Cara Menghilangkan Malware di Android Paling Ampuh

Diposting pada 50 views

Cara Menghilangkan Malware di Android – Pengguna android pasti pernah mendengar dengan istilah malware, nama ini seringkali diketahui ketika perangkat android anda sedang terinfeksi malware. Jika anda ingin tahu penyebab dari malware ini yang akrab sekali menyerang android, salah satunnya karena software/ aplikasi di android anda terbaca oleh virus jahat.

Maka dari itu jika hal itu tidak cepat di tangani akan menimbulkan masalah atau bisa jadi akan merusak ponsel android anda. nah, kali ini anda wajib mengetahui bagaimana cara menghilangkan malware di android paling mudah. watpedia juga sebelumnya sudah membuat ulasanCara Mudah Hilangkan Aplikasi Malware di Android Untuk menyingkat waktu mari langsung saja simak selengkapnya di bawah ini :

Cara Menghilangkan Malware di Android Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Malware di Android

Sebelum melanjutkan ke poin langkah cara menghilangkan malware, ada baiknya anda ketahui lebih dulu mengenai tanda-tanda dari malware di ponsel android yang anda miliki, di antarannya sebagai berikut :

1.Melambatnya Kinerja Ponsel Android

Pertama, biasannya ciri-ciri atau tanda android yang terserang malware adalahnya kinerja perangkat android yang melambat. Seringkali memang di temukan lambatnya ponsel android bisa dikarenakan banyaknya kapasitas memori/ full dan juga karena terserang malware ini.

Memang tidak ada bedannya dari kedua problem di atas, namun yang perlu anda lakukan cobalah untuk reboot ponsel android anda apakah ada tanda-tanda sudah selesai pada lambatnya ponsel android, atau malah sebaliknya yang masih terus mengalami kelemotan. Berarti ciri seperti ini ponsel android anda bisa di vonis terserang malware yang jahat.

2.Tanpa Disadari Kuota Tersedot

Cara Menghilangkan Malware di Android

Aktifitas android memang tak jauh dengan namannya kuota internet, hal ini tentu memberikan pengtahuan tersendiri bagi penggunannya. Karena jika tidak berhati-hati pemakaian internetnya maka akan tekor atau habis sebelum waktunnya. Namun berbeda dari problem pada malware ini di android, meski anda tidak banyak menggunakan kuota internet akan tetap tersedot hingga kuota anda habis.

Oleh karena itu kinerja malware ini yang suka menghabiskan kuota secara tiba-tiba pada ponsel anda, menyerang pada bagian data akun di dalam ponsel android. Selain itu info pada kartu kredit, kontak dan masih banyak lagi yang perlu di perhatikan.

3.Cepat Habisnya Baterai Ponsel

Cara Menghilangkan Malware di Android

Wajar sekali apabila ponsel milik anda cepat sekali kehabisan baterai, hal ini dikarenakan sering digunakan bermain game seru hingga anda sendiri terlarut dalam permainannya dan membuat baterai menjadi cepat habis.

Berbeda dari ponsel android yang sudah terserang malware, tanda yang terlihat salah satunnya pada kapasitas baterai ponsel yang cepat berkurang. Padahal penggunaan ponsel tersebut tidak terlalu banyak apalagi bermain game pun sudah tidak. Hal ini anda harus lebih kritis untuk lebih tahu kenapa baterai lebih cepat habisnya sekarang.

4.Ketika Telpon Tidak Ada Sinyal

Cara Menghilangkan Malware di Android

Kuota paketan sudah terisi banyak, sinyalnya juga oke seperti biasannya. Namun jika anda menemui problem yang tidak biasa salah satunnya ada telpon yang masuk pada android anda tetap sinyal tiba-tiba buruk alias terputus. Hal ini anda harus menaruh curiga karena sinyal sudah baik, tetapi panggilan tetap saja tidak menyambung. Jika seperti ini maka android anda sudah positif terinfeksi malware yang jahat, untuk mengatasinnya ada beberapa cara menghilangkan malware di android yang mudah disini.

Inilah Cara Menghilangkan Malware di Android

1.Perangkat Android Matikan Terlebih Dahulu

Langkah yang satu ini jika ponsel android anda yang sudah diketahui terkena malware, maka anda bisa mematikan ponsel android seperti biasannya. Tujuannya untuk memutus kinerja malware itu sendiri dan pastinnya akan terganggu.

Namun yang mesti anda perhatikan ketika ponsel android sudah dalam keadaan mati, anda harus mengetahui terlebih dulu aplikasi yang  terindikasi serangan malware. Karena aplikasi yang terkena seperti malware tidak di ambil dari play store atau dari dowloadan perangkat lainnya.

2.Pengaturan Safe Mode

Setiap ponsel android memang menyediakan seperti safe mode, biasannya dikenal dengan sebutan mode aman. Hal ini ketika ponsel android akan di turn off atau matikan pastinnya akan muncul peringatan seperti pilihan mode aman. Jika belum muncul seperti nama itu, anda tekan dengan cara di tahan tombol power.

Melalui mode aman di posel android ini, fungsinnya koneksi pada ponsel anda akan terus dibatasi dan manfaatnya akan terlihat malware tidak banyak melakukan pergerakan ke bagian lainnya. nah, jika ponsel android anda tidak menyediakan mode aman, maka pilihlah airpline mode sebagai solusinnya.

3.Mencari Aplikasi yang Terindikasi Malware

Selanjutnya ketika sudah sukses masuk safe mode, saatnya anda mencari aplikasi yang terkena malware di laptop. Langkahnya simpel saja yang pertama anda menuju ke bagian menu pengaturan kemudian pilih apps lalu klik.

Tunggu sampai menampilkan halaman terbaru, dimana untuk mengetahui aplikasi mana saja yang sudah terinstal pada ponsel android. Jika memang salah satu dari aplikasi terindikasi malware, anda bisa memilih perintah force close lalu tekan uninstall.

4.Aplikasi yang Terindikasi Malware Hapuslah

Membicarakan mengenai malware di android memang tak lepas dari masalah yang menyebabkan aplikasi menjadi error, tentu saja secara otomatis tanpa anda jalankan untuk install namun aplikasi yang terserang malware akan menyebar atau upgrade sendiri.

Solusinya yang harus dilakukan anda sebagai pengguna atau pemilik ponsel android, untuk cepat menghapus dengan cara menghilangkannya uninstal. Jika anda menemui aplikasi yang unlock atau terkunci cara menghapusnya bisa menggunakan cara simpel seperti ini, pertama masuk ke bagian menu pengaturan, berikutnya cari nama lock screen and security lalu anda memilih tulisan other security settings dan terakhir tekan perintah phone administrator.

5.Download Aplikasi Hapus Malware

Langkah yang satu ini anda bisa dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi hapus malware, tapi yang perlu diperhatikan disini setelah anda menghapus semua aplikasi di ponsel android anda, berikutnya lakukan restart android, lalu anda bisa keluar lansung dari mode aman.

Jika sudah dilakukan sekarang anda bisa melakukan download software/ aplikasi malware, tujuan aplikasi khusus malware ini untuk mencegah sekaligus membasmi malware yang jahat. Untuk referensi aplikasi malware di android, anda bisa langsung masuk di Google Play Store.

Jadi sebenarnya perangkat android memang tidak lepas yang namannya malware, bisa dikatakan tidak bisa menghindarinya. Namun tidak menutup kemungkinan jika android bisa minim terserang malware termasuk aplikasi di dalamnya, pengguna atau selaku pemilik ponsel harus bisa mengontrol dan sekaligus lebih berhati-hati ketika mengunduh aplikasi di berbagai situs, terkadang itu yang menyebabkan malware kembali muncul dan dapat menyerang aplikasi lainnya, jika anda ingin melindungi aplikasi yang bermasalah bukalah Google Play Store kemudian pilhlah tap menu lalu play project. Dan anda bisa mengaktifkan nama pindai ancaman keamanan di perangkat.

Nah, itu tadi tentang Cara Menghilangkan Malware di Android Paling Ampuh. Bagaimana mudah bukan? semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *