Komputer Penyedia Informasi yang Dapat Diakses di Internet Disebut? Ini Jawabannya

Diposting pada 19 views
Komputer Penyedia Informasi yang Dapat Diakses di Internet Disebut?

Komputer Penyedia Informasi yang Dapat Diakses di Internet Disebut? – Ilmu tentang komputer banyak dipelajari oleh sebagian besar orang sekarang ini. Pasalnya dunia teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat dan menuntut semua orang bisa beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Langkah paling dasarnya yakni seseorang harus bisa mengoperasikan yang namanya perangkat komputer. Apalagi sekarang ini hampir semua aktivitas manusia sudah menggunakan perangkat komputer untuk mempermudahnya.

Di tingkat sekolah menengah atas sendiri sudah diwajibkan adanya pelajaran mengenai pengoperasian komputer. Selain itu, ada pula sekolah kejuruan yang khusus mempelajari tentang komputer dan jaringannya tersebut. Bagi Anda murid dari sekolah kejuruan Komputer & Jaringan, mungkin pernah menemukan pertanyaan “ Komputer penyedia informasi yang dapat diakses di internet? “. Pertanyaan ini juga sering ditanyakan oleh banyak orang, dan sebagian dari mereka tidak menemukan jawabannya yang benar.

Baca juga: Materi Komputer dan Jaringan Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2017

Apakah Anda juga salah seorang yang penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut? Kalau benar, berarti Anda sudah berada di tempat yang tepat. Pasalnya pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pertanyaan tersebut. Untuk informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Komputer Penyedia Informasi yang Dapat Diakses di Internet Disebut?

Pertanyaan ini memang sering muncul saat ujian untuk pelajaran komputer dan jaringan. Sebenarnya jawabannya sangatlah gampang, tetapi tidak bisa dipungkiri kalau masih yang bingung bahkan belum tahu mengenai jawabannya. Oke, komputer yang bertindak sebagai penyedia informasi dan dapat diakses di internet disebut dengan Komputer Server. Sementara bagi komputer yang mengakses informasi dari server tersebut disebut dengan komputer Client.

Pertanyaan ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan pertanyaan pada artikel yang sudah kami bahas sebelumnya. Pertanyaan yang dimaksud tersebut yakni soal aktivitas transfer dari komputer lokal ke komputer server atau sebalumnya. Dalam hal ini jawabannya yakni aktivitas Uploud dan Download. Komputer server tersebut bisa dicontohkan sebagai situs di internet. Sementara komputer lokal sama denga komputer client atau pengguna.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komputer server dan komputer lokal atau client ini sebenarnya hanya sebuah istilah saja. Atau bukan sebutan untuk perangkat yang sebenarnya. Maksudnya, meskipun namanya komputer namun perangkat tersebut bukan hanya dalam bentuk komputer atau PC saja, melainkan bisa juga perangkat lain. Misalnya saja smartphone, tablet, hingga laptop, bisa juga dikatakan sebagai komputer client dalam hal ini. Intinya, perangkat yang bisa mengakses informasi yang disediakan oleh komputer server melalui internet bisa disebut juga dengan komputer lokal atau komputer client.

Baca juga: Apa yang Kamu Ketahui Tentang Jenis-jenis Jaringan Komputer? Ini Jawabannya

Membuat Situs Penyedia Informasi di Internet dengan Server Sendiri

Di era modern seperti sekarang ini dunia teknologi sudah berkembang dengan pesat. Perkembangan yang pesat tersebut memungkinkan kita membuat server pribadi dengan mudah. Di dalam server tersebut nantinya kita bisa membuat sebuah situs khusus yang diisi dengan informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan demikian, secara tidak langsung kita sudah membagikan ilmu kepada mereka yang membutuhkan informasi tersebut.

Untuk membuat situs ini sendiri Anda tentunya membutuhkan server khusus, dalam hal ini bisa menggunakan VPS Hosting atau VPS Server. Dari sini pengguna bisa membuat sendiri hosting untuk masing-masing situs, pastinya pengguna bertindak secara penuh pada VPS Server tersebut. Banyak sekali kelebihan jika membuat situs menggunakan VPS Server pribadi. Salah satunya Anda bisa dengan bebas membagi hosting, menyempurnakan fitur-fitur dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan menariknya lagi, di dalam hosting tersebut hanya situs pribadi Anda saja yang disediakan di dalamnya tanpa adanya akses dari pengguna lain.

Namun sayangnya, untuk bisa menggunakan VPS Server Anda diharuskan untuk memiliki pengetahuan  dasar mengenai server dan sistem operasi. Selain itu, Anda juga harus menginstall control panel sendiri yang dianggap cukup sulit oleh beberapa orang. Dan kelemahan yang terakhir dari soal harga, yang mana Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk pembeliannya.

Baca juga : Cara Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Masuk ke Windows Dengan Benar

Sekarang Anda sudah tahu kan jawaban dari pertanyaan “ Komputer penyedia informasi yang dapat diakses di internet disebut? “. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *