Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android Tanpa Root

Diposting pada 116 views
Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android Tanpa Root

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android Tanpa Root – Sebelum hadirnya smartphone, SMS merupakan salah satu cara berkirim pesan yang paling populer dilakukan. SMS juga dianggap lebih mudah dan cepat dalam hal mengirim ataupun menerima pesan. Namun, setelah hadirnya ponsel pintar membuat SMS sudah mulai ditinggalkan dan eksistensinya digantikan dengan chatting online. Sebut saja aplikasi WhatsApp yang sekarang ini sudah menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling populer digunakan.

Meskipun sudah cukup jarang digunakan, namun masih ada beberapa pengguna yang setia menggunakan pesan SMS untuk berkirim pesan. Selain itu, SMS terkadang juga dibutuhkan untuk keperluan One Time Password (OTP) atau hal penting lainnya. Disengaja atau tidak, pesan SMS penting sering terkena hapus sehingga tidak bisa diakses lagi. Lantas, adakah cara untuk mengembalikan SMS yang sudah dihapus tersebut? Jawabannya tentu ada. Berikut ini cara mengembalikan SMS yang terhapus di android tanpa root yang bisa coba Anda terapkan.

Baca juga : Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android Tanpa Root

Untuk mengembalikan SMS yang terhapus dari HP android, kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga yang memang punya fungsi tersebut. Selain aplikasi, kita juga membutuhkan perangkat PC atau laptop agar lebih mudah dalam melakukan restore pesan SMS yang terhapus.

Agar lebih maksimal lagi, Anda disarankan untuk melakukan rooting smartphone. Tetapi, jika rooting smartphone dianggap merepotkan maka tanpa melakukan root pun juga tidak begitu masalah. Untuk langkah-langkah mengembalikan SMS yang terahapus di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi MyJad Android SMS Recovery

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android Tanpa Root

Cara yang pertama ini Anda bisa memanfaatkan software restore SMS yang bernama MyJad Android SMS Recovery. Aplikasi tersebut memang dibuat khusus untuk mengembalikan SMS yang terhapus. Tampilan antarmuka-nya cukup sederhana sehingga mudah untuk digunaka, bahkan oleh pengguna awam sekalipun.

  • Langkah yang pertama Anda unduh MyJad Android SMS Recovery dan install di perangkat PC atau laptop. Jika sudah, selanjutnya Anda langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Sebelum menyambungkan smartphone ke PC atau laptop, Anda perlu mengaktifkan USB debugging terlebih dahulu di HP android. Caranya buka menu Pengaturan >> pilih About Phone >> pada build number Anda klik sebanyak 5 hingga 7 kali sampi muncul notifikasi “You are now a developer” >> kembali ke menu Pengaturan, lalu klik opsi Developer Option >> aktifkan USB debugging.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda hubungkan smartphone android ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Pastikan perangkat android sudah terdeteksi oleh perangkat PC atau laptop.
  • Jika sudah terdeteksi, secara otomatis software MyJad Android SMS Recovery akan memulai proses scan android.
  • Setelah proses scan sudah selesai, selanjutnya Anda klik opsi Messaage. Di sini akan muncul list pesan SMS yang sudah terhapus sebelumnya. Anda tinggal pilih pesan mana yang ingin direstore atau dikembalikan dengan cara memberi tanda Centang.
  • Jika sudah selesai memilih pesan SMS yang ingin direstore, selanjutnya klik tombol Recover dan terakhir klik OK.
  • Selesai.

Baca juga : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Paling Mudah

2. Menggunakan Aplikasi Wondershare Dr.Fone

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android Tanpa Root

Selain aplikasi di atas, Wondershare Dr.Fone juga menjadi salah satu software PC yang cukup populer digunakan. Software satu ini tidak hanya memiliki kemampuan untuk mengembalikan SMS yang terhapus, melainkan juga jenis file lain. Mulai dari file gambar atau foto, video, dokumen, musik, kontak, histori dan percakapan WhatsApp dan lain sebagainya.

Berikut ini cara mengembalikan SMS yang terhapus di android tanpa root menggunakan Wondershare Dr.Fone, yakni:

  • Pertama install Wondershare Dr.Fone di perangkat PC atau laptop, kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  • Hubungkan smartphone android ke perangkat PC menggunakan kabel USB. Pastikan Anda sudah mengaktifkan USB debugging pada Developer Option seperti cara di atas.
  • Tunggu sampai perangkat PC atau laptop mendeteksi HP android. Jika muncul notifikasi pop up di HP, cukup klik Allow.
  • Pada halaman utama Wondershare Dr.Fone, klik tombol START untuk memulai proses scanning HP android. tunggu sampai proses scanning selesai.
  • Jika sudah, nantinya pada opsi Message akan muncul list SMS yang sudah terhapus. Sekarang Anda pilih SMS yang ingin dikembalikan dengan cara memberi tanda Centang pada kotak.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Recovery. Dan sekarang pesan SMS yang terhapus sudah berhasil direstore.
  • Selesai.

Itulah yang dapat watpedia informasikan beberapa cara mengembalikan SMS yang terhapus di android tanpa root paling mudah bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *