Cara Meredupkan Layar Laptop Paling Mudah

Diposting pada 42 views

Cara Meredupkan Layar Laptop –  Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu perangkat elektronik canggih satu ini. Laptop sendiri sudah dimiliki oleh hampir semua orang di era modern seperti sekarang ini. Tak lain karena kegunaan dari perangkat laptop yang cukup beragam, mulai dari sebagai sarana belajar, berbisnis, browsing internet dan masih banyak lagi yang lainnya. Pengoperasiannya yang terbilang mudah membuatnya bisa dioperasikan oleh semua kalangan usia, baik anak-anak, remaja hingga dewasa.

Saat mengoperasikan laptop, kenyamanan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Misalnya saja soal kecerahan layar laptop yang perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi pengguna. Apabila kita mengoperasikan di ruangan yang cerah atau luar ruangan, tingkat kecerahan tinggilah yang lebih pas digunakan. Sementara saat mengoperasikan laptop di ruangan yang remang-remang atau malam hari lebih cocok mengatur kecerahan layar ke tingkat rendah. Tetapi, ternyata masih banyak pengguna yang masih belum tahu bagaimana cara mengatur kecerahan layar tersebut. Tidak perlu khawatir, berikut ini watpedia akan memberikan tutorial cara meredupkan layar laptop yang bisa Anda terapkan.

Cara Meredupkan Layar Laptop Paling Mudah

Beberapa pengguna memang punya selera tersendiri untuk urusan kecerahan layar laptop saat mengoperasikannya. Mungkin saja Anda salah satu pengguna yang lebih suka dengan layar laptop agak redup. Tetapi, tidak semua pengguna tahu bagaimana cara meredupkan layar laptop yang terlalu cerah tersebut. Untuk meredupkan layar laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Adapun cara menurunkan tingkat kecerahan layar laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Meredupkan layar melalui menu Control Panel

Cara Meredupkan Layar Laptop

Cara mengatur kecerahan layar laptop yang pertama yakni bisa Anda lakukan melalui menu Control Panel. Cara ini bisa dibilang paling mudah dan simple, Anda yang masih awam sekalipun bisa dengan mudah menerapkannya. Untuk mengatur kecerahan layar melalui Control Panel ini sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui fitur personalize dan juga langsung dari Control Panel. Berikut langkah-langkah mengatur kecerahan layar melalui fitur Personalize, yakni:

  • Langkah pertama Anda klik kanan pada area kosong di layar utama laptop.
  • Akan ada beberapa opsi yang tampil, Anda pilih opsi Personalize.
  • Nantinya akan muncul tampilan halaman Personaize. Selanjutnya anda klik opsi Display yang ada di sebelah kiri bawah tampilan.
  • Setelah itu, Anda klik pada opsi Adjust brightness yang ada di sebelah kiri tampilan.
  • Anda bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan melalui opsi Screen brightness yang ada di bagian tengah bawah tampilan. Anda tinggal menggeser ke arah kiri untuk menurunkan tingkat kecerahan layar.

Selain itu, ada metode lain untuk menurunkan tingkat kecerahan layar melalui Control Panel. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda klik Start menu atau logo Windows yang ada di pojok kiri bawah tampilan.
  • Setelah itu, pilih opsi Control Panel.
  • Pada halaman Control Panel yang muncul, selanjutnya Anda klik Hardware and Sound.
  • Klik pada opsi Power Options.
  • Anda bisa mengatur kecerahan layar laptop melalui opsi Screen brightness yang ada di bagian bawah tampilan.

2. Menggunakan kombinasi tombol keyboard

Cara Meredupkan Layar Laptop

Jika cara di atas menurut Anda terlalu rumit, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif lain. Beberapa merek laptop biasanya menyediakan tombol khusus untuk mengatur kecerahan layar. Umumnya terdiri dari 2 tombol pengaturan kecerahan, yakni tombol untuk meningkatkan kecerahan dan juga tombol untuk meredupkan layar laptop. Dan biasanya juga kedua tombol untuk mengatur kecerahan layar tersebut berada di antara tombol F1 sampai F12 yang posisinya berada di baris teratas keyboard.

Sebagai contohnya pada laptop merek Asus, kedua tombol untuk mengatur kecerahan layar tersebut berada di tombol F5 dan F6. Karena di sini tujuannya untuk menurunkan atau meredupkan layar laptop maka Anda bisa menggunakan tombol F5. Cara bukan dengan langsung menekan tombol tersebut, melainkan juga dikombinasikan dengan tombol lain. Dalam hal ini tombol yang digunakan yakni tombol Fn, jadi untuk meredupkan layar bisa Anda tekan tombol Fn + F5. Jika memang terlalu redup, maka bisa Anda naikkan lagi kecerahannya dengan klik tombol Fn + F6.

3. Melalui fitur Windows Mobility Center

Cara Meredupkan Layar Laptop

Cara meredupkan layar laptop berikutnya bisa dilakukan melalui fitur khusus bernama Windows Mobility Center. Fitur satu ini sudah disediakan disemua versi Sistem Operasi Windows, mulai dari Windows 10, 8, 7, XP dan juga versi sebelumnya. Hanya saja, untuk masing-masing versi Windows mungkin agak berbeda untuk mengakses fitur Windows Mobility tersebut.

Karena kebanyakan pengguna saat ini lebih memilih OS Windows 7,  jadi kami akan memberikan langkah-langkahnya untuk versi Windows 7 saja.

  • Pada layar utama laptop, Anda klik kombinasi tombol Windows + X.
  • Secara otomatis akan muncul halaman Windows Mobility Center di layar laptop.
  • Ada beberapa opsi yang bisa Anda lakukan kontrol di halaman ini, salah satunya yakni untuk mengontrol kecerahan layar laptop.
  • Untuk mulai meredupkan layar laptop, Anda tinggal geser atau swipe ke arah kiri pada opsi Display Brightness. Atur kecerahannya sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda.

Seperti yang dijelaskan tadi, untuk mengakses fitur ini agak berbeda untuk masing-masing versi Windows. Kali ini akan kami berikan cara mengakses fitur Windows Mobility Center di Windows 10, yakni:

  • Sama seperti di Windows 7, Anda klik kombinasi tombol Windows + X di keyboard.
  • Akan muncuk beberapa opsi pengaturan, di sini Anda pilih saja opsi Mobility Center atau Windows Mobility Center.
  • Nantinya di layar akan muncul halaman Windows Mobility Center.
  • Anda tinggal mengatur kecerahan layar dengan swipe pada opsi Display Brightness.

4. Melalui icon baterai di taskbar

Cara Meredupkan Layar Laptop

Untuk menurunkan kecerahan layar di laptop juga bisa Anda lakukan melalui icon baterai yang biasanya tampil di bagian taskbar. Cara satu ini juga terbilang sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh Anda yang masih pemula sekali pun. Sebenarnya cara satu ini tidak jauh berbeda dengan cara pada nomor 1 di atas. Hanya saja, untuk langkah-langkah mengaksesnya yang agak berbeda, meskipun halaman yang dituju sama.

Untuk langkah-langkah meredupkan layar laptop melalui ikon baterai di taskbar selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda klik ikon baterai yang ada di bagian pojok kanan bawah (taskbar).
  • Saat muncul tampilan, selanjutnya Anda klik pada opsi Adjust screen brightness.
  • Secara otomatis di layar laptop akan muncul halaman Power Options seperti pada cara nomor 1 di atas.
  • Untuk menurunkan kecerahan layar laptop, Anda tinggal lakukan swipe atau geser ke arah kiri pada opsi Screen brightness yang ada di bagian bawah tampilan.

Itulah tadi beberapa cara meredupkan layar laptop paling mudah dan simpel bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *