Cara Menghubungkan Laptop Ke Proyektor Dengan Kabel HDMI? Yuk Simak Ulasan Berikut Ini!

cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan kabel HDMI –  Anda ingin melakukan presentasi akan tetapi tidak tau cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan kabel HDMI. Menyambungkan laptop ke proyektor untuk melakukan presentasi merupakan hal biasa dilakukan oleh siapapun.

Sebab layar laptop yang pada umumnya hanya 14 inci dan membuat audience tidak tau mengenai materi yang Anda paparkan meskipun Anda membagikan portopolio.

Oleh karena itu, Anda akan segera mencari cara bagaimana menyambungkan laptop ke proyektor yang menggunakan kabel HDMI supaya presentasi yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Untuk dapat mengetahui cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan kabel HDMI, hal pertama yang harus Anda pahami adalah kabel HDMI.

 

cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan kabel HDMI
 

sebagian besar televisi LED maupun LCD terbaru selalu mempunyai fitur HDMI. Apa itu HDMI? HDMI atau singkatan dari High-Definition Multimedia Interface merupakan salah satu peralatan multimedia sebagai piranti audio atau video yang dihubungkan dari laptop ke televisi. Anda tentunya harus mengetahui fitur dari HDMI.

Baca juga : Rpp Komputer dan Jaringan Dasar Kurikulum 2013 Revisi 2017

Namun, Anda harus mengetahui tentang penyebab laptop yang tidak bisa terkoneksi dengan proyektor. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Laptop yang tidak bisa terkoneksi dengan proyektor biasanya terdapat masalah pada VGA connector atau kabel VGA. Hal ini bisa menjadi penyebab tidak terkoneksinya laptop dengan proyektor.
  2. Terdapat masalah pada setting atau pengaturan laptop. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa mengecek di screen project dengan cara menekan tombol windows yang terdapat pada keybord dan P secara bersamaan.
  3. Selain itu, Anda juga bisa mengecek melalui Device Manager yang bisa Anda akses melalui control panel kemudian pilih menu hardware and sound kemudian pilih menu device manager. Atau Anda juga bisa mengaksesnya dengan cara klik start kemudain pada kolom pencarian ketik Device Manager.

Jika Anda sudah memahami faktor penyebab dan solusi yang bisa Anda cermati diatas, maka Anda bisa memahami akar permasalahan namun permasalahn juga tidak terlepas dari terganggunya proyektor yang menyebabkan laptop tidak bisa terhubung. Sehingga Anda harus mengecek proyektor terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Untuk melengkapi informasi, apabila laptop Anda mempunyai prort VGA. Anda hanya tinggal menyolokkan saja dan tidak membutuhkan converter.

Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk menghubungkan laptop ke proyektor adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan converter VGA ke HDMI ke laptop Anda.
  2. Kemudian, colokkan kabel VGA ke dalam proyektor ke converter atau bisa dengan langsung ke laptop apabila mendukung.
  3. Apabila sudah terkoneksi maka langkah yang selanjtnya adalah dengan menekan tombol windows pada keyboard Anda + P
  4. Lalu pilihlah output yang Anda inginkan.
  5. Anda bisa menampilkan apa yang ada pada laptop ke proyektor.

 

Pada sistem operasi windows 10 terdapat beberapa opsi yang menampilkan menu yang ada di laptop ke proyektor. Adapun opsi yang terdapat pada windows 20 adalah sebagai berikut.

  1. PC Screen Only, merupakan sebuah opsi yang bisa Anda pilih apabila belum siap menampilkan sesuau bahan presentasi pada proyektor. Jadi display hanya bisa tampil di laptop Anda.
  2. Duplicate, merupakan opsi yang bisa Anda pilih apabila Anda ingin menampilkan suatu file yang hampir mirip dengan laptop. Nah, sesuai dengan namanya duplicate merupakan duplikasi yang digunakan untuk menyeting tamoilan.
  3. Extend, merupakan sebuah opsi yang bisa Anda pilih yang berguna untuk memperluas layar Anda. Jadi tampilan yang Anda gunakan pada saat Anda melakukan presentasi bisa jauh lebih luas.
  4. Second screen only, opsi ini bisa Anda gunakan saat ingin menampilkan sebuah tampilan layar proyektor sebagai layar utama. Namun sementara layar laptop yang tampil di prosesor akan mati.

Dengan mengetahui cara mengatasi permasalahan pada laptop Anda, kini tidak perlu risau apalagi panik disaat mengalaminya. Cukup perhatikan dan terapkan pedoman yang sudah diulas diatas.

Baca juga : Cara Setting HDMI Laptop Ke TV Windows 10 Dengan Mudah

Jika  Anda melakukan langkah demi langkah sesuai pedoman dengan benar, keampuhan solusi dapat Anda rasakan. Demikianlah pembahasan tentang cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan kabel HDMI.

Tinggalkan komentar