Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga Modal Seadanya

Memiliki usaha yang bisa dikelola dari rumah merupakan impian semua orang, tidak terkecuali bagi ibu rumah tangga. Untungnya, di era serba digital seperti sekarang membangun bisnis sudah bisa dilakukan darimana saja, asalkan kamu punya keinginan, modal, serta kemampuan promosi untuk memasarkan produk secara menarik di mata konsumen.

Untuk memperkaya referensi dalam membangun bisnis, berikut ini sudah kami rangkum berbagai ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan dengan modal minimal. Penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk langsung saja kita simak bersama-sama.

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga Modal Seadanya

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa memiliki penghasilan layaknya karyawan? Dengan menekuni berbagai ide bisnis berikut ini bukan tidak mungkin total penghasilannya justru lebih besar dari pekerja kantoran pada umumnya.

1.Membuka Jasa Laundry Kiloan

Ide bisnis pertama yang cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga yakni membuka jasa laundry kiloan. Usaha ini belakangan banyak diminati karena semakin banyak pasangan muda atau keluarga yang tidak sempat mencuci baju karena berbagai kesibukannya.

Jasa laundry kiloan sendiri bisa dimulai dengan modal minimal. Kamu bisa menjalankan bisnis ini hanya dengan bermodalkan satu buah mesin cuci, kemudian jika jumlah konsumen semakin bertambah baru meningkatkan alat dan kapasitas.

Jika dibandingkan dengan usaha lainnya, jasa laundry kiloan juga bisa dilakukan sambil mengasuh anak atau mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Karena kegiatan mencuci saat ini bisa dilakukan menggunakan bantuan mesin cuci tanpa harus melakukannya secara manual.

Agar usaha jasa laundry lebih cepat dikenal orang, kamu juga bisa memanfaatkan website dan media sosial. Gunakan website dengan domain ID dengan HTTPS untuk kebutuhan transaksi agar lebih dipercaya oleh calon pelanggan, kemudian lakukan promosi via sosial media seperti instagram, facebook, atau twitter.

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga Modal Seadanya

 

2.Konten Kreator Tema Parenting

Mungkin kamu tidak percaya, tapi diluar sana ada banyak sekali ibu-ibu muda yang meniti karir sebagai konten kreator di berbagai platform. Baik itu YouTube, Blog, hingga instagram. Para ibu-ibu ini bahkan memiliki komunitas yang cukup solid sehingga mampu menarik minat perusahaan atau brand untuk bekerja sama.

Nah, jika kamu sedang mencari peluang usaha menjanjikan untuk menambah penghasilan, menjadi content creator tema parenting mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk dijalankan.

3.Reseller Perabot Rumah Tangga

Bisnis sebagai reseller sudah sejak lama dikenal bisa mendatangkan keuntungan. Adapun untuk ibu-ibu rumah tangga, biasanya mengambil kesempatan ini untuk mengisi waktu luang dengan cara menawarkan produk seperti tupperware, kompor, panci, atau hijab kepada tetangga atau kenalan.

Dengan menjadi reseller dari produk rumah tangga, kamu juga tidak perlu repot memikirkan biaya produksi, operasional, serta manajemen stock, karena untuk bisa memperoleh cuan maksimal hanya perlu mematangkan strategi pemasaran serta menambah networking lebih luas.

4.Membuka Bisnis Kue dan Jajanan

Usaha jajanan rumahan atau kue-kue tradisional juga bisa dijadikan opsi untuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan dari rumah. Ada banyak jenis jajanan dan kue-kuean yang bisa coba dipasarkan, baik kepada anak-anak ataupun orang dewasa yang butuh camilan.

Modal untuk menjalankan bisnis jajanan sendiri terbilang relatif ringan, yang paling penting adalah skill memasak serta jeli dalam memilih toko penjual bahan-bahan sehingga harga dan kualitasnya bisa semakin optimal.

5.Jasa Jahit Pakaian

Meskipun terdengar simpel, namun bisnis jahit pakaian bisa mendatangkan omset besar bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan. Pasalnya, tidak semua orang bisa menjahit pakaian, apalagi saat ini model baju dan celana juga semakin beragam yang harus disesuaikan dengan model dan kebutuhan.

Jadi, jika kamu punya skill menjahit dan passion untuk merancang pakaian tidak ada salahnya untuk mencoba membuka jasa jahit untuk melayani pelanggan di lingkungan sekitar tempat tinggal.

6.Katering Makanan Rumahan Sehat dan Bergizi

Selain menjual jajanan seperti kue, roti dan aneka camilan, memilih untuk membuka bisnis makanan sehat merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih oleh ibu rumah tangga. Sebagaimana kita ketahui, saat ini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya asupan nutrisi dan gizi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Apalagi di era pandemi COVID-19 seperti sekarang, masyarakat yang sedang menjalani masa karantina ataupun yang masih takut keluar rumah untuk belanja tentu akan memanfaatkan jasa catering atau rumah makan untuk memenuhi kebutuhan.

Usaha makanan sehat ala rumahan sendiri bisa dimulai dari skala kecil dengan modal minimal. Untuk menyiasati sisa makanan yang tidak laku terjual, kamu bisa menerapkan sistem pre order serta konsep berlangganan mingguan, sehingga bisa memperkirakan bahan baku masakan yang diperlukan.

Itulah beberapa ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Di antara sekian banyak opsi tersebut, mana yang menurut kamu menarik untuk dijalankan?

Baca juga : Tips Jualan Pulsa Tetap Sukses Di Era Digital

 

note : penulis dari Domainesia

Tinggalkan komentar