Cara Melihat MAC Address Laptop Paling Akurat Terbaru

Diposting pada 49 views
Cara Melihat MAC Address Laptop

Cara Melihat MAC Address Laptop – MAC Address merupakan sebuah alamat jaringan unik yang mempresentasikan sebuah node tertentu di dalam sebuah jaringan. Alamat MAC atau MAC Address ini juga berfungsi agar setiap perangkat yang ada di dalam jaringan bisa saling berkomunikasi satu sama lain. MAC Address oleh beberapa orang juga dikenal dengan nama lain Ethernet Address. Alamat MAC pada sebuah komputer atau laptop pastinya berbeda-beda satu sama lainnya. Dan terkadang beberapa pengguna ingin mengetahui MAC Address di laptopnya tersebut untuk tujuan tertentu.

Untuk melihat MAC Address pada sebuah laptop sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa metode yang bisa Anda pilih dan lakukan agar bisa mengetahui alamat MAC atau MAC Address laptop tersebut. Namun perlu Anda tahu, laptop tidak akan memiliki MAC Address jika tidak sedang terhubung ke jaringan.watpedia kali akan berbagi tutorial Mengenai cara melihat MAC Address laptop paling mudah dan akurat selengkapnya bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini.

Cara Melihat MAC Address Laptop Paling Akurat

Bagi pengguna biasa mungkin saja MAC Address tidak terlalu penting baginya. Tetapi, bagi sebagian pengguna mungkin hal ini sangatlah penting, khususnya mereka yang suka mengoprek perangkat komputer. MAC Address biasanya dibutuhkan ketika pengguna ingin mengatur jaringan router. Fungsinya yakni untuk melakukan blokir pada perangkat yang tidak dikenal atau bisa juga untuk memasukkan perangkat utama ke list aman.

Mengenai cara melihat MAC Address laptop ini sendiri bisa dilakukan dengan beberapa metode. Anda bisa memilih sendiri mana metode yang paling dianggap mudah untuk diterapkan. Adapun langkah-langkah mengetahui MAC Address laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Melihat MAC Address laptop lewat Control Panel

Cara yang pertama untuk mendapatkan MAC Address laptop paling mudah yakni melalui Control Panel. Cara satu ini dianggap yang paling mudah karena tidak membutuhkan bantuan aplikasi tambahan atau step-step yang panjang. Melalui Control Panel memang memungkinkan kita melakukan berbagai pengaturan pada sistem komputer, termasuk juga untuk urusan koneksi jaringannya.

Adapun langkah-langkah melihat MAC Address laptop melalui Control Panel selangkapnya, yakni :

Cara Melihat MAC Address Laptop
  • Langkah yang pertama pastinya Anda buka jendela Control Panel di laptop. Caranya yakni dengan klik Start Menu atau klik tombol Windows, lalu pilih Control Panel.
  • Jika jendela Control Panel sudah muncul, sekarang Anda masuk ke Menu Network and Internet.
  • Setelah itu, pilih opsi Connect to a network. Maka secara otomatis akan muncul tampilan koneksi jaringan di sebelah kanan layar.
  • Pada salah satu jaringan yang terhubung di laptop, Anda klik kanan pada nama jaringan tersebut. Akan muncul 3 opsi, sekarang Anda pilih opsi Status.
  • Akan muncul halaman Wireless Network Connection Status, selanjutnya klik pada opsi Details.
  • Secara otomatis akan muncul lagi halaman baru yang berisi informasi mengenai jaringan yang terhubung di laptop Anda, termasuk juga MAC Address laptop.
  • Selesai.

Selain melalui menu Control Panel, ada pula langkah cepat untuk mengakses halaman Wireless Network Connection Status tadi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda klik icon Wifi yang ada taskbar di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Pada tampilan yang muncul, Anda klik kanan pada adapter atau jaringan wifi yang terhubung di laptop Anda. Selanjutnya pilih opsi Status.
  • Nantinya halaman Wireless Network Connection Status akan muncul di layar.
  • Selanjutnya Anda klik opsi Details untuk melihat MAC Address laptop.
  • Selesai.

Cara ini terbilang lebih simpel dan singat dibandingkan dengan cara yang di atas. Anda yang masih pemula seklipun pastinya tidak akan kesulitan untuk menerapkan cara satu ini.

2. Melihat MAC Address laptop lewat CMD

CMD atau yang memiliki kepanjangan Command Prompt merupakan salah satu program bawaan Windows yang punya banyak sekali fungsi atau kegunaan. Mulai dari mengatur alamat IP, mengatur dan membuat jaringan, memblokir perangkat tertentu hingga melihat alamat MAC atau MAC Address. Mengenai cara melihat MAC Address laptop melalui CMD, Anda perlu menggunakan perintah tertentu layaknya pada perangkat Linux.

Adapun langkah-langkah melihat MAC Address laptop lewat Command Prompt atau CMD selengkapnya, yakni:

Cara Melihat MAC Address Laptop
  • Langkah yang pertama pastinya Anda perlu membuka program CMD atau Command Prompt terlebih dahulu. Caranya yakni dengan klik Start Menu, lalu ketik cmd pada kolom pencarian dan klik program CMD yang muncul di atasnya. Atau bisa juga dengan klik kombinasi tombol Windows + R, lalu ketik cmd pada kolom Run dan tekan Enter.
  • Pada halaman CMD yang muncul, Anda tinggal memasukkan perintah khusus untuk melihat MAC Address laptop. Untuk perintah tersebut Anda bisa ketik ipconfig /all kemudian tekan tombol Enter.
  • Nantinya akan muncul informasi detail mengenai jaringan yang ada di laptop Anda. Untuk mengetahui MAC Address, Anda bisa melihat pada bagian Physical Address di adapter yang Anda gunakan di laptop.
  • Selesai.

Cara satu ini merupakan langkah yang terbilang mudah dan akurat dalam menampilkan informasi mengenai jaringan perangkat, termasuk juga MAC Address laptop. Anda yang masih awam sekalipun juga bakal lebih mudah menerapkan cara satu ini untuk melihat MAC Address laptop.

3. Melihat MAC Address laptop melalui Windows Settings

Jika kedua cara di atas bisa Anda terapkan pada semua versi Windows, beda lagi dengan cara satu ini. Melihat MAC Address laptop lewat Windows Settings bisa Anda terapkan jika laptop Anda menggunakan Windows 10. Sebenarnya caranya tidak beda jauh dengan cara nomor 1 di atas. Hanya peletakan perintah-perintahnya yang agak berbeda sehingga perlu Anda pahami betul agar tidak salah saat melakukannya.

Cara satu ini juga tidak begitu sulit, bahkan bisa dibilang sangat mudah. Adapun langkah-langkah mengetahui MAC Address laptop lewat Windows Settings selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Melihat MAC Address Laptop
  • Langkah yang pertama Anda buka halaman Windows Settings melalui Start Menu di Windows 10.
  • Pada halaman Windows Settings yang muncul, selanjutnya Anda pilih opsi Network and Internet. Nantinya jendela pengaturan jaringan dan internet akan tampil di layar.
  • Di bagian kanan tampilan ada bisa memilih salah satu antara jaringan Wi-Fi atau Ethernet. Jika memang Anda ingin mengetahui MAC Address dari Wi-Fi maka bisa memilih opsi Wi-Fi. Namun, jika sebaliknya yakni melihat MAC Address dari LAN, maka Anda bisa memilih Ethernet.
  • Jika sudah dipilih, selanjutnya fokus pada bagian tampilan sebelah kanan. Anda klik pada opsi Hardware Properties.
  • Nantinya jendela Properties akan muncul dan menampilkan informasi detail mengenai jaringan dan koneksi internet perangkat laptop Anda. MAC Address sendiri bisa Anda temukan pada bagian Physical address (MAC).
  • Selesai.

Mudah bukan cara melihat MAC Address laptop di atas? Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi jika harus mencari MAC Address laptop untuk urusan tertentu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *