptop.
  • Setelah HP terdeteksi oleh Xiaomi Flash Tool, selanjutnya Anda klik tombol Select yang ada di halaman utama aplikasi tersebut. Cari folder Stock ROM yang sudah didownload dan ekstrak tadi.
  • Pada bagian bawah ada 3 opsi flash, yakni Clean all (untuk menghapus semua data), Save user data (data pengguna tetap tersimpan), dan Clean all and lock (untuk menghapus semua data dan me-lock boatloader kembali). Pilih salah satu dari opsi tersebut.
  • Untuk memulai proses flashing, Anda klik tombol Flash dan tunggu proses hingga selesai. Jika sudah berhasil, maka akan muncul tulisan Succes di bagian kolom kanan.

2. Flash HP Xiaomi Tanpa PC atau Laptop

Cara di atas mengharuskan Anda menggunakan perangkat laptop atau PC sebagai alat bantunya. Jika cara tersebut Anda anggap cukup merepotkan, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Di sini Anda tidak memerlukan bantuan perangkat laptop atau PC. Tetapi, untuk melakukan cara ini HP Xiaomi Anda dalam keadaan normal atau minimal dapat diakses.

Setidaknya untuk melakukan flashing HP Xiaomi tanpa PC atau laptop ada dua metode yang bisa Anda terapkan. Metode yang pertama bisa langsung flash dari System Update dan yang kedua melalui menu Recovery. Kali ini kami bahas cara flash HP android Xiaomi melalui System Update terlebih dahulu, yakni:

Cara Flash HP Xiaomi
  • Sebelum lanjut ke langkah-langkahnya, Anda perlu mengunduh Stock ROM sesuai tipe Xiaomi. Untuk mengunduhnya bisa melalui LINK INI http://c.mi.com/miuidownload/index. Biasanya stock ROM yang didownload akan memiliki format .tgz. Agar bisa digunakan maka Anda perlu mentransfernya ke format .zip terlebih dahulu. Selanjutnya simpan file ROM Xiaomi tersebut di dalam folder downloaded _rom di memori internal.
  • Jika sudah, sekarang Anda jalankan aplikasi Updater di HP Xiaomi. Aplikasi satu ini merupakan aplikasi bawaan dari Xiaomi, jadi pasti sudah tersedia di semua HP Xiaomi.
  • Untuk mengakses aplikasi Update Xiaomi tersebut caranya klik menu Setelan, kemudian About Phone dan pilih System Update. Pada halaman utama aplikasi, Anda klik ikon tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas lalu pilih Choose Update Package. Selanjutnya Anda cari file ROM Xiaomi yang sudah dijadikan file .zip tadi.
  • Tunggu proses update hingga selesai. Nantinya perangkat akan melakukan reboot secara otomatis jika proses sudah selesai.

Selain cara di atas, ada cara alternatif lain untuk melakukan flashing HP Xiaomi tanpa PC yakni melalui menu Recovery. Cara untuk melakukannya, sebagai berikut:

Cara Flash HP Xiaomi
  • Sama seperti cara di atas, Anda perlu mengunduh file ROM Xiaomi (versi global atau China) lalu direname ke format .zip. Namun, kali ini Anda perlu menyimpan file tersebut di memori internal langsung tanpa dimasukkan ke dalam folder. http://c.mi.com/miuidownload/index
  • Sekarang Anda masuk ke menu Recovery mode, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Cara yang pertama Anda buka menu Setelan > pilih About Phone >> pilih System Update >> klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas >> pilih opsi Reboot to Recovery mode. Sementara untuk cara kedua bisa mematikan HP, kemudian tekan dan tahan tombol Power + Volume Up dan pilih menu recovery.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih bahasa sesuai keinginan.
  • Klik pada tombol install update.zip to system, lalu konfirmasi pilihan dengan klik tombol Yes.
  • Tunggu proses flashing hingga selesai hingga muncul tanda Centang Hijau dengan tulisan Update complete!

Itulah taditurorial dari watpedia beberapa cara flash HP Xiaomi paling mudah dan ampuh yang bisa Anda terapkan. Pilih salah satu cara di atas sesuai kebutuhan dan yang Anda anggap paling mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *