Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Kabel HDMI? Nih Tutorial Lengkapnya Buat Anda!

cara menyambungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI? Mungkin menjadi salah satu tema yang sedang Anda pertanyakan. Karena, Anda ingin mengakses sambungan internet dari laptop yang bisa digunakan di TV. Misalnya, Anda ingin menonton tayangan YouTube di layar televisi.

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Kabel HDMI

Atau mau menyaksikan streaming tayangan TV online, supaya tidak perlu memasang antena. Sehingga, Anda perlu menggunakan kabel HDMI untuk menyambungkan antara laptop dengan TV.

Nah, tepat sekali mengunjungi situs ini Guys. Pasalnya, kami akan mengulas tutorial lengkapnya mengenai cara menyambungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI. So, langsung saja cek berikut pembahasanya! Cekidot.

Baca juga : Cara Setting HDMI Laptop Ke TV Windows 10 Dengan Mudah

Nih Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Kabel HDMI Opsi Pertama

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa Windows yang digunakan telah up to date.
  2. Nyalakan laptop dan TV yang hendak disambungkan.
  3. Selanjutnya, sambungkan kabel HDMI dari laptop menuju port HDMI yang terdapat pada TV.
  4. Lalu, pilih input HDMI pada TV (umumnya dilakukan dengan menekan tombol AV).
  5. Secara otomatis, maka layar akan langsung ditampilkan pada TV. Apabila belum, maka lakukan setting manual. Caranya yaitu, masuk ke Control Panel> Display> Adjust Resolution> Pilih TV pada Display drop down box.

 

Nih Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Kabel HDMI Opsi Ke Dua

  1. Siapkan kabel High Speed HDMI, dengan ukuran konektor yang umum (Full Size HDMI Connector). Untuk lebih jelas tentang jenis kabel dan konektor HDMI silahkan lihat masing-masing linknya.
  2. Cari lokasi soket HDMI yang ada pada panel belakang atau samping / bawah TV Digital. Lalu colokkan salah satu ujung konektor kabel HDMI ke salah satu soket HDMI-nya, misalnya port HDMI-1. Ujung konektor kabel HDMI yang lain colokkan juga ke port HDMI di laptop.
  3. Hidupkan TV Digital lebih dahulu kemudian setting untuk memilih input dari port HDMI di mana kabel HDMI tadi dicolokkan, misalnya port HDMI-1. Setting ini berbeda-beda pada masing-masing merk TV. Silahkan cek buku panduan perangkat TV digital Anda. Jika sudah, hasilnya layar TV Digital Anda akan blank, karena memang belum ada sinyal yang masuk melalui port HDMI-1.
  4. Kemudian hidupkan laptopnya juga. Lakukan setting pada laptop, agar mengirimkan sinyal ke port HDMI. Caranya sebagai berikut:

—> Masuk ke “Control Panel”

—> Klik “Appearance and Personalization”

—> Klik “Adjust Screen Resolution”

Setelah itu akan nampak dua pilihan monitor display, no.1 monitor laptop dan no.2 monitor TV Digital. Selanjutnya:

—> Klik monitor display no.2

—> Pilih “Extend the desktop onto this monitor”

—> klik “Apply”

Jika ini berhasil pada TV Digital, maka akan nampak gambar background Windows pada layar TV Digital.

  1. Kemudian lakukan setting resolusi pada laptop untuk monitor no.2

—-> Klik “Resolution” yang akan memunculkan dropdown menu, lalu geser slider-nya sambil lihat ke layar TV Digital. Geser slider sampai gambar background Windows pas memenuhi ukuran layar TV Digital.

  1. Setting Audionya. Lakukan hal berikut:

—> Masuk ke “Control Panel”

—> Klik “Hardware and Sound”

—> Klik “Sound”

Kemudian akan muncul jendela kecil dengan nama “Sound”.

—> Klik pada tab “Playback”

akan nampak beberapa speakers system lalu pilih speakers dari HDTV, kemudian klik “Apply”.

Jika Anda tidak menemukan sistem speakers dari HDTV (Hanya nampak satu sistem speakers dari laptop saja), lakukan hal berikut:

Masih dalam jendela “Sound”, bawa kursor ke ruang kosong lalu klik kanan mouse,

akan muncul jendela kecil dengan dua pilihan, “Show Disabled Devices” dan “Show “Disconnected Devices”. Centang “Show Disabled Devices”. Akan muncul sistem speaker dari HDTV, kemudian select dan klik “Apply”.

 

Demikianlah artikel dari kami mengenai, cara menyambungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI. Tentunya, menjadi panduan bagi Anda yang ingin mengakses sambungan internet di laptop menuju ke televisi.

Dengan begitu, Anda dapat melihat tayangan dari laptop di TV. Misalnya, Anda menonton YouTube maupun streaming TV Online yang dikoneksikan dari laptop menggunakan kabel HDMI.

Baca juga : Cara Menyambungkan Laptop ke Tv Dengan Benar

Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih. Semoga ini bermanfaat bagi Anda semuanya para pembaca. Jangan lupa, tinggalkan pendapat di kolom komentar dan share informasi berharga ini ke semua sosial media kalian!

Tinggalkan komentar