Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar

Diposting pada 56 views

Cara Membersihkan Layar Laptop – Merawat laptop menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap pengguna. Pasalnya, perawatan memang diperlukan agar perangkat laptop bisa bekerja secara lebih maksimal. Selain itu, perawatan juga dibutuhkan untuk mencegah kerusakan pada perangkat laptop. Perawatan pada perangkat laptop ini sendiri tidak hanya dilakukan dari sisi luar atau fisik laptop saja, melainkan juga dari sisi dalamnya. Yang dimaksud perawatan laptop dari sisi dalam ini yakni meliputi software atau sistem dari laptop.

Mengenai cara perawatan dari sisi hardware atau komponen fisik laptop, mungkin sebagian besar dari Anda sudah sangat paham. Tetapi, terkadang ada pula beberapa pengguna yang masih salah dalam melakukan perawatan komponen hardware. Misalnya saja perawatan pada layar laptop. Kebanyakan dari mereka melakukan cara yang salah saat ingin membersihkan layar laptop tersebut. Bukannya layar menjadi bersih, tetapi justru membuatnya tergores atau bahkan rusak. Berikut ini watpedia akan memberikan sedikit tips cara membersihkan layar laptop yang benar bisa Anda terapkan.

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar

Cara Membersihkan Layar Laptop

Layar merupakan salah satu komponen output dari laptop yang fungsinya untuk menampilkan gambar. Karena fungsinya yang cukup krusial tersebut, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukan perawatan. Terlebih lagi layar merupakan salah satu komponen laptop yang paling sensitif dan rentan rusak. Meskipun cukup mudah dalam melakukan perawatannya, tetapi tidak jarang pengguna yang melakukan pembersihan layar laptop dengan cara yang salah.

Adapun cara membersihkan layar laptop yang kotor dan tergores selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan cairan atau spray pembersih LCD

Cara Membersihkan Layar Laptop

Pernah  waktu ini penulis membeli sebuah perangkat laptop di sebuah toko khusus komputer. Saat itu si pelayan toko menjelaskan bagaimana cara melakukan perawatan laptop yang baik dan benar agar laptop tetap awet. Salah satu penjelasannya yakni merawat layar laptop agar tetap kinclong, tidak terdapat goresan, hingga tidak mengalami kerusakan berarti. Mereka menyarankan penulis untuk juga membeli seperangkat alat pembersih layar, meliputi kuas kecil, lap, dan juga spray atau cairan khusus.

Setelah penulis mencari informasi di Google Search memang sangat perlu membersihkan layar secara rutin dengan peralatan tersebut. Hal ini tentu untuk mencegah layar kotor dan terhindar dari debu yang juga bisa menyebabkan goresan atau baret di layar LCD. Selain merekomendasikan peralatan tadi, pelayan toko juga mempraktekkan bagaimana cara membersihkan layar yang benar menggunakan spray atau cariran khusus tersebut.

Sebelumnya kita harus menyiapkan peralatannya terlebih dahulu, di antaranya spray atau cairan pembersih LCD, lap lembut (microfiber), dan juga kuas kecil yang lembut. Setelah mempersiapkan peralatannya, sekarang lanjut ke cara pembersihan layar, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda bersihkan debu halus yang menempel di layar laptop menggunakan kuas lembut. Biasanya kuas lembut ini sudah ada dalam satu set produk cairan atau spray pembersih layar laptop tadi. Sapukan kuas tersebut secara perlahan hingga ke sela-sela tersulit pada layar.
  • Jika dirasa sudah bersih, sekarang siapkan lap lembut dan spray atau cairan pembersihnya. Semprotkan secukupnya spray ke lap lembut tersebut.
  • Kemudian, kamu gosokkan secara perlahan lap yang sudah disemprotkan cairan tadi ke layar laptop. Sebelumnya, pastikan laptop sudah ada dalam kondisi mati dan baterai laptop dilepas jika memang bisa dilepas. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting listrik pada komponen laptop.
  • Gosok secara perlahan hingga ke sela-sela atau bagian tersulit pada layar. Jika memang terdapat noda yang agar membandel, gosok pada bagian tersebut secara terus-menerus hingga nodanya hilang. Kalau perlu tambahkan lagi cairan pembersih pada lap tersebut. Perlu diingat, jangan memberikan tekanan yang terlalu keras pada layar saat menggosok. Karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada layar laptop.
  • Setelah itu, Anda biarkan cairan pada layar LCD laptop mengering dengan sendirinya. Jika memang sudah benar-benar kering, selanjutnya Anda pasang kembali baterai laptop dan gunakan laptop seperti biasa.

Kebanyakan pengguna tidak sabar untuk menunggu layar laptop kering sesudah dibersihkan dengan spray pembersih. Alhasil, hal tersebut justru membuat laptop mengalami kerusakan akibat cairan tersebut. Selain itu, terkadang beberapa pengguna juga menggunakan hairdryer untuk mengeringkan layar lebih cepat. Sebaiknya Anda jangan meniru cara ini, karena hal tersebut justru akan merusak komponen pada laptop.

2. Menggunakan kuas atau lap kering

Cara Membersihkan Layar Laptop

Jika memang layar laptop hanya sekedar kotor karena banyaknya debu yang menempel, maka cara pembersihannya hanya perlu menggunakan kuas atau lap kering. Namun, perlu diingat lap kering yang digunakan harus yang memiliki permukaan lembut. Karena kalau lap dengan permukaan kasar, justru hal ini bisa menyebabkan layar tergores atau baret.

Sama juga jika Anda menggunakan kuas untuk membersihkan debu di layar, Anda harus mengunakan kuas yang lembut. Saat membersihkan layar, sebaiknya jangan memberikan tekanan yang terlalu keras. Hal ini ditakutkan akan merusak bagian dalam layar laptop.

3. Menggunakan minyak kayu putih

Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara membersihkan layar laptop berikutnya yakni dengan memanfaatkan minyak kayu putih. Cairan satu ini bisa menjadi alternatif jika Anda tidak memiliki cairan atau spray pembersih seperti yang dibahas sebelumnya. Minyak kayu putih diklaim mampu mengangkat noda atau kotoran yang membandel di layar LCD. Tidak perlu menggunakan tenaga yang kuat, cukup dengan gosokan ringan maka noda yang menempel tadi bisa terangkat secara sempurna.

Untuk membersihkan layar menggunakan minyak kayu putih, ada beberapa alat lain yang perlu Anda persiapkan, seperti lap lembut (kain microfiber) dan minyak kayu putih itu sendiri. Jika sudah dipersiapkan, sekarang lanjut ke cara membersihkan layarnya.

  • Langkah pertama Anda matikan laptop dan lepaskan baterainya jika memang bisa dilepas. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting akibat daya listrik yang tetap mengalir di laptop.
  • Selanjutnya Anda perlu membersihkan layar dari debu yang menempel menggunakan kuas yang lembut dan halus. Hal ini diperlukan agar debu tidak mengakibatkan goresan saat menggosok layarnya nanti.
  • Jika sudah, sekarang mulailah teteskan secukupnya minyak kayu putih pada kain lap halus. Jangan sekali-kali meneteskan langsung minyak kayu putih ke bagian layar. Pasalnya, hal tersebut bisa mengakibatkan layar laptop rusak.
  • Sekarang coba gosok-gosokkan kain lap halus (microfiber) yang sudah ditetesi minyak kayu putih tadi ke bagian layar. Pastikan Anda sudah menggosokkan kain lap ke seluruh bagian layar laptop, bahkan hingga ke sela-sela tersulitnya.
  • Jika dirasa sudah, sekarang kamu keringkan layar menggunakan kain lembut yang kering. Gosok secara perlahan hingga layar menjadi bersih dan kinclong.
  • Sebelum digunakan kembali, pastikan layar sudah dalam keadaan kering betul. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada layar.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan layar laptop yang baik dan benar bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *