Cara Menginstall Aplikasi di Laptop Untuk Pemula

Diposting pada 72 views

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop – Laptop sudah menjadi salah satu perangkat gadget yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat modern. Pasalnya, hampir semua orang sudah memiliki jenis perangkat elektronik satu ini. Terlebih lagi harga dari sebuah laptop yang semakin bervariasi, bahkan ada yang dibanderol dengan harga murah. Hal ini tentunya membuat semua kalangan sudah bisa menjangkaunya dengan mudah. Tentunya harga banderol laptop disesuaikan dengan spesifikasi yang dibawanya.

Berbicara mengenai perangkat laptop, pasti tidak terlepas dari yang namanya aplikasi atau software. Layaknya pada sebuah smartphone, aplikasi punya peranan sangat penting dalam hal pengoperasian laptop. Ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa Anda temukan dan dipasang di laptop. Masing-masing aplikasi mempunyai fungsi atau kegunaan tersendiri. Tetapi, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menginstall aplikasi di laptop tersebut? Jika memang belum tahu, watpedia menyarankan Anda wajib membaca ulasan di bawah ini sampai selesai.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop Untuk Pemula

Menginstall aplikasi di laptop merupakan aktivitas dasar yang seharusnya sudah dipahami oleh para penggunanya. Bagaimana tidak? jika pengguna tidak tahu bagaimana cara menginstall aplikasi di perangkat laptop tentunya mereka tidak tidak bisa menjalankan aplikasi yang diinginkan. Meskipun demikian, Anda bisa meminta bantuan teknisi untuk menginstall aplikasi tertentu yang dibutuhkan. Tetapi, langkah ini pastinya akan mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya lagi.

Agar tidak bingung lagi saat ingin menginstall suatu aplikasi di laptop, maka Anda wajib membaca ulasan berikut ini. Adapun cara menginstall aplikasi di laptop paling mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Install aplikasi lewat file berekstensi .exe

Cara install aplikasi di laptop yang mudah pertama yakni melalui file .exe yang disediakan. Kalau pada smartphone file instalasi aplikasi berekstensi .apk, kalau di laptop atau PC ekstensinya menjadi .exe. Ini merupakan cara dasar yang paling mudah dalam melakukan instalasi aplikasi di perangkat laptop. Dan juga cara satu ini harus Anda kuasai jika memiliki sebuah laptop atau PC pribadi.

Aplikasi berekstensi EXE seperti ini bisa Anda download dengan mudah melalui internet. Situs-situs penyedia aplikasi tersebut bisa Anda kunjungi dan mulai cari aplikasi yang ingin dipasang di perangkat laptop. Salah satu situs terbaik yang menyediakan beragam aplikasi PC atau laptop terlengkap dan terpercaya yakni FileHippo. Di sini bahkan Anda bisa menemukan aplikasi premium yang bisa diinstall secara gratis di perangkat laptop kesayangan.

Agar lebih mudah dipahami, di sini kami akan memberi contoh penginstallan salah satu aplikasi di laptop. Aplikasi yang dimaksud tersebut yakni Smadav Antivirus Free. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

Langkah yang pertama Anda bisa mengunduh aplikasi Smadav Antivirus melalui situs resminya. Anda bisa mengunjungi situs tersebut melalui Link Ini. https://www.smadav.net/

Jika sudah, selanjutnya kamu cari file Smadav Antivirus yang berekstensi .exe yang sudah didownload tadi. Buka file tersebut dengan cara klik kiri 2 kali pada mouse.

Akan ada notif pop up yang muncul di layar, selanjutnya Anda beri tanda centang pada bagian Always ask before opening this file. Kemudian Anda klik tombol Run dan pilih Yes jika muncul notifikasi pop up lagi.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Nantinya muncul lagi halaman baru untuk mengatur bahasa yang diterapkan pada aplikasi Smadav. Anda bebas memilih bahasa, baik itu Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Ingris. Jika sudah, lanjutkan dengan klik Ok lalu pilih Yes pada halaman persetujuan untuk instalasinya.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Akan tampil halaman awal instalasi aplikasi Smadav Antivirus. Anda klik tombol Lanjut atau Next untuk ke langkah berikutnya.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Pada halaman perjanjian persetujuan, Anda pilih opsi Saya setuju atau I Agree. Kemudian lanjutkan dengan klik tombol Lanjut atau Next.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman pemilihan perintah tambahan pada aplikasi Smadav. Anda bebas ingin memberi centang pada pilihan yang disediakan, di antaranya membuat ikon Smadav di desktop dan mengizinkan pengiriman statistik. Jika sudah, berikutnya Anda klik tombol Lanjut atau Next.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Berikutnya klik tombol Pasang atau Install untuk memulai proses instalasi aplikasi Smadav.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Dan terakhir klik tombol Selesai atau Finish. Sekarang aplikasi Smadav Antivirus sudah terinstall di perangkat laptop Anda.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Sangat mudah bukan cara install aplikasi di laptop menggunakan file .exe di atas? Untuk cara pemasangan jenis aplikasi lainnya kurang lebih sama seperti cara di atas. Mungkin hanya ada beberapa tambahan khusus yang tentunya masih bisa dipahami dengan mudah oleh pengguna.

2. Install aplikasi lewat Microsoft Store

Microsoft Store merupakan fitur bawaan yang sudah mulai dihadirkan pada OS Windows versi 8, 8.1 dan 10. Layaknya layanan Google Play Store yang ada di smartphone android, Microsoft Store fungsinya tidak jauh berbeda dengan layanan dari Google tersebut. Di Microsoft Store Anda memungkinkan untuk menemukan berbagai jenis aplikasi di dalamnya.

Aplikasi yang disediakan di Microsoft Store ini cukup beragam dan bisa Anda download serta install dengan mudah di perangkat laptop. Anda bisa memilih sendiri aplikasi mana yang ingin diinstall di perangkat laptop kesayangan. Jika sudah ketemu, selanjutnya Anda tinggal melakukan penginstalan dengan mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkah untuk menginstall aplikasi di laptop lewat Microsoft Store, yakni:

Langkah yang pertama Anda buka program Microsoft Store yang ada di laptop. Caranya klik ikon search yang ada di bagian taskbar (Windows 10) atau mengarahkan kursor ke pojok kanan atas, nanti akan muncul ikon serarch (Windows 8).

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Pada menu Search atau pencarian tersebut Anda ketik Microsoft Store. Nantinya menu program Microsoft Store akan muncul di bagian atas. Klik pada program Microsoft Store tersebut.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Jika sudah masuk ke halaman Microsoft Store, Anda sekarang tinggal mencari aplikasi yang ingin kamu download dan install di laptop.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Pada aplikasi yang ingin diinstall, selanjutnya Anda klik tombol Get. Secara otomatis proses download aplikasi akan dimulai dan tunggu prosesnya tersebut hingga selesai.

Jika proses download aplikasi sudah selesai, selanjutnya Anda klik tombol Launch untuk mulai menginstall aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop

Sekarang aplikasi tadi sudah berhasil diinstall dan Anda sudah bisa mulai menjalankannya di perangkat laptop.

Cara yang kedua ini memang terbilang mudah. Tetapi sayangnya cara tersebut hanya bisa dilakukan pada perangkat laptop yang menggunakan OS Windows versi 8 dan Windows 10 saja. Selain itu, koleksi aplikasi yang disediakan di dalamnya juga tidak begitu lengkap. Dan tentunya ada pula beberapa aplikasi yang bersifat berbayar bagi penggunanya. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan dari Microsoft Store. Berbeda dengan jika Anda menginstall aplikasi dari file .exe, bisa lebih leluasa aplikasi mana saja yang ingin diinstall.

Itulah tadi cara menginstall aplikasi di laptop paling mudah dan simpel bisa Anda praktekkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat ya? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *