Tips & Trik Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Diposting pada 57 views

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android- Seperti yang sudah Anda ketahui, Android merupakan Smartphone yang banyak sekali manfaatnya untuk meyimpan file-file penting di dalamnya. File-file tersebut bisa berupa Dokumen, Gambar, Foto, Video, Lagu, Aplikasi Game atau yang lain sebagainnya tersimpan dalam Memori Internal maupun Memori Eksternal. Anda dapat mencari File tersebut melalui File Manager. Namun, jika kapasitas memori Android milik Anda ternyata kecil biasanya dikarenakan banyak sekali File tidak penting yang menumpuk. Atau bisa jadi dikarenakan terdapat aplikasi bawaan Android yang tidak bisa dihapus. Anda pasti kesal jika menemukan Folder atau File yang tidak bisa di hapus baik itu pada saat di sambungkan dengan Hardisk dan Flashdisk pada Android, maupun memori Internal Andoid bukan?

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Ada beberapa penyebab mengapa File tersebut tidak dapat dihapus seperti biasannya. Umumnya, orang-orang mengira bahwa itu virus yang menyebabkannya. Hal itu ditandai ketika Anda hendak mengapus file tersebut, yang muncul pada notifikasi adalah tulisan “Maaf file ini Tidak Bisa DiHapus” sehingga umumnya langsung menjalankan atau bahkan menambah aplikasi Antivirus pada Android. Penyebab Selanjutnya ialah Data sering digunakan sehingga kemungkinan kecil bahwa file tersebut tidak dapat dihapus dengan mudah, kemudian didapati Tidak memiliki izin untuk menghapus di Android yang biasanya terjadi di kartu SD Card untuk beberapa File Backup karena jika file tersebut Anda hapus pasti akan menggangu kinerja pada Android. oleh karena itu, berikut Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android :

  1. Menggunakan Aplikasi SD Card Cleaner

Anda dapat menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android dengan menggunakan Aplikasi SD Card Cleaner ini. Karena aplikasi ini mampu melakukan scanning file sampah yang terdapat pada SD Card dan Memori Internal Anda. Sehingga Anda dapat melihat dan membuang semua File yang tidak penting pada SD Card atau memori Internal HP Android Anda. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Downald dan Install Aplikasi “SD Card Cleaner” di Playstore
  2. Buka Aplikasi tersebut pada Android Anda kemudian klik “Start”
  3. Tunggu hingga proses analisa File selesai
  4. Selanjutnya, pilih folder yang beisikan File tidak penting, Misalnya “Files APK” kemudian check list file yang ingin Anda hapus.
  5. Klis “YES” dan beri izin dengan klik “OK”
  6. File tersebut sudah terhapus.
  7. Menghapus tanpa menggunakan Aplikasi tambahan

Jika Anda menemukan file yang tidak dapat dihapus karena file tersebut merupakan bawaan system dari Android, biasanya ditandai dengan munculnya kembali file tersebut setelah Anda menghapusnya. Jangan khawatir! Ada tetap dapat menghapusnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan, langkah-langahnya antara lain :

  1. Buka Pengaturan > Klik “Device Maintenance” > Klik “Storage”
  2. Kemudian Klik pilihan tombol “Clean Now” > Tunggu hingga File terhapus
  3. Selanjutnya, Kembali pada menu “Device Maintenance” > Klik “Memory” > Klik pilihan “Check Now” > Tunggu hingga proses sortir file selesai
  4. Setelah itu Klik pilihan “Check Now’ dan File yang tidak terhapus dapat terhapus dengan sendirinya
  5. Cadangkan melalui Cloud kemudian Reset melalui Android

Lagkah ini dapat Anda lakukan jika tidak memiliki Laptop / PC untuk membackup File, Video atau foto. Namun Anda perlu melibatkan aplikasi onlie untuk menyimoan data tersebut atau langsung reset saja.

  • Format Memori Android HP Anda

Langkah terakhir agar File yang Anda hapus dapat terhapus ialah dengan memnformat Memori Android jika ternyata file tersebut cukup banyak dan menumpuk dan tidak bisa di hapus kemungkinan bahwa virus adalah peyebabnya. Sebelum itu Anda perlu melakukan Backup File terpenting ke Memori lain pada Android. Setelah Backup file selesai, Lakukan format pada memori Android dengan menekan pilihan “Format” yang tersedia.

Demikian Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android yang bisa Anda lakukan baik itu berupa File data, Foto maupun Video. Secara keseluruhan memang disebabkan karena masalah serius dengan kapsitas. Semoga Artikel ini bermanfaat, Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *