Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus Untuk Pemula

Diposting pada 66 views
Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus – HP android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling diminati sekarang ini. Ini karena perangkat tersebut mampu memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna. Selain itu, HP android juga bisa dijadikan sebagai penghibur saat bosan melanda. Kemudahan dalam pengoperasiannya, membuatnya bisa digunakan oleh semau kalangan umur, mulai dari anak-anak, remaja bahkan hingga dewasa.

Meskipun termasuk perangkat canggih, namun smartphone android masih memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya yakni terlalu banyak aplikasi bawaan atau bloatware yang ada di dalamnya. Sejatinya bloatware ini cukup fungsi penting, hanya saja terkadang beberapa pengguna tidak terlalu membutuhkannya. Parahnya lagi, aplikasi bawaan tersebut umumnya tidak bisa dihapus secara manual. Lantas, adakah cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus tersebut? Tentu ada, berikut ini watpedia sudah merangkumnya langkah-langkah yang bisa Anda terapkan.

Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Seperti yang dijelaskan tadi, aplikasi bawaan android atau bloatware umumnya tidak bisa dihapus atau uninstall. Namun, ada lho beberapa aplikasi bawaan yang bisa dihapus secara manual, misalnya saja Microsoft Office. Sementara untuk aplikasi yang tidak bisa dihapus, sebenarnya ada trik tersembunyi yang memungkinkan Anda meng-uninstall aplikasi bloatware tersebut.

Setidaknya ada 3 cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus. Langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

Baca juga : Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

1. Uninstall bloatware secara manual

Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara yang pertama ini hanya berlaku untuk aplikasi bawaan android yang bisa dihapus secara manual layaknya aplikasi lain. Caranya cukup mudah, Anda cukup menekan agak lama pada aplikasi bawaan yang ingin dihapus. Kemudian, klik opsi Uninstall lalu klik OK jika muncul notifikasi pop up.

Selain cara tersebut, ada lagi cara untuk uninstall bloatware secara manual yang tidak kalah mudah, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu klik opsi Aplikasi.
  • Sekarang cari dan pilih aplikasi bawaan yang ingin diuninstall.
  • Dan terakhir klik tombol Uninstall.
  • Selesai.

2. Melakukan disable aplikasi bawaan android

Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Kebalikan dari cara di atas, cara satu ini khusus bisa Anda terapkan pada aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus secara manual. Karena tidak bisa dihapus, maka alternatif yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan Disable atau menon-aktifkannya. Dengan cara ini maka aplikasi bawaan tadi akan langsung hilang dari layar menu HP android. Jika memang dibutuhkan, Anda masih bisa mengaktifkannya kembali agar bisa digunakan.

Meskipun demikian, tidak semua aplikasi bawaan android bisa Anda disable. Ada beberapa aplikasi yang tidak menyediakan opsi tersebut, seperti Kontak, Pesan, Telepon dan lain sebagainya. Untuk melakukan disable pada bloatware yang tidak bisa dihapus, yakni sebagai berikut:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Scroll ke bawah lalu pilih opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya cari dan pilih aplikasi bawaan android yang ingin di-disable.
  • Dan terakhir klik tombol Disable.
  • Selesai.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Paling Ampuh

3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Jika hanya dengan melakukan disable tidak membuat Anda puas, maka cara terakhir ini bisa dijadikan alternatif. Tidak seperi cara sebelumnya, cara satu ini akan benar-benar menghapus secara permanen aplikasi bawaan android yang bahkan tidak bisa dihapus secara manual. Di sini kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang memang memiliki fitur untuk menghapus aplikasi bawaan android tersebut.

Namun perlu diketahui, untuk menerapkan cara ini Anda perlu melakukan root pada smartphone android. Seperti yang kita tahu, melakukan rooting HP akan memberikan banyak sekali risiko bahaya pada smartphone. Salah satunya sistem keamanan smartphone yang lebih rentan dibobol oleh hacker. Namun, jika Anda tetap yakin ingin melakukan root untuk keperluan menghapus aplikasi bawaan tentunya juga tidak masalah. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya:

  • Pertama Anda install aplikasi Root Explore di HP android. Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.speedsoftware.rootexplorer&hl=in
  • Pada tampilan utama aplikasi, klik tombol Mount as R/W di bagian pojok kanan atas.
  • Selanjutnya buka folder sistem, kemudian klik App.
  • Cari aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus atau uninstall. Tekan dan tahan pada aplikasi tersebut hingga muncul beberapa opsi. Sekarang klik Delete untuk menghapusnya.
  • Selesai.

Baca juga : Cara Menghilangkan Malware di Android Paling Ampuh

Cukup mudah bukan cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus di atas? Dengan cara ini tentunya akan membuat ruang di memori internal dan RAM akan berkurang sehingga performa HP akan menjadi lebih cepat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *