Yuk Simak Cara Memperbaiki Keyboard Acer Yang Tidak Berfungsi!

Anda pasti sebal bukan jika sedang mengerjakan tugas namun keyboard laptop Anda tidak berfungsi dengan baik, namun Anda kebingungan sebab tidak tau cara memperbaiki keyboard acer yang tidak berfungsi.

Keyboard adalah salah satu perangkat keras pada laptop yang rawan mengalami kerusakan. Berawal dari tombol yang salah dalam memasukkan perintah, keyboard yang tidak bisa berfungsi sebagian, hingga seluruhnya tidak bisa di gunakan.

cara memperbaiki keyboard acer yang tidak berfungsi.

            Untuk bisa memperbaiki tidak berfungsinya keyboard laptop Anda, ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum memahami cara memperbaiki keyboard acer yang tidak berfungsi.

Biasanya keyboard yang tidak berfungsi dengan baik kemungkinan besar dulunya pernah tersiram air, terkena debu dan lain sebagainya.

Akan tetapi, keyboard yang sering eror secara tiba-tiba biasanya terjadi saat Anda menggunakannya tanpa di ketahui apa penyebabnya secara pasti.

            Apabila sudah seperti itu, maka secara otomatis Anda wajib mencoba beberapa langkah alternatif bagaimana penyebabnya kerusakan pada keyboard Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

Baca juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi Sebagian

1.Dengan cara merestart laptop Anda. 

Langkah awal yang bisa Anda terapkan adalah dengan merestart laptop. Dengan merestrat laptop, bisa membantu memperbaiki ratusan masalah yang terjadi pada sistem operasi Anda secara langsung.

2.Dengan memeriksa Num Lock.

Keyboard yang tidak bisa berfungsi dengan baik bisa di sebabkan dengan sengaja oleh Anda sendiri. Biasanya hal yang paling sering terjadi dengan aktifnya num lock yang di sebabkan jika Anda menekan kombinasi tombol tertentu pada keyboard laptop Anda.

3.Terjadi masalah pada driver Anda.

Masalah yang terjadi pada driver laptop Anda biasanya adalah penyebab keyboard dengan baik. Pada saat Anda menginstall suatu software driver bisa rusak karena hal tersebut dan terkena virus.

Untuk bisa memastikan driver rusak, Anda bisa membuka Device Manager lalu lihatlah pada bagian keyboard.

Apabila terdapat masalah pada keyboard Anda biasanya terdapat segitiga berwarna kuning pada Device Manager. Maka Anda di anjurkan untuk mendownload driver terbaru pada situs produsen laptop yang milik Anda.

Cara ini bisa Anda lakukan apabila keyboard pada laptop yang Anda miliki tidak bisa terdeteksi.

4.Anda bisa melakukan system restore.

Apabila keyboard laptop Anda tidak bisa berfungsi dengan baik setelah Anda menginstall suatu program aplikasi, maka Anda di anjurkan melakukan system restore. Dengan cara membuka menu start lalu search recovery untuk windows 7 dan 8.

Sedangkan pada windows XP, Anda cukup klik start lalu klik all program kemudian klik accessories lanjut klik system tools kemudian pilih system restore.

Dengan menggunakan cara menjalankan sysem restore, maka laptop Anda bisa kembali seperti sebelum Anda menginstall program aplikasi yang bermasalah. Namun, program aplikasi bisa hilang. Tapi, Anda bisa membackup terlebih dahulu berbagai macam data yang penting.

5. Anda bisa menggunakan keyboard wireless atau USB.

Dengan menggunakan keyboard wireless atau USB karena harga service terlalu mahal. Keyboard wireless ini dapat di gunakan secara langsung dengan cara mengoneksikan pada port USB.

6.Anda bisa mengganti keyboard bawaan.

Mengganti keyboard bawaan adalah langkah terakhir jika tombol kerboard tidak bisa berfungsi semuanya.

7.Anda bisa menggunakan on screen keyboard.

Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk menghemat estimasi biaya jika Anda sedang membutuhkan keyboard untuk mengerjakan tugas, mengerjakan laporan.

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan on screem keyboard adalah sebagai berikut. Untuk menggunakan on screen keyboard terlebih dahulu bukalah Start > Program > Accessories > Accessibility, kemudian pilih On-Screen Keyboard.

keyboard on screen berfungsi seperti halnya keyboard pada umunya. Namun, Anda harus mengoperasikan on screen keyboard menggunakan touchpad atau mouse. Magak ribet memang, akan tetapi sangat berguna apabila Anda sangat membutuhkannya.

Baca juga : Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Paling Efektif

Dengan mengetahui cara mengatasi permasalahan pada laptop Anda, kini tidak perlu risau apalagi panik di saat mengalaminya.

Cukup perhatikan dan terapkan pedoman yang sudah di ulas di atas. Jika  Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki keyboard acer yang tidak berfungsi.

Tinggalkan komentar