Cara Mengetahui iP Address Komputer Lain Dalam Satu Jaringan

Diposting pada 8 views
Cara Mengetahui iP Address Komputer Lain Dalam Satu Jaringan

Cara Mengetahui iP Address Komputer Lain – Kebanyakan orang masih belum tahu tentang cara mengetahui iP Address komputer lain pada satu jaringan, memang pada dasarnya tidaklah penting namun yang menjadi point penting disini apabila anda lupa nama dari alamat Ip sehingga bisa dilihat atau diketahui melalui komputer lainnya.

Singkat mengenai penjelasan IP Address ini merupakan tulisan berupa kata kunci angka maupun kata-kata yang di tulis di dalam komputer agar bisa terkoneksi ke internet. Karena ketahuilah komputer masing-masing memang mempunyaalamat IP yang berbeda-beda pastinnya tidak akan saling sama dengan yang lainnya.

Baca juga : Cara Melihat MAC Address Laptop Paling Akurat Terbaru

Cara Mengetahui iP Address Komputer Lain Dalam Satu Jaringan

Sebelum melanjutkan ke poin penting untuk mengetahui Ip Address komputer lain yang terhubung pada satu jaringan, ada baiknya anda memastikan lebih dulu komputer anda sudah terhubung ke jaringan LAN. Nah, jika memang sudah tersedia dan terkoneksi maka lakukan langkah selanjutnya di bawah ini :

  1. Pertama buka terlebih dulu Command Prompt atau bisa disebut juga CMD. Untuk referensi membuka lainnya anda bisa juga menekan pada keyboard Windows + R secara bersamaan, tunggu beberapa detik untuk menampilkan kotak RUN.
  2. Selanjutnya jika sudah tampil jendela RUN maka anda tulis CMD, lalu tekan Ok.
  3. Sekarang ini akan muncul tampilan seperti Command Prompt, lalu ketik pada opsi tulisan net view lalu ENTER.
  4. Saatnya akan ada daftar komputer yang terkoneksi pada jaringan LAN,
  5. Nah, lalu anda bisa melihat IP Address dengan langkah tulislah nama ‘pingnamakomputer” lalu ENTER.
  6. Selesai. Anda sudah dapat melihat sekaligus mengetahui IP komputer.

Cara Mengetahui IP Address gunakan Network Connections

Selain bisa mengetahui dengan cara Compact Prompt, sekarang anda bisa melakukannya dengan cara satu ini yaitu menggunakan Network Connections. Untuk melanjutkannya, yuk ikuti langkah dibawah ini :

  1. Bukalah terlebih dulu pada menu dengan opsi Network Connections pada komputer anda, untuk langkah lebih cepatnya anda bisa menekan tombol di keyboard seperti Windows + R, dan melanjutkan anda bisa ketikan tulisan cpl. Dan klik ok atau pun ENTER.
  2. Berikutnya, anda bisa langsung klik kanan pada mouse pada koneksi aktif di laptop anda, selanjutnya masukah ke menu dengan opsi pilihlah status. Langkah ini memang bertujuan untuk menghubungkan status pada laptop. Buat anda yang sekarang memakai jenis Windows XP, langsung pilih tombol Support lalu tekan klik.
  3. Sekarang anda bisa membuka opsi dengan perintah Network Connection Details, untuk melanjutkannya pilih details lalu klik. Dan tunggu prosesnya maka akan terlihat IP Address di laptop anda. semoga bisa ya?

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Internet Windows 7 Paling mudah

Cara Mengetahui IP Address  di Linux

Kali ini bagi anda yang laptop/ PC-nya basis Windows, bisa anda gunakan operasi sistem seperti Linux. Untuk mengetahui langkahnya mari simak paparannya di bawah ini :

1. Terlebih Dahulu Bukalah Terminal

Terminal disini merupakan sebuat tempat dimana anda bisa melihat sekaligus mengatur IP Address di komputer. Untuk membukannya bisa langsung tekan pada keyboard secara bersamaan tombol ctrl + alt + T.

2. Konfigurasi IP Masukkan

Berikutnya, langkah untuk menampilkan alamat I, disini ada kedua opsi yang tentunnya berbeda. Anda bisa memilih dengan opsi pertama yang standart dengan tujuan periksa IP Address, sedangkan untuk yang satunya lagi terbilang lawas yang berfungsi sebagai distribusi.

  • Ketikkan nama “sudo ip addr show” masukkan kedalam administrator password, dengan syarat setelah mengikuti perintah satu ini.
  • Ketikkan nama “/sbin/ifconfig” jika anda membutuhkan administrator password untuk mengaksesnya.

3. IP Address Temukan Langsung

Yang terakhir perintah untuk menemukan IP Address bisa di lihat ke semua komputer terkoneksi dari komputer anda. apabila koneksi yang anda gunakan lewat internet nirkabel, bisa dikatakan dengan wlan0. Sedangkan koneksi komputer anda lewat Ethernet maka bisa disebut eth0.

Baca juga: Cara Menghubungkan 2 Laptop dengan Wifi di Windows 10 Tanpa Ribet

Nah, itulah tadi mengenai Cara Mengetahui iP Address Komputer Lain Dalam Satu Jaringan. Semoga referensi ini bermanfaat untuk anda semuannya dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *