Cara Mengembalikan Laptop Ke Pengaturan Pabrik Tanpa CD? Yuk Simak!

cara mengembalikan laptop ke pengaturan pabrik tanpa CD – Pada umumnya orang tidak terbiasa dengan pengaturan baru yang ada pada laptop karena baru saja di lakukan pembaharuan sistem operasi, namun diantara orang-orang tersebut tidak mengetahui cara mengembalikan laptop ke pengaturan pabrik tanpa CD. Namun Anda tidak perlu khawatir, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara dari permasalahan tersebut.

cara mengembalikan laptop ke pengaturan pabrik tanpa CD

Biasanya seiring waktu penggunaan pada laptop akan muncul permasalahan seperti kinerja laptop menjadi lambat, laptop suka macet, ngehang, dan bahkan bisa mati secara tiba-tiba. Untuk mengatasi permasalahan tersebut akan dibahas mengenai cara mengembalikan laptop ke pengaturan pabrik tanpa CD.

Untuk melakukan reset laptop terdapat beberapa cara yang mana ada pembagian pada sistem operasi windows 7, windows 8, windows 9 dan windows 10.

Lalu kira-kira samakah reset dengan install ulang? Reset dan install ulang sangat berbeda, install ulang dilakukan untuk mengganti seluruh data sistem pada laptop. Sedangkan reset pada sistem datanya masih sama.

Baca juga : Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Melihat Komputer Lain di Network

Pada umumnya laptop yang Anda gunakan memakai sistem operasi yang sama, sebenarnya Anda bisa dengan mudah meresetnya hal ini sudah termasuk pada salah satu fitur bawaan laptop.

Berikut merupakan cara mengembalikan pengaturan awal pada laptop windows 10.

  1. Klik start menu lalu buka settings.
  2. Klik logo update and security.

Pada halaman update and security, terdapat logo recovery dan klik logo tersebut. Pada kolom reset this PC klik tombol Get Started. Anda bisa melakukan reset pada laptop Anda dengan cara klik kepep my files atau dengan remove everything.

 

            Lalu apa perbedaan keep my files dan remove everything?

  • Keep my files merupakan sebuah opsi untuk mengembalikan windows pada pengaturan pabrik dan menghilangkan semua aplikasi yang sudah terinstalll akan tetapi tanpa menghapus data personalnya.
  • Remove everything merupakan sebuah opsi yang diguakan untuk menghapus keseluruhan pada sistem yang termasuk juga data personal. Hampir sama dengan install ulang. Pada opsi remove everything juga direkomendasikan apabila laptop Anda terkena virus, maka biasanya virus akan ikut serta terkena format juga.

Berikut merupakan cara mengembalikan pengaturan awal pada laptop windows 8.

Sistem operasi windows 8 memiliki sebuah fitur yang hampir mirip dengan sistem operasi windows 10, termasuk juga tersedianya fitur reset.

Maka dari itu jika Anda ingin melakukan format ulang laptop ke pengaturan ulang, caranya gampang dengan melakukan tahapan sebagai berikut.

  • Langkah yang pertama adalah dengan membuka menu start
  • Pada menu change PC setting, Anda harus klik menu tersebut.
  • Pada halaman selanjutnya, silahkan Anda pilih tombol Get Started yang berfungsi untuk memulai proses reset Laptop Anda.

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut.

  1. Pada sistem operasi windows 8.1 umumnya akan diminta disk instalasi terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, Anda akan melihat notifikasi jika semua data akan terhapus dari laptop. Nah, pastikan Anda melakukan backup terlebih dahulu.
  3. Untuk laptop yang menggunakan dua komponen storage misalnya harddisk+SSD, maka windows akan memberikan konfirmasi terlebih dahulu menegnai drive yang ingin dihapus.

Berikut merupakan cara mengembalikan pengaturan awal pada laptop windows 7.

Pada umumnya laptop yang dirilis tahun 2014 ke bawah masih banyak yangmemakai sistem operasi windows 7. Akan tetapi, sistem operasi windows 7 tidak memiliki pengaturan reset, hal ini sangat berbeda dengan sistem operasi windows 8 dan windows 20.

Adapun reset harus dilakukan menggunakan cara yang sedikit berbeda. Langkah-langkah yang perlu Anda terapkan adalah sebagai berikut.

  • Klik menu start kemudain klik control panel.
  • Pada kolom system and security klik backup your computer.
  • Lalu klik tombol reinstall windows.
  • Kemudian, masukkan DVD installer.
  • Klik yes jika muncul notifikasi.
  • Lalu klik restart, tunggu beberapa saat maka jendela konfirmasi reinstall windows akan muncul. Kemudian klik Yes.

baca juga : Cara Membuka Laptop yang Lupa Password Windows 7 Ultimate

Dengan mengetahui cara mengatasi permasalahan pada laptop Anda, kini tidak perlu risau apalagi panik disaat mengalaminya. Cukup perhatikan dan terapkan pedoman yang sudah diulas diatas.

Jika  Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan mengenai cara mengembalikan laptop ke pengaturan pabrik tanpa CD.

Tinggalkan komentar